5 Hal dari Boruto Episode 136 yang Bikin Kecewa

Alurnya kerasa selesai gitu doang

5 Hal dari Boruto Episode 136 yang Bikin Kecewa

Boruto episode 136 menjadi penutup dari kisah Boruto ke masa lalu. Episode ini sebenarnya menutup kunjungan itu dengan bahagia, tapi masih ada beberapa hal yang bikin saya kecewa. Ini lima hal dari Boruto episode 136 yang bikin kecewa!

1. Urashiki beneran mati begitu saja

5 Hal dari Boruto Episode 136 yang Bikin Kecewacrunchyroll.com/Boruto Naruto Next Generations

Sebagai penjahat yang sudah terasa menyembunyikan sesuatu sejak alur Ujian Chunin, dan kemudian menghabiskan waktu lama menghilang hingga kesan misteriusnya kuat, saya benar-benar berharap peran Urashiki bukan sekedar untuk dihabisi di alur perjalanan ke masa lalu. 

Sayangnya, melihat dia bahkan tidak disebut-sebut di episode 136, tampaknya Urashiki memang sudah tewas begitu saja. 

2. Aturan Karma seperti diabaikan tanpa penjelasan

5 Hal dari Boruto Episode 136 yang Bikin Kecewacomicbook.com

Manga Boruto memberi petunjuk kalau membunuh seorang klan utama Otsutsuki akan memberikan segel Karma kepada sang pembunuh. 

Di satu sisi, segel ini memberikan kekuatan pada penggunanya. Di sisi lain, segel itu adalah penanda si pembunuh dijadikan wadah oleh Otsutsuki, dan si Otsutsuki bisa membajak tubuh itu. 

Boruto membunuh Momoshiki, jadi ia memperoleh segel Karma. Tapi setelah Boruto episode 136 berakhir pun tidak ada tanda-tanda membunuh Urashiki akan menyebabkan hal seperti itu. 

Yang saya suka dari konsep segel Karma adalah ini membuat Otsutsuki memang terasa dewa. Walaupun kamu sukses membunuh mereka, mereka tetap tidak mati dan malah bisa membajak tubuhmu. 

Kematian Urashiki yang begitu saja membuat dia tak terasa sebagai Otsutsuki sejati. 

Harapan saya sih ini berarti Urashiki sebenarnya masih hidup, karenanya ia tidak mewariskan Karma. Namun kalau benar begitu, seharusnya Urashiki terjebak di masa lalu dong?

Baca Juga: Pembahasan Manga Boruto 34: Petunjuk Baru Soal Segel Karma Boruto!

3. Pakai twist penghapusan memori lagi

5 Hal dari Boruto Episode 136 yang Bikin Kecewacrunchyroll.com/Boruto Naruto Next Generations

Pada akhirnya, Sasuke membuat semua yang pernah terlibat lama dengan Boruto dan dirinya kehilangan ingatan. Ini twist yang terlalu klasik untuk alur perjalanan lintas waktu, hingga pembaca duniaku.com saja sudah banyak yang menduganya sebelum terjadi. 

Sebenarnya, yang bikin saya kecewa nih: kalau memang memori Naruto dan Jiraiya akan dihapus, kenapa Sasuke dan Boruto harus berhati-hati segala? Kenapa mereka tidak sekalian lebih gila? Seperti mungkin Sasuke mengungkap sejak awal siapa dirinya ke Sakura, sebelum dia menghapus memori gadis itu lagi. 

Bahkan dalam bertarung pun Sasuke seperti sengaja menyembunyikan Sharingan dan Rinnegan-nya, meski chakra-nya sudah dipulihkan Sakura. Jika memang ia ujung-ujungnya menghapus memori mereka, kenapa tidak sekalian saja maksimal?

4. Tidak ada adegan post-credits

5 Hal dari Boruto Episode 136 yang Bikin Kecewacrunchyroll.com/Boruto Naruto Next Generations

Post-credits? Memangnya ini film Marvel? Percaya tidak percaya, kadang anime Boruto memang memasukkan adegan tambahan setelah credits. Salah satunya dari episode 66. 

Episode 66 ini mirip sebenarnya dengan episode 136. Keduanya adalah episode santai yang terjadi setelah pertempuran melawan Otsutsuki, yang dianimasikan dengan lebih mahal dari biasanya pula. 

Karenanya saya berharap kalau Boruto episode 136 akan punya adegan tambahan seperti itu juga. Mungkin untuk menggoda potensi kemunculan Isshiki Otsutsuki atau Kashin Koji, berhubung seri anime sejauh ini benar-benar terlalu lama mengulur waktu untuk mengadaptasi alur manga. 

Tapi Boruto episode 136 tidak memberikan hal seperti itu. 

5. Sama sekali tidak ada petunjuk alur masa depan juga

5 Hal dari Boruto Episode 136 yang Bikin Kecewacrunchyroll.com/Boruto Naruto Next Generations

Urashiki mengetahui banyak hal soal Boruto. Mulai dari status Boruto sebagai wadah hingga apa itu Jougan Boruto. Karenanya saya benar-benar berharap kalau kekalahan Urashiki minimal akan membuat kita memperoleh adegan yang menggoda sedikit soal topik seperti itu. 

Tapi tidak, Pierrot masih menyimpan topik ini dan entah kapan akan mengeluarkannya. 

Itulah lima hal dari Boruto episode 136 yang bikin kecewa. Setuju gak?

Terus gimana Boruto di tahun 2020 nanti? Akankah animenya penuh filler lagi? Kami menyorot prediksi Boruto di tahun 2020 di episode lima Geek Podcast. Cek video di bawah ini untuk mendengar diskusinya!

Baca Juga: [Teori Boruto] Mata Jougan Boruto Aktif Karena Dimensi Lain?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU