Seberapa Besar Network Luffy di One Piece? Begini Situasinya!

Katanya sih, network itu lebih penting dari gelar

Seberapa Besar Network Luffy di One Piece? Begini Situasinya!

Luffy sebenarnya tidak niat ingin membangun jaringan sosial. Namun network Luffy di One Piece sejauh ini bisa dibilang besar, dan semakin meluas saja. Dia punya koneksi ke hampir seluruh instansi dunia yang berhubungan dengan bajak laut. Banyak orang yang bersahabat dengan dia, dan bisa saja menolongnya saat perang besar terjadi. Siapa saja?

1. Luffy punya koneksi kuat ke sesama bajak laut

Seberapa Besar Network Luffy di One Piece? Begini Situasinya!funimation.com/One Piece

Network Luffy di One Piece menjangkau banyak bajak laut baik. Armada Besar Topi Jerami saja memiliki anggota seperti Bartolomeo, Hajrudin, dan banyak nama lain. Trafalgar Law pun terhitung sebagai koneksi Luffy, karena Law tidak pernah menyatakan dirinya sebagai anggota Armada Besar. Dia hanya sekutu Luffy untuk melawan Doflamingo hingga Kaido. 

Bukan hanya bajak laut baik, Luffy pun minimal pernah bekerja sama dengan sejumlah nama yang lebih amoral. Contohnya adalah Crocodile dan Buggy. Mereka bisa melawan Luffy, tapi dengan sejarah kerja sama, mereka juga bisa membantu jika ada musuh bersama. 

2. Luffy juga punya koneksi kuat ke kerajaan!

Seberapa Besar Network Luffy di One Piece? Begini Situasinya!comicbook.com

Bajak laut temenan sama sesama bajak laut sih mungkin tidak mengherankan. Bajak laut berteman baik dengan figur kerajaan? Itu baru luar biasa. 

Sejauh ini, social network Luffy mencakup: keluarga Kerajaan Alabasta, keluarga Kerajaan Ryugu, keluarga Kerajaan Dressrosa, pemimpin Kerajaan Sakura, serta tak bisa dilupakan penguasa Amazon Lily, Boa Hancock. 

Kalau Luffy sukses membantu kudeta Shogun Orochi, maka Luffy pun akan memiliki koneksi ke negeri Wano lewat Momonosuke dan Hiyori. 

Baca Juga: Netflix Umumkan Seri Live Action One Piece! Eiichiro Oda Terlibat!

3. Bahkan Luffy memiliki koneksi juga di Angkatan Laut

Seberapa Besar Network Luffy di One Piece? Begini Situasinya!funimation.com/One Piece

Koneksi Luffy ke Angkatan Laut bahkan bukan sepenuhnya musuh. Ada setidaknya dua sosok yang bisa dihitung sebagai sekutunya di dalam sana. 

Ada Garp, yang sebelum timeskip bisa santai-santai dengan cucunya dan baru mengejar Luffy setelah dipaksa. Ada juga Koby, sosok yang begitu mengidolakan Luffy hingga menangis saat membaca berita soal aksi Luffy di Whole Cake Island. 

4. Koneksi Luffy ke Pasukan Revolusioner juga jangan diremehkan

Sahabat baik Luffy, saudara angkatnya, adalah tangan kanan Pasukan Revolusioner. Sementara itu ayah Luffy adalah pemimpin pasukan itu. Emporio Ivankov dan Inazuma, dua sosok yang pernah membantunya, adalah komandan revolusioner juga. 

Kalau Luffy ingin beralih karier jadi revolusioner, Dragon dan Sabo pasti siap menerimanya kapan saja. 

5. Koneksi Luffy di Yonko adalah Shanks, tapi dia punya sekutu lain juga

Hampir seluruh Yonko adalah musuh Luffy. Namun satu adalah kenalan baiknya, yaitu Shanks dan kelompoknya. Luffy kenal dengan Shanks dan seluruh komandan pria itu. Yang tidak dikenal Luffy di kelompok Shanks kemungkinan besar hanya anggota baru seperti Rockstar. 

Tapi apakah hanya Shanks saja kenalan Luffy di Yonko? Sepertinya tidak. Charlotte Pudding adalah sekutu Topi Jerami, berkat Sanji, dan gadis itu masih jadi anggota kelompok Big Mom. Lalu ada juga Charlotte Katakuri, yang tampaknya jadi rival bersahabat Luffy semenjak kalah. 

6. Meski bukan level raja, ada kota yang memiliki kenangan baik terhadap Luffy

Seberapa Besar Network Luffy di One Piece? Begini Situasinya!funimation.com/One Piece

Wilayah-wilayah ini tak dipimpin raja, namun Desa Cocoyasi (desa Nami), Water Seven, dan banyak kota lain yang ditolong oleh Luffy dalam perjalanannya memiliki koneksi baik dengan Topi Jerami. 

7. Sebelum dibubarkan, hampir seluruh Shichibukai pernah menolong Luffy

Seberapa Besar Network Luffy di One Piece? Begini Situasinya!onepiece.fandom.com

Sekarang sih Shichibukai dihitung sama dengan sesama bajak laut. Namun sebelum dibubarkan, saat mereka masih berstatus organisasi khusus yang disetujui pemerintah, hampir seluruh Shichibukai pernah menolong Luffy. Sosok yang belum membantu hanya Doflamingo, Weevil, dan Moria. 

Besar sekali ya network Luffy di One Piece. Faksi yang tidak memiliki koneksi positif dengan Luffy tampaknya hanya Pemerintah Dunia. Itu pun Luffy masih bisa memperoleh bantuan Tenryuubito lewat Donquixote Mjosgard, yang bersahabat dengan keluarga Kerajaan Ryugu! 

Gimana menurut kamu soal network Luffy di One Piece? 

Baca Juga: Avril Juga Fan! Ini 10 Selebriti Internasional yang Suka One Piece!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU