Happy Birthday Naruto! Mengenang Tragedi Sedih di Hari Lahir Naruto

10 Oktober adalah hari lahir Naruto! Happy birthday Naruto!

Happy Birthday Naruto! Mengenang Tragedi Sedih di Hari Lahir Naruto

10 Oktober sudah ditetapkan sebagai hari lahir Naruto. Tentunya, hari kelahiran ini bukanlah hari yang tenang. Sejak dia baru lahir pun Naruto sudah terancam bahaya. 

Naruto Uzumaki terlahir dari pasangan Kushina Uzumaki dan Minato Namikaze. Minato saat itu adalah Hokage, pemimpin tertinggi Konoha. 

Kushina Uzumaki, ibu Naruto, adalah Jinchuriki, sosok yang memiliki Bijuu ekor sembilan di dalam tubuhnya. Bila seorang Jinchuriki melahirkan, maka segelnya akan melemah. Tobi mengincar hal itu. 

1. Informasi kelahiran Naruto bocor dari Kakashi

Kakashi Hatake secara tidak sengaja menyebabkan tragedi di hari lahir Naruto. Kakashi, di depan makam Rin Nohara, mengatakan kalau Kushina Uzumaki akan melahirkan sebentar lagi. Ia tidak sadar kalau Tobi mengupingnya. 

Informasi ini yang mendorong Tobi untuk menyerang Minato dan Kushina. 

2. Tobi menyerang Minato dan Kushina

Happy Birthday Naruto! Mengenang Tragedi Sedih di Hari Lahir Narutonaruto.fandom.com

Kelahiran Naruto Uzumaki seharusnya terjadi dengan tenang, di tempat yang tersembunyi. Namun Tobi bisa menemukan lokasi itu dan membantai Anbu pengawal pasangan Minato-Kushina dan juga bidan mereka. 

Baca Juga: Langsung Kembali! Urashiki Mencoba Menyerbu Konoha di Boruto 128 Nanti

3. Keluarnya Kurama

Happy Birthday Naruto! Mengenang Tragedi Sedih di Hari Lahir Narutonaruto.fandom.com

Tobi juga yang kemudian melepaskan Kurama dari tubuh Kushina Uzumaki. Lepas dari Kushina, Kurama mengamuk dan menghancurkan Konoha. Kurama sebenarnya terpengaruh oleh Sharingan dari Tobi, tapi tanpa itu pun Kurama rasanya tetap akan menghancurkan Konoha. Kebencian makhluk ini terhadap manusia masih dalam. 

Yang tragis adalah, keluarnya Bijuu dari tubuh Jinchuriki berpotensi membunuh sang Jinchuriki. Kushina bisa bertahan lebih lama dari biasanya, tapi pada akhirnya ibu Naruto pun meninggal dunia karena ini. 

4. Pengorbanan Minato dan Kushina

Happy Birthday Naruto! Mengenang Tragedi Sedih di Hari Lahir Narutonaruto.fandom.com

Pada akhirnya, serangan Tobi dari Akatsuki menyebabkan Naruto yatim piatu di hari kelahirannya. Minato bisa menyelamatkan Kushina, mengalahkan Tobi, dan membebaskan Kurama dari pengaruh Tobi. Tapi pada akhirnya satu-satunya solusi yang bisa dipikirkan oleh Minato untuk menangani Kurama adalah menyegel rubah ekor sembilan itu di Naruto. 

Minato kemudian juga mengorbankan jiwanya untuk membantu membagi Chakra sang rubah menjadi dua, agar ekor sembilan benar-benar bisa disegel ke dalam tubuh Naruto. Minato dan Kushina akhirnya mati karena luka yang mereka derita dalam melindungi anak mereka. 

5. Efek dari kejadian di hari lahir Naruto

Happy Birthday Naruto! Mengenang Tragedi Sedih di Hari Lahir Narutogrmdaily.com

Karena Kurama mengamuk dan menghancurkan Konoha, Naruto dibenci dan ditakuti oleh banyak penduduk desa. Soalnya Narutolah Jinchuriki Kurama terbaru setelah kematian Kushina. 

Orang tuanya mati di hari kelahirannya, Naruto kecil juga tumbuh tanpa orang tua. Ia bahkan tidak tahu kalau ayahnya adalah Minato Namikaze, sang Hokage Keempat. 

Tentu saja, seiring berjalannya cerita, Naruto tumbuh dan diakui sebagai pahlawan oleh penduduk Konoha dan bahkan dunia shinobi. Naruto bahkan kemudian membuat Obito Uchiha, alias Tobi, beralih menjadi baik di penghujung Perang Dunia Shinobi Keempat. Padahal Obito adalah yang menyebabkan tragedi panjang di awal hidup Naruto. 

Itulah pembahasan kejadian besar di hari lahir Naruto. Happy birthday, Naruto Uzumaki! Meski mungkin secara teknis umurnya masih belum bertambah di manga dan anime, karena alur waktu di sana jalannya beda dengan dunia nyata. 

Baca Juga: [Teori Boruto] Apakah Kashin Koji adalah Jiraiya dari Masa Lalu?

Artikel terkait

Latest