Ini Biografi Singkat Eiichiro Oda yang Berulang Tahun ke-48

Jadi pemain bola sebelum jadi mangaka!

Ini Biografi Singkat Eiichiro Oda yang Berulang Tahun ke-48

Sebagai otak di balik serial One Piece, Oda memiliki rekam jejak yang mengagumkan lho! Penasaran? Ini biografi singkat Eiichiro Oda!

1. Di masa kecilnya doyan main sepakbola!

Ini Biografi Singkat Eiichiro Oda yang Berulang Tahun ke-48twitter.com/BandaiNamcoUS

Eiichiro Oda lahir pada tanggal 1 Januari 1975 di Kumamoto City, Jepang. Cita-citanya sebagai komikus pun sudah ada sedari masa kecilnya, terpengaruh profesi ayahnya sebagai pelukis. Di masa SMP-nya, ia mulai keranjingan bermain sepakbola akibat komik Kapten Tsubasa!

Di masa SMP itu pula, Oda terinspirasi tentang dunia bajak laut dari tontonan Vicky the Viking. Ketika di akhir tahun belajarnya di SMA, barulah ia meninggalkan klub sepakbolanya dan memulai perjalanannya dalam fokus membuat manga!

2. Jadi asisten mangaka dan Wanted!

Ini Biografi Singkat Eiichiro Oda yang Berulang Tahun ke-48cbr.com

Saat duduk di SMA pula, ia mengerjakan manga berjudulWanted dengan nama Tsuki Himizu Kikondo. Komik tersebut memenangkan penghargaan Tezuka dari majalah penerbit Shueisha, Shonen Jump! Tankoubon Wanted sendiri rilis di tahun 1998 setelah ia memulai One Piece.

Lulus dari SMA, ia belajar di universitas Kyushu Tokai selama satu tahun dan drop out. Sekeluarnya ia dari universitas tersebut, ia bekerja sebagai asisten Shinobu Kaitani (Liar Game), Masaya Tokuhiro (Jungle King Tar-chan) dan Nobuhiro Watsuki (Rurouni Kenshin). 

3. Romance Dawn menuju One Piece

Ini Biografi Singkat Eiichiro Oda yang Berulang Tahun ke-48twitter.com/ToeiAnimation

Di tahun 1996, Oda menciptakan karya baru untuk Shueisha yang berjudul Romance Dawn yang menjadi populer dalam pembaca Shonen Jump. Dengan kepopuleran tersebut, iapun membuat One Piece, yang dirilis di tahun 1997 di majalah yang sama.

Kesuksesannya dengan One Piece pun dimulai dari volume pertama, yang berujung pada dicetaknya Wanted  dan di tahun 2000 sampai 2002, manga tersebut merupakan finalis hadiah utama Tezuka Award tiga kali berturut-turut!

Baca Juga: Ternyata Oda Kesal Kalau Ada Detail One Piece Muncul Duluan di Anime?

4. Inspirasi Eiichiro Oda

Ini Biografi Singkat Eiichiro Oda yang Berulang Tahun ke-48dok. Toei Animation/One Piece

Fakta Eiichiro Oda selanjutnya adalah ketika memiliki keinginan untuk menjadi mangaka, ternyata Oda terinspirasi dari hasil karya Akira Toriyama, yaitu Dragon Ball. Sedangkan ketertarikannya untuk memciptakan manga bertema bajak laut dipicu oleh serial TV animasi populer berjudul Vicky The Viking.

5. Keluarga Eiichiro Oda

Ini Biografi Singkat Eiichiro Oda yang Berulang Tahun ke-48Eustass Kid di One Piece. (Dok. Toei Animation/One Piece)

Ya, meskipun hampir seluruh hidupnya didedikasikan untuk One Piece. Namun, Oda juga tidak mengesampingkan keluarga. Pada tahun 2002, Oda bertemu gadis cantik bernama Chiaki Inaba, uniknya Chiaki Inaba merupakan seorang cosplayer Nami dalam acara Shonen Jump Fiesta.

Tahun 2004 mereka menikah, lalu kemudian tahun 2006 Oda dan Inaba dikaruniai seorang putri cantik. Mungkin, suatu saat putri Eiichiro Oda akan mengikuti jejak ayahnya sebagai mangaka hebat ya!

6. Gaya hidup Oda

Ini Biografi Singkat Eiichiro Oda yang Berulang Tahun ke-48Gin dan Sanji. (Dok. Toei Animation/One Piece)

  • Oda adalah seorang perokok, dan fans percaya jika hal tersebut dikarenakan tekanan tingkat tinggi sebagai seorang mangaka.
  • Oda lebih suka bekerja dengan sedikit asisten. Bahkan, dia bisa mengerjakan sebagian besar bab seorang diri.
  • Ia bangun jam 5 pagi dan bekerja sampai jam 2 pagi (21 jam). Artinya, Oda hanya punya waktu tidur selama 3 jam dalam sehari!

7. Sekarang

Ini Biografi Singkat Eiichiro Oda yang Berulang Tahun ke-48mangaplus.shueisha.co.jp

Pendapatan serial One Piece secara keseluruhan di saat ini sudah mencapai lebih dari US$21 miliar (287,8 triliun rupiah) dari manga, anime, adaptasi game sampai pernak-pernik spesial franchise tersebut!

Di bulan November 2004, ia menikahi aktris Chiaki Inaba yang pernah menjadi Nami di versi teater Jump Festa One Piece dan dikaruniai dua anak. Sebab yang paling sering muncul ketika ia mengambil waktu istirahat dalam mengerjakan komik tersebut adalah riset dan sakit, terlebih karena ia terkenal jarang tidur lama sepanjang hari.

Apa pendapatmu tentang biografi singkat Eiichiro Oda ini? Sampaikan opinimu melalui kolom komentar di bawah, ya! Jangan lupa juga cek episode 12 Geek Podcast, di mana kali ini kami membahas soal siapa pengkhianat aliansi Luffy. 

https://www.youtube.com/embed/AeBLoYdvW78

Baca Juga: Gameplay Trailer Captain Tsubasa PS4 Pamerkan Nankatsu vs Toho!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU