Sebetulnya Apa Itu Yonko? Ini Pembahasannya untuk yang Belum Paham!

Untuk yang bingung Yonko itu apa!

Sebetulnya Apa Itu Yonko? Ini Pembahasannya untuk yang Belum Paham!

Apa itu Yonko? Sebetulnya, Empat Kaisar ini sudah dijelaskan di versi manga. Namun karena tampaknya masih ada pembaca yang belum sepenuhnya paham, maka penulis akan mencoba menyampaikan versi rangkumannya.

1. Empat kaisar yang jadi saingan satu sama lain

Sebetulnya Apa Itu Yonko? Ini Pembahasannya untuk yang Belum Paham!onepiece.fandom.com

Untuk yang penasaran, nama Yonko sendiri berarti Empat Kaisar. Salah satu hal yang unik soal Yonko adalah mereka ini bukan organisasi seperti Angkatan Laut maupun Shichibukai.

Empat Kaisar yang dimaksud di nama itu bukan berarti empat penguasa yang saling bahu-membahu, melainkan empat orang yang masing-masing memegang kekuatan sangat besar. Seberapa besar?

Sejauh ini eksistensi Angkatan Laut masih terasa lemah di New World. Terutama di Whole Cake Island, di mana kelompok bajak laut Big Mom begitu berkuasa. Penyebabnya adalah kalau Angkatan Laut mencoba menindak Yonko di New World, maka mereka harus berurusan pula dengan armada yang luar biasa kuat.

Sengoku bahkan tidak seratus persen yakin dirinya akan menang melawan armada penuh Whitebeard, dan pertempuran itu terjadi di Marineford. Kalau perang terjadi di New World, Angkatan Laut bisa ditenggelamkan dengan brutal.

Nah, Empat Kaisar ini sejauh ini diperlihatkan antara saling membenci atau mewaspadai satu sama lain. Terutama setelah Whitebeard, sosok yang minimal direspek oleh Shanks, digantikan oleh Marshall D. Teach. Bagi Pemerintah Dunia sih ini hal yang baik, karena melawan satu armada Whitebeard saja mereka sudah was-was. Apalagi kalau ada dua Yonko yang secara ajaib beraliansi.

2. Yonko bukanlah organisasi

Sebetulnya Apa Itu Yonko? Ini Pembahasannya untuk yang Belum Paham!duniaku.com/fudo

Maksudnya begini: tentu saja setiap kelompok Yonko memiliki hierarki dan organisasi sendiri. Namun Yonko bukanlah kumpulan empat kaisar dengan pemimpin, seperti yang terjadi pada Shichibukai

Keempat kaisar ini malah bisa dibilang adalah musuh, dan mereka tidak saling berafiliasi. 

Seorang bajak laut tidak bisa dilantik oleh pihak yang berkuasa dan dinobatkan sebagai Yonko, seperti yang terjadi kepada bajak laut yang diberi posisi Shichibukai.

Baca Juga: Bukan Yonko? Ini 5 Alasan Luffy Paling Dekat dengan One Piece!

3. Gimana caranya jadi Yonko?

Pada dasarnya, untuk menjadi Yonko seorang bajak laut harus memiliki kekuatan armada yang membuat dia direspek oleh Angkatan Laut dan juga sesama rival Yonko.

Marshall D. Teach mencapai ini setelah ia memenangkan Perang Balas Dendam. Dilengkapi Gura Gura no Mi dan Yami Yami no Mi, serta didukung oleh sekutunya yang sangat kuat, Teach dapat menghajar Marco dan kelompok Whitebeard yang mencoba balas dendam kepadanya.

Keberhasilannya memenangkan peperangan ini membuat Teach diakui dunia sebagai Yonko.

Siapa pun bisa saja mengklaim dirinya sebagai Yonko. Masalahnya, itu jelas pernyataan perang. Yonko lain, terutama yang mudah naik darah seperti Charlotte Linlin dan Kaido, bisa jadi akan menguji kebenaran klaim tersebut dengan menyerang mereka.

Kalau si bajak laut menang, dia mungkin bisa mempertahankan klaim tersebut. Tapi mengingat betapa kuatnya armada Kaido dan Linlin, si bajak laut minimal harus sekuat Teach.

Teach sendiri sebenarnya kedapatan kesempatan emas. Kelompok Whitebeard setelah Marineford sudah kehilangan petarung, termasuk mantan kapten mereka sendiri. Saat ini, Kaido, Shanks, Linlin, dan Teach masih memiliki armada kuat, sehingga melawan mereka bisa menjadi mimpi buruk.

Karenanya, saya berpendapat kalau Luffy bisa mengalahkan Kaido dia akan mendapat gelar Yonko. Tak peduli Luffy menganggap dirinya sebagai Yonko atau tidak.

4. Para Yonko yang aktif

Sebetulnya Apa Itu Yonko? Ini Pembahasannya untuk yang Belum Paham!funimation.com/One Piece

Yonko aktif saat ini adalah Charlotte Linlin dari kelompok bajak laut Big Mom, Kaido dari kelompok bajak laut Beast, Shanks dari kelompok bajak laut Rambut Merah, dan Marshall D. Teach dari kelompok bajak laut Blackbeard.

Sebelumnya, kelompok bajak laut Blackbeard menggantikan kelompok bajak laut Whitebeard yang telah hancur karena kalah Perang Balas Dendam. Kelompok Whitebeard juga dibantu diselesaikan oleh Edward Weevil.

5. Akankah ada Yonko baru?

Mengingat betapa gencarnya Generasi Terburuk mencari masalah di New World, rasanya sudah pasti akan ada Yonko baru di masa depan. Yang perlu diperhatikan adalah Luffy. Kalau dia sukses menumbangkan Kaido dan membuat kelompok bajak laut Beast porak-poranda, dia akan dianggap sebagai Yonko baru oleh dunia.

Ingat, Teach mendapat kekuasaan karena mengalahkan kelompok Whitebeard yang sudah terluka akibat Marineford. Bila Luffy mengalahkan Kaido, maka dia akan menumbangkan sosok legendaris yang masih berada dalam puncak kekuatannya.

Tapi ada juga kemungkinan kalau aksi Luffy bisa memicu dunia tanpa Yonko. Terutama jika Kaido dan Big Mom tumbang bersamaan, lalu terjadi sesuatu kepada Shanks.

Itulah kira-kira pembahasan soal apa itu Yonko. Masih ada pertanyaan? Sampaikan saja di kolom komentar!

Baca Juga: Ini 5 Fakta Unik dari Status Shanks sebagai Yonko!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU