Rakyat Bangkit! Gundala akan Perebutkan 9 Nominasi FFI 2019!

Sementara itu, Merpati dan Godam menjadi Duta FFI 2019

Rakyat Bangkit! Gundala akan Perebutkan 9 Nominasi FFI 2019!

Meskipun penayangannya sudah selesai beberapa bulan lalu, film Gundala masih punya gaung dan terus dibicarakan khalayak ramai. Film pertama Jagat Sinema Bumilangit ini memang benar menjadi pemicu serangkaian film superhero Indonesia yang dunaungi satu universe besar. Buktinya tiga film Jagat Sinema Bumilangit tengah diproduksi saat ini: Si Buta Dari Gua Hantu, Virgo and the Sparklings, serta Sri Asih.

Menjelang akhir tahun 2019 ini, Gundala yang sekarang sedang tayang di Malaysia ini dapat hadiah menarik, yaitu masuk ke dalam nominasi Festival Film Indonesia 2019! Nominasi apa saja yang didapatkan oleh film ini?

1. Borong 9 nominasi

Dalam pengumuman nominasi FFI 2019 di La Moda Plaza Indonesia 12 November lalu, Gundala dipastikan masuk ke dalam 9 nominasi bergengsi malam penganugerahaan film tersebut.

Gundala dinominasikan dalam kategori Penulis Skenario Adaptasi Terbaik (Joko Anwar), Pemeran Utama Pria Terbaik (Abimana Aryasatya), Pengarah Sinematografi Terbaik (Ical Tanjung), Pengarah Artistik Terbaik (Wencislaus de Rozari), Penata Efek Visual Terbaik (Abby Eldipie ), Penata Suara Terbaik (Khikmawan Santosa & Anhar Moha), Penata Musik Terbaik (Aghi Narottama, Bemby Gusti, & Tony Merle), Penata Busana Terbaik (Isabelle Patrice), dan Penata Rias Terbaik (Darwyn Tse).

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Gabung Dengan Rakyat Bumilangit!

2. Wulan dan Awang jadi Duta FFI

Proses seleksi film nominator FFI 2019 berlangsung berbeda dari biasanya. Terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui sebelum mendapatkan daftar nominasi final. Pertama film-film calon nominasi dikurasi oleh tim yang terdiri dari 7 juri lintas profesi. Setelah itu, daftar calon dikerucutkan lagi menjadi 30-50 judul film sebelum nanti dipilah-pilah lagi oleh tim asosiasi profesi untuk mengklasifikasikan kategori nominasi.

Dalam FFI 2019, Lukman Sardi (RIdwan Bahri di Gundala) menjadi Ketua Komite FFI, dengan Nia Dinata yang bergabung ke dalam Komite Penjurian FFI. Selain itu, Tara Basro (Wulan/Merpati di Gundala) dan Chicco Jerikho (Awang/Godam di Gundala) terpilih sebagai Duta FFI 2019.

3. Lawan film-film berkualitas

Meskipun Gundala merupakan salah satu event sinematik terbesar di Indonesia tahun ini, bukan berarti usahanya memenangkan Piala Citra semudah Sancaka menghantarkan kekuatan petirnya. Di FFI 2019, Gundala harus bersaing dengan berbagai film Indonesia berkualitas lainnya.

Untuk kategori Penulis Skenario Adaptasi Terbaik saja, Gundala harus berhadapan dengan Keluarga Cemara, Bebas, Si Doel The Movie 2, dan My Stupid Boss 2. Di kategori lain ada pula film Kucumbu tubuh Indahmu, Bumi Manusia, Dua Garis Biru, Ave Maryam, dan lain-lain. Semuanya adalah film berkualitas dan pantas berjibaku di FFI 2019.

Menurut kamu, apakah Gundala memiliki kans untuk memenangkan Piala Citra?

Baca Juga: Joko Anwar Siapkan Nobar Perempuan Tanah Jahanam di Bioskop Angker!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU