Perbedaan Cara Naruto dan Hiruzen Merawat Anak Asuh! Hiruzen Parah?

Naruto bisa dibilang gak mengulang kesalahan Hiruzen

Perbedaan Cara Naruto dan Hiruzen Merawat Anak Asuh! Hiruzen Parah?

Masih ingat meme-meme soal bagaimana kacaunya Hiruzen merawat Naruto Uzumaki? 

Di manga Boruto, Naruto gantian dapat peran sebagai orangtua asuh untuk anak yang tidak punya ayah dan ibu: Kawaki.

Ya, Kawaki sebenarnya masih punya ayah, tapi ayahnya dengan tega menjualnya, lalu Jigen selaku orangtua asuh pertama justru menganiayanya. Sekarang Naruto mengurus Kawaki.

Nah gimana bedanya cara Naruto dan Hiruzen merawat anak asuh? 

1. Cara Hiruzen merawat Naruto

Perbedaan Cara Naruto dan Hiruzen Merawat Anak Asuh! Hiruzen Parah?9gag.com

Hiruzen mencoba melindungi Naruto dengan melarang disebut-sebutnya Ekor Sembilan,  serta memberi Naruto nama keluarga Uzumaki untuk menyembunyikan hubungannya dari Minato Namikaze.

Meski begitu, seperti yang bisa kamu lihat sendiri di animenya dan bahkan di alur Boruto ke masa lalu, saat Naruto kecil dia hidup sendirian di kamar yang bisa dibilang kecil dan sederhana dengan uang terbatas. 

Hiruzen memberi uang saku, namun uang saku ini sepertinya begitu sedikit sampai Naruto kadang tidak punya uang hanya untuk makan ramen. Persediaan makanan Naruto Uzumaki kecil pun biasanya hanya berbagai variasi mi instan. 

Cara Hiruzen melindungi Naruto pun gak berguna banyak, karena banyak anak-anak yang tetap membenci Naruto, mengikuti kebencian orangtua mereka terhadap anak itu. 

Naruto Uzumaki pada akhirnya tetap tumbuh jadi anak baik, namun sikap berisik dan suka bikin onarnya bisa dibilang adalah penyebab dari kekurangan perhatian dan kasih sayang yang ia terima saat kecil. 

Baca Juga: 10 Meme Kocak Hiruzen di Naruto yang Dianggap Orang Tua Buruk!

2. Cara Naruto merawat Kawaki

Perbedaan Cara Naruto dan Hiruzen Merawat Anak Asuh! Hiruzen Parah?Keluarga Uzumaki melihat Kawaki pakai ikat kepala Boruto. mangaplus.shueisha.co.jp/Boruto: Naruto Next Generations.

Terus gimana Naruto merawat Kawaki?

Kawaki hidup di rumah keluarga Uzumaki, bersama Hinata, Naruto, dan Himawari. 

Jadi, Kawaki tidak hidup terpisah di kamar sederhana dan cuma dikasih uang saku bulanan saja.  

Naruto bahkan secara eksplisit menyebut Kawaki sebagai anaknya, dan dia benar-benar memperlakukan Kawaki dengan hangat.

Dari yang saya lihat, sepertinya Naruto sebagai Hokage tak bisa sepenuhnya menutupi gosip soal Kawaki. Ada banyak gosip soal Kawaki beredar, dan ada beberapa momen di mana Kawaki diawasi oleh warga Konoha dengan penuh curiga.

Ini mengingatkan pada Naruto, yang tetap memperoleh kebencian meski Hiruzen sudah berusaha menyembunyikan kenyataan soal dia. 

Kawaki bahkan sampai merasa seperti tidak pantas berada di Konoha di bab 60. 

Namun apa yang Naruto lakukan? Dia menyebut Kawaki sebagai putranya dan membawa anak itu pulang, ke keluarga yang menyambut Kawaki dengan hangat.

Bisa dibilang, Naruto memberikan Kawaki hal yang tidak dia miliki saat kecil dulu. Yaitu rumah yang diisi oleh keluarga hangat, dan kasih sayang ala orangtua. 

Oh, dan karena Hinata bisa memasak untuk Kawaki, makanan untuk Kawaki jelas lebih sehat dari Naruto yang dulu cuma makan mie instan. 

3. Tapi ada potensi masa depan yang tragis

Tapi yang unik itu begini.

Naruto Uzumaki dulu diasuh dengan buruk oleh Hiruzen, lalu dia berkembang jadi pahlawan Konoha dan Hokage ideal.

Kawaki sekarang diasuh dengan sangat baik oleh Naruto Uzumaki, dan dia... berpotensi jadi penghancur Konoha?

Ini memang belum pasti. Soalnya kejadian di episode 1 Boruto itu terasa ambigu sekali.

Namun di adegan itu, sepertinya era ninja telah berakhir, Konoha hancur lebur, dan Kawaki tampaknya adalah penyebabnya. Sementara Boruto Uzumaki adalah ninja terakhir yang bisa menghentikannya.

Tentu saja, kalaupun benar Kawaki yang menyebabkan kehancuran Konoha, bisa jadi penyebabnya bukan Naruto salah asuhan. Ada juga kemungkinan tubuhnya hanya dibajak oleh orang lain, seperti Otsutsuki atau Code.

Meski begitu, tetap saja unik bila benar Hiruzen memperlakukan Naruto dengan buruk tapi Naruto jadi pahlawan, sementara Kawaki yang dirawat baik malah jadi antagonis. 

Gimana menurut kamu perbedaan cara Naruto dan Hiruzen merawat anak asuh? Sampaikan di kolom komentar!

Baca Juga: 5 Fakta Mugino dari Boruto! Pernah Coba Membunuh Hiruzen Sarutobi?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU