Teori One Piece: Apakah Brook Sebenarnya Bisa Pakai Haki?

Lho? Sejak kapan?

Teori One Piece: Apakah Brook Sebenarnya Bisa Pakai Haki?

Jauh di Punk Hazard ternyata ada petunjuk kalau Brook bisa menggunakan Haki! Lho? Sebelah mananya? Yuk simak baik-baik teorinya dalam artikel One Piece berikut!

1. Setelah time skip, Brook bisa membelah besi!

Teori One Piece: Apakah Brook Sebenarnya Bisa Pakai Haki?Toei Animation/One Piece

Meski tidak disebutkan dengan jelas bahwa Brook bisa membelah baja, tapi Brook sempat memperlihatkan kemampuan tersebut di Punk Hazard!

Kalau kalian ingat, Brook dan Kin'emon sempat bersama-sama menebas naga kecil di Punk Hazard yang disebut-sebut memiliki kulit yang lebih keras dari baja. Bukankah ini berarti, Brook juga bisa memotong baja?

Tapi bukankah bisa jadi Kin'emon yang melukai naga tersebut dengan Haki miliknya?

Kalau kalian perhatikan kembali, setelah ditebas naga tersebut digambarkan dengan efek kulit yang membeku dan terbakar. Ini artinya baik serangan Kin'emon maupun Brook sama-sama memberi dampak bagi tubuh sang naga, bukan?

Kalau begitu, serangan Brook berhasil menembus kulit sang naga yang disebut-sebut memiliki kulit yang lebih keras dari baja!

2. Teknik memotong baja dijelaskan sebagai Haki di Wano!

Teori One Piece: Apakah Brook Sebenarnya Bisa Pakai Haki?Toei Animation/One Piece

Belum lama ini, Kakek Hyo menjelaskan pada Luffy bahwa Haki di Wano disebut dengan Ryuo. Kalau kalian lupa, bisa cek sendiri di bab 939 ketika Luffy ditawan di penjara Udon dan bertemu Kakek Hyo!

Teknik Ryuo ini, berdasarkan penjelasan Kakek Hyo, membuat Samurai bisa memotong baja yang paling tebal sekalipun.

Dari penjelasan Kakek Hyo tersebut, bisa dikatakan bahwa teknik memotong baja yang selama ini dilakukan oleh Zoro pada dasarnya adalah salah satu bentuk Haki, atau tepatnya Busoshoku Haki!

3. Jadi, apakah Brook menguasai Busoshoku Haki?

Nah, jika Brook bisa melukai kulit naga yang dikatakan lebih keras dari baja, yang mana berarti Brook seharusnya juga bisa memotong baja, apakah itu berarti Brook sebenarnya menguasai Ryuo?

Seharusnya jika melihat bukti yang ada, Brook kemungkinan besar sudah menguasai teknik untuk "mendengar" napas benda yang membuatnya bisa memotong apapun.

Teknik yang sanggup membuat pendekar memotong apapun ini disebut sebagai Ryuo di Wano, yang mana merupakan istilah lain untuk Busoshoku Haki.

Jadi seharusnya, Brook juga sudah menguasai Haki! Hanya saja, mungkin Brook tidak menyadarinya seperti saat Zoro menggunakan teknik memotong baja untuk melawan Mr. 1 alias Daz Bonez.

4. Masalahnya, Brook sempat dikonfirmasi tidak punya Haki!

Teori One Piece: Apakah Brook Sebenarnya Bisa Pakai Haki?funimation.com/One Piece

Begitulah, masalah utamanya adalah Brook dikonfirmasi tidak memiliki Haki oleh Oda melalui pernyataan Luffy sendiri.

Kalau kalian ingat, di Punk Hazard Luffy sempat menyebutkan pada Law siapa saja yang bisa menggunakan Haki di kelompoknya, yaitu dirinya sendiri, Zoro, dan juga Sanji. Hanya mereka bertiga.

Ini artinya, Brook dikonfirmasi tidak termasuk di antara mereka yang mampu menggunakan Haki!

Apakah Luffy sekadar tidak tahu bahwa Brook bisa menggunakan Haki? Ataukah Brook sendiri tidak menyadari kemampuan Haki miliknya sehingga tidak ada yang tahu bahwa Brook juga bisa Haki?

Atau mungkinkah sebenarnya teknik memotong baja sendiri bukan bentuk dari Haki? Atau malah jangan-jangan ada kesalahan yang tidak disengaja oleh Oda?

Kira-kira yang mana jawabannya menurut kalian? Atau kalian punya jawaban sendiri? Coba sampaikan tanggapan kalian di kolom komentar ya!

Baca Juga: Teori: 5 Serangan One Piece yang Bisa Jadi Diperkuat Haoshoku Haki! 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU