Analisis Ucapan Menarik Shanks di Trailer One Piece Film Red

Di dunia ini, tidak ada perdamaian ataupun kesetaraan?

Analisis Ucapan Menarik Shanks di Trailer One Piece Film Red

Ada ucapan menarik Shanks di One Piece Film Red. Apa ya kira-kira makna ucapan Shanks itu? Ini analisis saya! 

1. "Di dunia ini, tidak ada perdamaian ataupun kesetaraan?"

Menjelang akhir trailer, kita diperdengarkan ucapan Shanks. Translasi Inggrisnya, "Listen, Uta. There is no peace or equality in this world."

Atau terjemahan Indonesianya, "Uta. Di dunia ini tidak ada perdamaian ataupun kesetaraan."

Ini kata-kata yang secara tak terduga cukup sinis, apalagi diucapkan oleh sosok seperti Shanks. 

Bahkan beberapa netizen Twitter ada yang merasa ucapan itu terdengar seperti kata-kata seorang villain

Baca Juga: Begini Desain Karakter Shanks untuk One Piece Film Red!

2. Yang diucapkan Shanks itu tentu saja terasa ada benarnya

Analisis Ucapan Menarik Shanks di Trailer One Piece Film RedTenryubito dari One Piece. (funimation.com/One Piece)

Ucapan Shanks sendiri terasa ada benarnya kalau kamu melihat kondisi dunia One Piece. Terutama soal kesetaraan.

Kita sudah melihat kaum seperti Fishman didiskriminasi oleh manusia. 

Ada juga situasi dimana tempat seperti Gray Terminal bisa dengan mudah diperintahkan dibakar, beserta penghuninya, untuk menyambut kedatangan Tenryuubito ke Kerajaan Goa. 

Di sisi sebaliknya ada juga makhluk-makhluk seperti Tenryuubito, yang posisinya dianggap jauh lebih istimewa dari manusia lain dan dapat dengan mudah memperbudak makhluk lain. Lalu orang-orang yang menentang mereka akan dihukum dengan cepat. 

Untuk perdamaian, di dunia One Piece ada wilayah yang damai. Namun sejauh ini dalam petualangan Luffy kita pun melihat berbagai wilayah yang memiliki konflik. Ada juga wilayah yang kalau dilihat sepintas tampak damai namun di baliknya ada masalah sendiri. Seperti Dressrosa di masa kekuasaan Doflamingo. 

3. Kapan Shanks mengucapkan ini?

Di awal trailer, kita diperlihatkan Shanks masih mengenakan topi jerami ketika dia bersama Uta. Itu berarti dialog Shanks dengan Uta di awal terjadi bahkan sebelum Shanks mengunjungi Desa Foosha.

Kalau misalnya kita asumsikan ucapan Shanks selanjutnya, mengenai "Di dunia ini, tidak ada perdamaian ataupun kesetaraan" dia katakan pada Uta di masa lalu, ini tentu saja menarik.

Karena itu berarti meski Shanks senantiasa diperlihatkan ceria dan suka bersenang-senang, sejak awal dia mungkin memiliki sisi yang terasa sinis ini. 

Unik juga jika itu cara Shanks memandang dunia selama ini. 

Jika Uta kecil mendengar Shanks mengucapkan ini kepadanya, itu juga jelas bisa mempengaruhi cara Uta memandang dunia. Bayangkan saja kalau kamu masih kira-kira balita, kemudian ayahmu tiba-tiba bicara topik berat begitu kepadamu. 

Namun berhubung ini trailer, kita belum benar-benar tahu pasti kapan Shanks mengucapkannya ke Uta. 

4. Shanks memiliki sisi sinis di balik keceriaannya?

Analisis Ucapan Menarik Shanks di Trailer One Piece Film RedPoster Shanks di One Piece. (Dok. Toei Animation/One Piece)

Sebelum ini juga ada petunjuk kalau Shanks mungkin tidak seceria yang kita kira.

Salah satunya adalah di poster bounty. Di antara poster bounty 4 Yonko (Shanks, Kurohige, Kaido, Big Mom) dan legenda (Roger, Shirohige), hanya ada dua yang tidak tersenyum di poster. Yang pertama adalah Kaido, yang kedua adalah Shanks.

Untuk Kaido, kita sudah lihat sendiri kalau dia memang tampak depresi dengan situasinya. Ada gelagat kalau Kaido sudah tahu dirinya bukan Joy Boy. Apakah Shanks sama? 

Selain itu, saat Kaido mengingat sejumlah sosok di bab 1001, hanya Shanks yang tak diperlihatkan tersenyum lebar. 

Bila memang sejak awal Shanks merasa kalau "Di dunia ini, tidak ada perdamaian ataupun kesetaraan," dia mungkin benar-benar memiliki sisi sinis seperti itu, sehingga di beberapa momen dia justru tidak diperlihatkan tersenyum.

Selain itu... meski ceria, kru Shanks memang tak ragu bertindak brutal jika musuh mereka cari perkara. Seperti Lucky Roux yang menembak anak buah Higuma. 

Eustass Kid saja kehilangan satu tangannya begitu dia melawan kelompok Shanks. 

Ada kemungkinan kuat kalau Buah Gomu Gomu (atau Hito Hito no Mi, model: Nika) adalah buah yang dulu dimakan Joy Boy, kalau kita lihat ucapan Zunesha di bab 1043 dan 1046. Saya jadi semakin penasaran apakah Shanks tidak memakan sendiri buah itu karena dia merasa dirinya tidak pantas menjadi Joy Boy baru, akibat aspek sinis ini. 

Karena Luffy, yang memakan Gomu Gomu dan kemudian diserahkan topi jerami, juga memang sangat ceria. 

Lalu apakah aspek sinis Shanks ini menandakan dia adalah villain? Bagi saya sih belum tentu. Dari yang kita lihat sejauh ini, Shanks terasa berada di sisi baik. Shanks jadi terasa sebagai tipe orang yang meski memiliki pandangan negatif terhadap dunia, dia tetap mencoba berbuat baik. Setidaknya untuk orang-orang yang ia kenal. 

5. Ada kemungkinan ucapan Shanks sebenarnya belum selesai?

Namanya trailer, belum tentu kata-kata yang tersaji memang 100% persis. 

Kamu-kamu sekalian yang suka nonton trailer film Marvel, lalu melihat sendiri filmnya, mungkin sudah sering mendapati adegan atau ucapan di trailer tidak sesuai dengan situasi asli di filmnya.

Saya pun curiga ucapan Shanks ini bisa jadi belum selesai. Meski awalnya memang "Di dunia ini, tidak ada perdamaian ataupun kesetaraan," Shanks mungkin akan melanjutkan dengan kata-kata yang lebih inspiratif. 

Nah itu analisis ucapan menarik Shanks di One Piece Film Red.

Ucapan ini mungkin memang semakin menunjukkan kalau di balik sifat cerianya, ada sisi sinis di dalam diri Shanks. 

Meski begitu saya sih merasa ucapan Shanks ini belum sepenuhnya selesai. Saya curiga Shanks di filmnya akan melanjutkan kata-katanya itu. 

Nah, kalau menurut kamu gimana soal ucapan Shanks ini? Sampaikan di kolom komentar! 

Baca Juga: 12 Meme Reaksi Fans One Piece Saat Tahu Shanks Punya Anak

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU