Begini Nih, Sibuknya Jadwal Kerja Masashi Kishimoto Selama Mengerjakan Naruto Dulu!

Tidur sehari cuma tiga jam, lho!

Begini Nih, Sibuknya Jadwal Kerja Masashi Kishimoto Selama Mengerjakan Naruto Dulu!

Naruto mungkin adalah salah satu judul manga paling sukses sepanjang sejarah. Akan tetapi, jangan dilupakan bahwa kesuksesan suatu manga tidaklah terjadi begitu saja secara instan. Ada kerja keras dan pengorbanan yang cukup besar di dalam pembuatan Naruto—termasuk waktu tidur! Hihi. Hal itu terlihat jelas pada jadwal kerja Masashi Kishimoto, sang kreator Naruto ini.

Jadwal kerja Masashi Kishimoto sendiri diperlihatkan dalam Naruto Secret: Scrolls of Soldiers (Naruto Hiden: Hyo no Sho), guidebook kedua yang dirilis untuk manga Naruto. Jadwal kerja Masashi Kishimoto ini memperlihatkan betapa banyaknya waktu yang Masashi Kishimoto sisihkan ketika masih mengerjakan Naruto dulu:

Pada hari Senin sampai Rabu ini, Masashi Kishimoto akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menggambar bab terbaru Naruto. Mulai dari jam 12 malam hingga jam 6 pagi dia habiskan untuk kerja, baru setelahnya dia tidur selama 3 jam sampai jam 9 pagi dan kemudian kerja lagi.

Jam 1 hingga jam 2 siang, Masashi Kishimoto akan istirahat untuk makan siang. Selanjutnya? Kembali bekerja sampai jam 11 malam! Disela-sela, jam 11 dan jam 12, sang kreator Naruto akan beristirahat dengan makan malam dan mandi.

Lantas, bagaimana dengan hari Kamis hingga Minggu? Lanjut ke halaman 2!

Berikut ini adalah jadwal Masashi Kishimoto selama hari Kamis hingga Minggu:

SeninMulai menggambar sketsa naskah berdasarkan name yang telah dibuat di akhir pekan
SelasaSekitar siang, menyelesaikan sketsa, dan ketika malam, memulai pekerjaan menggoreskan pen
RabuRabu adalah hari memasukkan naskah. Setelah selesai menggoreskan pen dan melakukan sentuhan akhir, naskah pun selesai

Weekend Masashi Kishimoto sedikit “lebih santai” karena waktunya banyak dihabiskan untuk menyusun cerita dari pada menggambar. Dibilang “santai” pun pekerjaannya cukup berat, dimulai dari jam 10 malam hingga jam 3 pagi dia akan bekerja. Lalu, tidur selama 6 jam demi menjaga kesehatan dari jam 3 hingga jam 9 pagi.

Dari jam 9 pagi hingga jam 1 siang, Kishimoto-sensei akan menggunakan waktunya untuk melakukan riset sebagai bahan cerita. Biasanya sih, dia melakukan riset dengan menonton video. Jam 1 siang hingga jam 3 digunakan untuk istirahat makan siang dan bersih-bersih. Setelahnya? Kembali bekerja! Jam 8 hingga jam 10 digunakan untuk makan malam dan mandi dan kembali kerja!!

Dan setelah hari Minggu selesai, kembali lagi rutinitas yang sama di hari senin! Tentunya jadwal kerja Masashi Kishimoto ini adalah jadwal standar ketika sedang mengerjakan manga—belum termasuk ketika dia harus mengurusi anime, movie, dan berbagai macam event lainnya yang berhubungan dengan Naruto.

Kalau kita melihat hasil jadinya dalam bentuk manga, nggak kebayang ‘kan kalau pembuatannya cukup berat? Tentunya, hampir semua mangaka lain juga memiliki jadwal kerja yang hampir mirip—bahkan Eiichiro Oda sang pengarang One Piece juga begitu. Bedanya, Naruto telah tamat dan One Piece masih lanjut. Hehe!

Tapi jangan lupa kalau Masashi Kishimoto sebentar lagi akan kembali dengan manga barunya. Jadi, jadwal kehidupan sehari-harinya bakalan seperti ini ketika manga barunya dirilis nanti.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU

KamisTanpa sempat bersantai, Kishimoto­-sensei rapat cerita selanjutnya dengan editor
JumatMembuat detail perkembangan cerita dan komposisi cara memperlihatkan gambar
SabtuMulai membuat name. Biasanya akan selesai dalam dua hari
MingguDigunakan untuk beristirahat: menonton film atau video dan bersih-bersih kamar