Preview Visions of Mana: Petualangan yang Sejauh Ini Menarik
Ini kesan awal Duniaku.com untuk Visions of Mana!
Follow Duniaku untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News
Visions of Mana dijadwalkan rilis 29 Agustus 2024.
Saya mendapat kesempatan untuk memainkannya lebih awal.
Bagaimana impresi saya? Simak di bawah ini!
1. Kesan untuk cerita di bagian awal ini
Untuk bagian awal cerita Visions of Mana ini awalnya saya merasa pembukaannya terasa biasa saja. Mungkin di beberapa bagian terasa tipikal JRPG.
Tapi kira-kira setelah saya masuk ke bagian bertemu dengan karakter Morley, cerita Visions of Mana ini mulai terasa memikatnya.
Dan di bagian selanjutnya yang saya mainkan, ceritanya kian menarik.
Selain cerita, interaksi Val dengan Hinna, Careena, Morley pun terasa bagus bagi saya.
Dari yang saya mainkan sejauh ini sih, Visions of Mana ini terasa berpotensi memikat fans JRPG yang suka menikmati cerita dan interaksi karakter.
Baca Juga: Review Trials of Mana: Sajikan Pesona JRPG Klasik dengan Kekurangan
2. Untuk pertempuran, sistem class dan elemental vessel adalah yang menarik perhatian saya
Pertempuran di Visions of Mana berjalan secara real-time, dimana kamu mengendalikan Val secara langsung menghadapi beragam monster yang menghadang jalanmu. Tentu saja, kalau kamu mau kamu bisa ganti memainkan karakter lain yang ikut dalam perjalananmu, seperti Careena dan Morley, di pertempuran.
Masing-masing karakter punya cara bertarung yang berbeda.
Kesan saya soal pertempuran di Visions of Mana sih, awalnya saya kurang terkesan.
Pertempurannya asyik-asyik saja, tapi terasa kurang menyajikan hal baru...
Lalu saya menemukan sistem gonta-ganti class dan penggunaaan elemental vessel, dan baru saya merasa cocok dengan pertempurannya.
Pertama-tama, di Visions of Mana ini kamu akan menemukan Elemental Vessels, artifak yang punya kekuatan elemen tertentu.
Begitu kamu equip Vessel tertentu ke karakter tertentu, maka class karakter itu akan berubah. Bukan hanya penampilannya berubah, skill dan bahkan senjata yang bisa dia gunakan pun berubah.
Saya sebelumnya sudah menyampaikan kalau masing-masing karakter seperti Val, Careena dan Morley punya cara bertarung berbeda...
Nah kalau kamu ganti class cara bertarung mereka juga bakal beda.
Untuk beberapa Elemental Vessel yang saya temukan, di bagian awal-awal perjalanan pemain bisa menemukan Elemental Vessel elemen angin. Kemudian ada juga Elemental Vessel yang mewakili bulan, dengan kekuatan bisa memanipulasi waktu.
Elemental Vessel ini bisa kamu pasang ke karakter pilihanmu, mau Val, Careena, Morley, dan mereka akan memiliki gaya tempur serta kostum baru. Berubah pikiran kemudian? Atau kamu mau sekedar lihat gimana kostum Val, Careena, dan Morley ketika dalam class berbeda? Ya kamu tinggal mengganti saja Elemental Vessel itu ke karakter lain.
Elemental Vessel ini kemudian bisa kamu gunakan juga di pertempuran, memberi efek elemental unik untuk membantumu melawan musuh.
Dari kesempatan saya mencoba sejauh ini yang paling menarik perhatian saya adalah efek Elemental Vessel bulan.
3. Desain karakter menurut saya selalu jadi kekuatan seri Mana, dan Visions of Mana masih memiliki desain karakter yang unik dan memikat
Saya pernah memainkan beberapa seri Mana sebelum ini. Salah satunya yang sudah saya review mendalam juga adalah Trials of Mana.
Setiap saya main seri Mana, saya awamnya akan terkesan dengan desain karakternya yang unik dan menarik.
Desain para karakter bagi saya masih jadi keunggulan kuat Visions of Mana. Tampilan karakter seperti Val, Hinna, Careena, Morley, dan sejumlah karakter lain yang sudah muncul sejauh ini terasa unik, menarik, dan berkesan.
Bahkan kostum alternatif para karakter ini, yang kamu peroleh dengan gonta-ganti class, juga semuanya terasa menarik bagi saya.
4. Desain dunia juga menarik
Selain desain karakter, desain dunia di Visions of Mana ini juga terasa memukau.
Terutama karena di bagian awal petualangan ini saya juga sudah menjelajahi berbagai tempat menarik yang terasa variatif.
Sekedar tips saat kamu main nanti: kalau mengikuti misi utama saja kamu bisa jadi tidak akan melihat map penuh game ini.
Saya rekomendasikan untuk mencoba menyelesaikan juga beberapa sidequest, yang akan membawamu menjelajahi wilayah-wilayah tertentu di peta.
Walau memang, menjelajahi lebih banyak peta membuat saya merasakan kelemahan yang awamnya dimiliki game model begini: dunianya mungkin luas, tapi area di luar kota bisa terasa kosong.
Setidaknya sih kalau menjelajah kamu bisa menemukan peti harta, sidequest, tantangan, dan berbagai hal menarik lagi.
5. Kesimpulan sejauh ini
Untuk kesimpulan sementara saya:
Visions of Mana adalah game yang menarik. Game ini masih menyajikan desain karakter berkesan yang saya kenal dari seri Mana sebelumnya, dan kali ini dengan Elemental Vessel yang memungkinkan semua karakter untuk gonta-ganti class serta penggunaan Elemental Vessel itu sendiri di pertarungan yang memberi warna baru pada battle real-time game ini.
Pertempuran di Visions of Mana awalnya kurang menarik perhatian saya, namun penggunaan Elemental Vessel dan sistem class memberi rasa yang unik bagi game ini.
Ceritanya mungkin dimulai dengan lambat dan terasa tipikal di awal, namun bagi saya ceritanya mulai menarik setelah bertemu dengan Morley dan jadi semakin menarik saja setelah itu.
Jadi sebenarnya, bagi saya baik pertempuran maupun cerita game ini butuh waktu untuk terasa cocok.
Tapi begitu sudah ketemu unsur cocoknya, saya menikmati game-nya.
Nah, itu preview Visions of Mana versi Duniaku.com.
Review lengkapnya akan saya rilis nanti, mendekati tanggal rilis game-nya.
Seperti sudah saya sebutkan sebelumnya, Visions of Mana dijadwalkan rilis 29 Agustus 2024.
Gimana menurutmu? Sampaikan di kolom komentar!
Baca Juga: Review Secret of Mana PlayStation 4: Remake Membawa Nostalgia Lama