Ajaib, Koby One Piece Sudah Naik Pangkat Jadi Admiral Muda di Bab 956!

Padahal sebelum ini, pangkat Koby baru kapten!

Ajaib, Koby One Piece Sudah Naik Pangkat Jadi Admiral Muda di Bab 956!

Di One Piece 956, Sabo diberitakan tertimpa nasib buruk, Shichibukai diserang Angkatan Laut, dan Drake ternyata masih anggota A.L. Ada banyak topik yang bisa kita gali dari satu bab ini saja.

Tapi kali ini, yang akan saya bahas adalah pengungkapan tak terduga soal pangkat Koby. Ternyata Koby One Piece sudah naik pangkat jadi admiral muda? 

1. Pengungkapannya

Ajaib, Koby One Piece Sudah Naik Pangkat Jadi Admiral Muda di Bab 956!mangaplus.shueisha.co.jp/One Piece

Awalnya saja saya sudah kaget karena dikonfirmasi X Drake sebenarnya adalah anggota kelompok Angkatan Laut. Dari cara Drake dan Koby bicara, Drake juga tampaknya berhubungan baik dengan Koby. (Ajaib juga, mengingat dua tahun lalu Drake sudah jadi Supernova). 

Kemudian, setelah Drake disebut sebagai anggota SWORD, disampaikan: "Admiral muda markas besar Angkatan Laut, anggota SWORD, Koby."

Secepat itu Koby One Piece sudah naik pangkat?

Baca Juga: Ini 6 Karakter yang Kemungkinan Anggota SWORD di One Piece!

2. Apa pangkat sebelumnya?

Sebelum ini, pangkat Koby terungkap masih kapten di bab 903. Itu terjadi di epilog Whole Cake Island, saat Koby menolong kapal Dressrosa-Prodence. 

Memang, di dunia kita, bab 903 rilis di Jepang itu sudah rilis sejak 2 Mei 2018. Tapi di dunia One Piece, kejadian antara bab 903 dan 956 ini kira-kira hanya sekitar sepekan lebih.

Koby ini mengawal kapal Dressrosa-Prodence sebelum Reverie. Acara Reverie berlangsung sepekan, dan saat di bab 956 Reverie sudah selesai. 

3. Bukan kesalahan translasi

Ajaib, Koby One Piece Sudah Naik Pangkat Jadi Admiral Muda di Bab 956!onepiece.fandom.com

Kalau ada kekeliruan soal pangkat Koby, kekeliruan ini bukan dari penerjemah. Bahkan terjemahan resmi dari Manga Plus pun menyebut kalau pangkat Koby memang admiral muda sekarang. 

Apakah Oda membuat kesalahan? Mungkin di bab 903 harusnya Koby malah sudah admiral muda? Kalau iya, seharusnya nanti akan ada revisi. Mari kita tunggu. 

Tapi ada juga kemungkinan yang lebih sederhana: Koby memang memperoleh promosi saat Reverie berlangsung. Dia toh sempat dikenal sebagai pahlawan Rocky Port. Siapa tahu Angkatan Laut baru sempat mempromosikan Koby saat dunia sibuk dengan Reverie. 

Tetap saja itu prestasi luar biasa. Pangkat selanjutnya dari kapten itu adalah komodor. Koby lompat dari kapten langsung jadi admiral muda. Tapi patut diingat ya: admiral muda itu masih belum vice-admiral. Admiral muda berada satu level di bawah itu. 

Gimana menurut kamu si Koby One Piece sudah naik pangkat jadi admiral muda, melampaui komodor, ini? 

Baca Juga: Pembahasan Manga Boruto 38: Naruto Uzumaki Disegel?!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU