Comscore Tracker

Tahu Nggak, Berapa Harga Icha Icha Paradise dalam Dunia Naruto?

Harga aslinya cukup mahal, tetapi kalau diterbitkan di Indonesia, harga Icha Icha Paradise mungkin bakalan lebih murah! Hehehe!!

Icha Icha Paradise adalah sebuah novel fiksi karangan Jiraiya semasa di hidup dulu di dunia Naruto. Novel yang satu ini sangat laku keras (mungkin, hehe) dalam dunia Naruto dan bahkan sampai diadaptasi menjadi film live-action dalam salah satu episode anime Naruto, lho! Kira-kira, berapa sih harga Icha Icha Paradise ini per volume-nya?

Dalam buku Naruto Secret: Scrolls of Soldiers (Naruto Hiden: Hyo no Sho), guidebook kedua yang dirilis untuk manga Naruto, harga Icha Icha Paradise pun diperlihatkan. Harga buku karangan Jiraiya ini ternyata adalah 120 ryo per volumenya! Harga ini sendiri bisa dibilang sangat murah, mengingat ninja anak-anak yang berpangkat Genin saja bisa mendapatkan uang minimal sebesar 5000 ryo untuk misi ranking D.

Akan tetapi, karena Icha Icha Paradise disebut memiliki kisah yang cukup dewasa, tentunya anak-anak tidak disarankan untuk membacanya.

Mungkin kamu bertanya-tanya, berapa sih harga Icha Icha Paradise ini jika diterbitkan di dunia nyata—atau bahkan di Indonesia. Yah, jika kita menilik dalam guidebook yang sama, 1 ryo sama dengan 10 yen. Jadi, harga buku ini adalah 1.200 yen. Kalau dirupiahkan dengan kurs saat ini, harganya menjadi 155 ribu rupiah.

Tentunya, harga ini belum termasuk pajak bea cukai ketika masuk di Indonesia nanti, jadi mungkin bisa lebih mahal lagi—belum lagi kalau sampai ditahan sama petugasnya. Ups

Tetapi, kalau dipikir-pikir lagi, jika novel buatan Jiraiya ini diterbitkan di dunia nyata, harganya bisa menjadi lebih murah jika masuk ke Indonesia dalam bentuk terjemahan nanti. Pasalnya, harga manga asli di Jepang sendiri adalah sekitar 500 yen (65 ribu rupiah), sementara di Indonesia, harga per volumenya menjadi 20 ribu—dengan catatan penurunan kualitas: kertas yang lebih tipis dan cover tanpa jaketnya.

Jadi, ya, harganya bisa lebih murah di Indonesia. Itu kalau beneran diterbitkan di dunia nyata kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, lho! Haha!

Article Terkait

Latest Story

Anime & Manga

Anime & Manga

Anime & Manga

Anime & Manga

Anime & Manga

Anime & Manga

Anime & Manga

Anime & Manga

Anime & Manga

Anime & Manga