10 Fakta T'Challa Marvel Black Phanter, Sang Raja Wakanda

Kini perjuangannya hanya bisa dikenang

10 Fakta T'Challa Marvel Black Phanter, Sang Raja Wakanda

T'Challa memulai debutnya di komik Marvel pada tahun 1966 sebagai raja Wakanda. Ia memiliki kepintaran yang luar biasa dan berusaha untuk membuat negaranya maju meskipun terisolasi dari dunia luar.

Raja T'Challa kemudian menjadi Black Panther berkat ramuan heart-shaped herb yang hanya ada di Wakanda. Dengan kekuatannya, ia melindungi Wakanda dari bahaya apa pun. Untuk mengenalnya lebih jauh, berikut ini fakta T'Challa, sang Black Panther.

1. Karakter T'Challa telah meninggal dunia

Fakta pertama tentang T'Challa Marvel yang wajib kamu ketahui adalah karakter asli T'Challa di MCU, yakni Chadwick Boseman telah meninggal dunia.

Hal ini mengakibatkan karakter T'Challa di film kedua Black Panther: Wakanda Forever juga dikisahkan serupa. Pemakaman T'Challa dilakukan secara khidmat oleh seluruh masyarakat Wakanda.

2. T'Challa bukan satu-satunya karakter yang memerankan Black Panther

10 Fakta T'Challa Marvel Black Phanter, Sang Raja WakandaDok. Marvel

T'Challa merupakan tokoh yang paling dikenal sebagai Black Panther di dalam komik. Dalam film, ia mewarisi gelar dari ayahnya setelah berhasil mengalahkan pamannya.

Selain T'Challa, Shuri—adik dari T'Challa—kini memakai kostum Black Panther setelah kakaknya tersebut meninggal dunia. Saat ini, Shuri memimpin Negeri Wakanda dan berusaha untuk melindungi seluruh rakyatnya dari bahaya.

3. Raja Negeri Wakanda

10 Fakta T'Challa Marvel Black Phanter, Sang Raja Wakandadok. Marvel Studios

Nama Black Panther adalah gelar seremonial yang diberikan kepada pemimpin Klan Panther di Wakanda. Dengan ketakutan akan eksploitasi asing di tanah mereka, ayah Black Panther mengisolasi Wakanda dari dunia luar.

Alasannya, tanah di Wakanda sangat kaya akan logam langka bernama Vibranium. Logam ini bahkan digunakan untuk membuat perisai Captain America.

Baca Juga: 8 Fakta Attuma, Villain Marvel Black Panther: Wakanda Forever

4. Sosoknya sangat jenius!

10 Fakta T'Challa Marvel Black Phanter, Sang Raja WakandaMarvel Studios

Meski Negaranya yang tertutup dan terisolasi, hal ini tak lantas membuat T'Challa melupakan pendidikannya. Ia berkuliah di universitas untuk mempelajari ilmu Teknik, Politik, Ekonomi, dan Psikologi. Ia bahkan mendapatkan gelar PhD dalam jurusan Fisika.

Ia juga menciptakan bidang yang disebut Shadow Physics untuk memajukan karyanya dengan Vibranium.

5. Berbicara menggunakan logat Afrika

10 Fakta T'Challa Marvel Black Phanter, Sang Raja Wakandadok. Marvel Studios

Chadwick Boseman, karakter yang memerankan T'Challa, menggunakan aksen Afrika dalam film tersebut seperti karakter lainnya. Hal ini tentu sesuai dengan keberadaan Wakanda yang ada di Afrika.

6. Karakter superhero pertama di MCU dengan kulit hitam

10 Fakta T'Challa Marvel Black Phanter, Sang Raja Wakandadok. Marvel Studios

Terlepas dari kemunculan karakter kulit hitam lainnya sebelum T'Challa, Black Panther adalah karakter kulit hitam pertama dengan kekuatan super yang muncul di MCU, lho.

Baca Juga: Ini Informasi Post-Credit Black Panther: Wakanda Forever, Awas Spoiler

7. Kekuatannya dari ramuan berbentuk hati

10 Fakta T'Challa Marvel Black Phanter, Sang Raja Wakandadok. Marvel Studios

Heart-shaped herb atau ramuan bentuk hati hanya terdapat di Wakanda. Ramuan ini merupakan sumber kekuatan dari Black Panther. Beberapa mitos mengatakan bahwa ramuan itu adalah hadiah dari Dewa Panther, tetapi sebenarnya ramuan itu bermutasi karena paparan logam Vibranium yang lama.

Hanya beberapa orang Wakanda yang dapat menggunakannya untuk mendapatkan kekuatan, kecepatan, kemampuan penyembuhan, dan daya tahan, termasuk adik T'Challa, yakni Shuri. 

Ramuan ini dapat memberikan pengguna indera superhero, penglihatan yang tajam,dan kemampuan untuk mendengar detak jantung musuh.

Namun, apabila ramuan ini tidak dikonsumsi oleh orang yang tepat, heart-shaped herb akan berdampak mengerikan.

8. Debut di komik Fantastic Four #52 (July 1966)

10 Fakta T'Challa Marvel Black Phanter, Sang Raja Wakandadok. Marvel Comics

Black Panther pertama kali debut dalam komik Fantastic Four #52  pada July 1966. Dalam debutnya ini, ia berperan sebagai Raja Wakanda.

9. Vibranium membuatnya kaya raya

10 Fakta T'Challa Marvel Black Phanter, Sang Raja Wakandadok. Marvel Studios

Meski Tony Stark paling dikenal sebagai orang paling kaya di MCU, T'Challa bahkan lebih kaya dari Iron Man, lho! Negaranya juga kebetulan menjadi salah satu yang terkaya di dunia berkat logam yang dikenal sebagai vibranium.

Vibranium ini digunakan untuk membuat perisai Captain America, tubuh Ultron, dan kubus khusus Nick Fury di Agents of SHIELD. Logam ini hanya terdapat di Negara Wakanda.

T'Challa menjual sejumlah kecil kepada para ilmuwan di seluruh dunia untuk membantu membangun teknologi dan kemajuan untuk negara lain.

Baru-baru ini dalam film Black Panther: Wakanda Forever, vibranium juga terdapat di kerajaan Talokan di bawah laut. 
 

10. Memiliki nama samaran Luke Charles

10 Fakta T'Challa Marvel Black Phanter, Sang Raja Wakandadok. Marvel Studios

Saat berkuliah di Amerika Serikat dan Inggris, T'Challa mendaftar dengan nama samaran Luke Charles.

Meski ia seorang raja, ia tetaplah seorang pemuda. Ia tidak ingin terlihat mencolok atau terlihat seperti bangsawan. Tak mengenyam pendidikan jauh dari Wakanda sendirian, sahabat masa kecilnya bernama B'Tumba bersekolah bersamanya.

Nah, itu dia beberapa fakta mengenai T'Challa Marvel Black Panther, sang Raja Wakanda yang kini kisahnya hanya bisa kita kenang. Terima kasih atas perjuanganmu, T'Challa!

Baca Juga: Review Black Panther: Wakanda Forever, Wakanda VS Talocan

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU