Teori One Piece: Luffy, Sun God Nika, dan Joy Boy

Apakah Sun God Nika adalah Joy Boy?

Teori One Piece: Luffy, Sun God Nika, dan Joy Boy

Kemunculan Sun God Nika atau Dewa Matahari Nika di One Piece 1018 memunculkan banyak pertanyaan di kalangan pembaca! Jadi, siapa itu Nika dan apa hubungan Dewa Matahari Nika dengan Joy Boy dan juga Luffy?

Kalau kalian penasaran, yuk simak spekulasinya dalam artikel teori One Piece berikut ini!

1. Mirip dengan siluet Luffy di Skypiea?

Teori One Piece: Luffy, Sun God Nika, dan Joy BoyShueisha/One Piece

Banyak, banyak sekali penggemar One Piece di luar sana yang menyamakan siluet Dewa Matahari Nika di One Piece 1018 dengan siluet Luffy di arc Skypiea, tepatnya di manga One Piece bab 253 dan bab 300.

Wajar saja, pose Luffy di kedua bab tersebut hampir mirip dengan Nika. Kalau kalian sadar, Luffy selama ini jarang digambar dalam bentuk siluet.

Menariknya, siluet Luffy memiliki peran penting di arc Skypiea. Kalian tentu ingat, di akhir pertarungan melawan Enel, siluet Luffy raksasa muncul di hadapan Mont Blanc Cricket diiringi suara lonceng yang membahana.

Apakah Oda sengaja membuat siluet Luffy dan Dewa Matahari Nika ini mirip?

2. Adegan perkemahan di One Piece 253 adalah salah satu favorit Oda!

Teori One Piece: Luffy, Sun God Nika, dan Joy BoyShueisha/One Piece

Pada salah satu wawancara Oda, Oda menyebutkan tiga adegan favoritnya di manga One Piece. Menariknya, salah satu adegan favorit Oda tersebut adalah adegan perkemahan di bab 253 yang ada siluet Luffy tersebut!

Adegan ini juga adegan yang paling ingin digambar oleh Oda sepanjang arc Skypiea, jadi jelas sekali kalau Oda menaruh perhatian lebih pada bagian ini.

Melihat itu, bisa dibilang kemiripan siluet Dewa Matahari Nika dengan siluet Luffy di atas bukanlah sebuah kebetulan!

3. "Dewa Matahari" ini memang berhubungan erat dengan arc Skypiea?

Teori One Piece: Luffy, Sun God Nika, dan Joy Boymangaplus.shueisha.co.jp/One Piece

Salah satu poin menarik tentang Dewa Matahari Nika, pakaian yang ia kenakan mirip dengan pakaian khas penduduk Shandia dari Pulau Jaya.

Meski begitu, Nika tidak tampak memiliki sayap. Jadi mestinya, Nika ini bukanlah warga Shandia. Mungkin Nika hanya memiliki hubungan tertentu dengan warga Shandia.

Di bab 287 juga kalau kalian ingat, istilah "Dewa Matahari" sempat disebutkan oleh gadis yang hendak dikorbankan oleh warga Shandia akibat penyakit mematikan di Pulau Jaya.

Lalu simbol yang ada di gerbang Wagomuland Skypiea yang dibangun sepeninggal Luffy dan yang lain juga berbentuk mirip matahari.

Lucunya juga, bagian ujung tombak yang dibawa oleh Dewa Matahari Nika ini mirip dengan ujung kepala keluarga Mont Blanc!

Apakah arc Skypiea memang dibangun untuk menyebar petunjuk tentang Sun God Nika?

Baca Juga: Pembahasan One Piece 1018: Jinbe, Who's-Who, dan Dewa Matahari Nika!

4. "Matahari" ini muncul di berbagai sisi dunia One Piece?

Teori One Piece: Luffy, Sun God Nika, dan Joy Boyonepiece-treasurecruise.com

Selain di Skypiea, ternyata "matahari" ini juga bermunculan di berbagai sisi dunia One Piece.

Contohnya di bab 867, Madam Carmel sempat menyebutkan bahwa "Dewa Matahari" berperan dalam menghentikan kekacauan yang diperbuat Linlin ketika mereka tinggal di Elbaf.

Selain itu kalau kalian perhatikan logo Klan Kozuki, di bagian perut bangau ada gambar yang mirip dengan gambar matahari. Kerajaan Alabasta juga menggunakan simbol berbentuk matahari untuk melambangkan kerajaan mereka.

Tak cuma itu, tato di pundak Raja Neptune juga berbentuk mirip matahari meskipun polanya berbeda dengan simbol Bajak Laut Matahari.

Dan tentunya, mungkin masih ada lagi simbol matahari lain yang belum kami sebutkan tersebar di dunia One Piece!

Apakah semua ini kebetulan?

5. Sun God Nika adalah Joy Boy?

Teori One Piece: Luffy, Sun God Nika, dan Joy Boyonepiece-log.com

Berdasarkan cerita Who's-Who, Dewa Matahari Nika ini dikatakan sebagai sosok kesatria yang memberikan senyuman dan membebaskan budak-budak yang kesulitan.

"Senyuman" ini identik dengan kebahagiaan, atau "Joy" dalam Bahasa Inggris. Jadi apakah Dewa Matahari Nika ini berhubungan erat dengan Joy Boy?

Apalagi dalam legenda Joy Boy, ia dikatakan memiliki janji dengan Poseidon terdahulu. Jadi, Joy Boy ini memiliki ikatan erat dengan bangsa Manusia Ikan yang juga disebutkan memiliki sejarah yang kelam terkait perbudakan.

Belum lagi mengingat impian bangsa Duyung dan Manusia Ikan untuk tinggal di bawah matahari, sebutan "Dewa Matahari Nika" ini jadi terdengar wajar untuk Joy Boy yang punya janji dengan mereka.

Jadi bisa saja, Dewa Matahari Nika ini mengisahkan tentang Joy Boy yang berjanji untuk mengangkat Pulau Manusia Ikan supaya bisa hidup damai di bawah sinar matahari!

6. Lalu, apa hubungannya dengan Luffy?

Teori One Piece: Luffy, Sun God Nika, dan Joy BoyToei Animation/One Piece

Di manga Luffy juga beberapa kali diidentikkan dengan matahari. Contohnya pada pakaian yang ia kenakan untuk menyamar di Wano dan Dressrosa, keduanya mengandung unsur matahari.

Belum lagi kapal Luffy saat ini yang bernama Thousand Sunny, jelas-jelas mengandung unsur matahari, bukan?

Selain itu, siluet Luffy yang sebelumnya kami sebutkan juga tampak menjadi petunjuk kalau Luffy ini berhubungan erat dengan Sun God Nika.

Apakah Luffy ini akan menjadi "Dewa Matahari Nika" yang menyelamatkan orang-orang dari perbudakan?

Apalagi jika Dewa Matahari Nika ini adalah salah satu julukan yang disandang Joy Boy di masa lalu, sebagai salah satu kandidat kuat Joy Boy berikutnya, bukan tak mungkin nantinya Luffy akan menjadi Joy Boy dan Nika sekaligus!

Kira-kira bagaimana menurut kalian? Apa kalian punya teori sendiri terkait Dewa Matahari Nika ini? Kalau ada, coba sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini ya!

Baca Juga: Teori One Piece: Diincar CP-0, Bakal Gimana Nasib Who's-Who?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU