12 Fakta Luffy Sang Kapten Topi Jerami di One Piece!

Calon Yonko masa depan nih?

12 Fakta Luffy Sang Kapten Topi Jerami di One Piece!

Siapa di sini yang tidak kenal dengan Luffy? Meskipun kamu tidak pernah menonton atau membaca serial One Piece, paling tidak kalian pernah melihat karakter ini, mendengar namanya, atau melihat logo Topi Jerami.

Apa saja sih fakta Luffy yang menarik?

1. Informasi dasar

Luffy adalah pemuda berusia 19 tahun. Saat kecil, dia tinggal di wilayah Kerajaan Goa, East Blue. 

Luffy adalah anak dari Monkey D. Dragon dan cucu dari Monkey D. Garp. Ibunya tak diketahui.

Terinspirasi oleh Shanks, Luffy kemudian mencoba menjelajahi lautan. 

Dia juga adalah pemakan Buah Iblis Paramecia, Gomu Gomu no Mi, yang membuat dia menjadi manusia karet. 

2. Orang dengan tinggi tubuh normal di dunia yang penuh makhluk jangkung

Luffy itu sebenarnya tingginya normal jika dia hidup di dunia kita yang asli. Namun di dunia One Piece, dia termasuk pendek.

Dia memiliki tinggi 172 cm sebelum time skip, dan 174 cm sesudah time skip. Jika Luffy ada di Indonesia, dia termasuk tinggi.

Masalahnya adalah, di dunia One Piece berbeda. Bahkan banyak manusia yang bukan golongan raksasa tapi tetap jangkung sekali. Sebagai pebanding, Boa Hancock memiliki tinggi 191 cm.

Baca Juga: 5 Angkatan Laut One Piece yang Sebenarnya Layak Jadi Admiral

3. Memiliki imunitas pada racun

Setelah bertarung melawan Magelan dan dia selamat, Luffy mendapatkan satu keuntungan yang sangat hebat. Digempur banyak racun, ternyata membuat antibodi dalam tubuh Luffy meningkat, dan justru dia jadi tahan racun!

Tapi patut diingat: Luffy tidak kebal semua jenis racun. Dia hampir mati di awal Whole Cake Island karena makan ikan berbahaya. 

4. Namanya diberikan karena cocok saja, tapi ternyata punya makna

12 Fakta Luffy Sang Kapten Topi Jerami di One Piece!sm.ign.com

Biasanya seorang kreator menciptakan nama tokoh utama mereka karena memiliki arti atau makna, namun agak berbeda dengan Luffy.

Oda mengatakan bahwa pemberian nama "Luffy" didasari hanya karena cocok saja, dan tidak ada makna spesial lainnya. Namun di kemudian hari, Oda menemukan fakta bahwa kata "Luff" atau "Luffing" adalah salah satu bahasa di dunia pelautan, karena itu Oda merasa ada kebetulan yang baik di sini.

5. Suka daging, tidak sukai pie ceri

Seperti kebanyakan orang lain, Luffy memiliki makanan yang sangat-sangat ia sukai, di sisi lain ada juga makanan yang sangat tidak ia sukai.

Kemungkinan kamu sudah tahu, namun Luffy sangat menyukai daging. Dia suka segala jenis daging, bahkan jika kelaparan, dia bisa memakan daging mentah yang tidak dimasak. Tentu saja kesukaannya adalah daging yang dimasak Sanji.

Bagaimana dengan makanan yang tidak ia sukai? Fakta Luffy mengatakan bahwa makanan yang tidak ia sukai adalah kue pie ceri. Dia sendiri tidak mengetahui alasannya tidak menyukai kue pie ceri.

Oh, ngomong-ngomong, pie ceri itu justru favoritnya Marshall D. Teach. 

6. Tidak suka mandi

Luffy itu ternyata jorok, dan terungkap di dalam kolom SBS! Apa itu? Ternyata sama seperti Zoro dan Brook, Luffy itu hanya mandi satu minggu sekali saja loh ternyata!

7. Jam tidurnya kurang dari delapan jam

Luffy bukan orang pemalas, karena itu jam tidurnya sebenarnya tidak terlalu banyak. Lagi-lagi diungkapkan oleh Oda di dalam kolom SBS, Luffy ternyata hanya tidur 5 jam sehari.

Meskipun begitu, zona waktu di One Piece masih belum diketahui pasti, jadi entah 5 jam itu terbilang cepat atau sedikit seperti di dunia kita.

Ada momen di manga di mana Luffy tertidur panjang, kadang sampai beberapa hari. Tapi itu biasanya karena dia luka-luka dalam pertempuran.

8. Prioritas hidup Luffy

Oda mengungkap bahwa pola pemikiran Luffy cukup unik. Untuk prioritas hidup, yang terpenting, dia memikirkan daging, daging, daging, daging, Raja Bajak Laut, dan nakama.

Jika Sanji menggunakan masak dua kali, Luffy menggunakan daging empat kali, lalu baru diikuti oleh Raja Bajak Laut dan nakama.

9. Nilai buruan Luffy 1,5 miliar Belly

12 Fakta Luffy Sang Kapten Topi Jerami di One Piece!comicbook.com

Untuk kamu yang lupa, saat ini harga buronan Luffy setelah alur cerita Whole Cake Island adalah 1,500,000,000 Belly atau 1,5 miliar!

Itu sempat jadi nilai bounty tertinggi yang diketahui, karena angka itu melampaui komandan Yonko seperti Katakuri.

Baru setelah para Yonko, Roger, dan Whitebeard, terungkap, kita tahu kalau masih ada yang nilai buruannya lebih tinggi dari Luffy. Mulai dari Teach yang 2 miliar lebih sampai Gol D. Roger yang 5 miliar lebih.

10. Deretan transformasi Luffy

Mulai dari Enies Lobby, Luffy bisa mencapai semacam wujud transformasi.

Ia memiliki Gear 2, di mana Luffy mempercepat aliran darah. Ini membuat kecepatan Luffy meningkat.

Lalu ia punya Gear 3, di mana Luffy meniup tulangnya. Awalnya serangan Gear 3 lambat, namun sangat kuat. 

Kemudian ada Gear 4, di mana transformasi Luffy diperkuat Busoshoku Haki.

Gear 4 pun punya wujud lain, yakni Boundman, Snakeman, dan Tankman.

Boundman adalah wujud yang stabil. Tankman sejauh ini wujud darurat yang bisa tercipta hanya karena Luffy kebetulan sudah makan banyak sebelum berubah. Sementara itu Snakeman adalah wujud yang memungkinkan Luffy menyerang dari berbagai arah dengan cepat, namun pertahanannya lebih lemah dari Boundman

11. Disebut Morgans sebagai Yonko Kelima

12 Fakta Luffy Sang Kapten Topi Jerami di One Piece!duniaku.com/Dimas Ramadhan

Morgans menuliskan kalau Luffy pantas disebut sebagai Yonko Kelima. 

Meski begitu, posisi Luffy ini belum diakui oleh pihak seperti Angkatan Laut dan Yonko lain. Big Mom dan Kaido bahkan tampaknya masih meremehkan dia. 

12. Salah satu penguasa tiga jenis Haki

Luffy masuk daftar pendek karakter One Piece yang bisa tiga jenis Haki

Luffy ini bahkan menonjol, karena kita melihat gimana dia mengembangkan Kenbunshoku, Busoshoku, dan Haoshoku Haki-nya.

Dari tadinya hanya lepas saat emosinya bergejolak, kini Luffy bisa melepas Haoshoku Haki saat dibutuhkan.

Luffy bisa memprediksi serangan dengan Kenbunshoku Haki. Bahkan, setelah ia melawan Katakuri, kemampuan prediksi serangan Luffy tampak meningkat lebih jauh lagi. Ia dapat menghindari serangan Urashima si pesumo dan kemudian membantu Kakek Hyo saat mereka melawan anak buah Queen.

Dibantu Kakek Hyo, Luffy juga mulai mendalami lagi Busoshoku Haki. Terakhir terlihat, Luffy sudah bisa menghancurkan batang pohon meski pukulannya tak sampai menyentuh pohon itu. 

12 Fakta Luffy Sang Kapten Topi Jerami di One Piece!mangaplus.shueisha.co.jp/One Piece

Itulah 12 fakta Luffy, sang kapten Topi Jerami di One Piece. Gimana menurut kamu?

Baca Juga: 9 Fakta Kozuki Oden One Piece, Orang yang Pernah Melukai Kaido!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU