15 Rekomendasi Anime Sad Ending, Nguras Emosi Banget

Banjir air mata!

Menma di Anohana. (Dok. A1 Pictures/Anohana)

Industri hiburan Jepang, khususnya anime, saat ini semakin digandrungi oleh para penggemarnya. Hal itu tidak terlepas dari banyaknya anime baru yang rilis dengan memiliki alur cerita unik. 

Cerita-cerita yang dihadirkan lewat anime itu memiliki berbagai genre menarik, salah satunya adalah drama. Beberapa cerita dari genre itu pun tidak selalu memiliki cerita dengan akhir yang menggembirakan. Tidak jarang juga anime-anime itu ditampilkan untuk membuat para penontonnya merasakan haru dan sedih hingga animenya tamat.

Itulah yang dinamakan dengan sad ending, atau kisah dengan akhir yang menyedihkan. Walaupun begitu, anime dengan sad ending ini tidak membuat para penonton kehilangan minat untuk menyaksikan kisah melodrama nya. Sebagai gambaran, kami akan sajikan rekomendasi anime sad ending yang sangat menguras emosi. Simak, ya!

1. Shigatsu Wa Kimi no Uso

Cupilkan anime Your Lie in AprilAnime Your Lie in April (dok. Kodansha/your lie in april)

Jika berbicara tentang anime yang menguras emosi, Shigatsu Wa Kimi no Uso ada di urutan teratas. Anime yang dirilis pada tahun 2014 ini menyajikan kisah tragis dari seorang pianis pria jenius bernama Arima Kousei. Ia diceritakan bertemu dengan seorang gadis bernama Miyazono Kaori setelah meninggalnya sang ibu. Namun, ternyata Kaori yang mengubah hidupnya pun menyimpan rahasia besar dari Kousei.

2. Byousoku 5 Centimeter

5 Centimeters Per Second.jpgdok. Netflix

Rekomendasi anime sad ending selanjutnya ada Byousoku 5 Centimeter yang mengisahkan hubungan jarak jauh antara Takaki Toono dan Akari Shinohara. Dalam menjalani hubungan jarak jauh, keduanya mulai diterpa banyak masalah. Masalah-masalah yang datang itu pun membuat mereka menjalani kehidupan dengan setengah hati.

3. Plastic Memories

anime Plastic MemoriesCuplikan anime Plastic Memories (dok. Doga Kobo/ Plastic Memories)

Rekomendasi anime sad ending urutan ke-3 datang dari genre sci-fi yang berjudul Plastic Memories. Anime ini menceritakan tentang lelaki bernama Tsukasa yang mencintai robot android buatannya sendiri. Namun, robot android yang dinamai Isla itu hanya memiliki umur sekitar 81.820 jam atau 9 tahun 4 bulan.

4. Hal

anime HalPotret anime Hal (dok. Wit Studio/Hal)

Masih dari genre sci-fi, kali ini ada anime berjudul Hal yang mengisahkan keadaan seorang perempuan depresi karena ditinggal mati kekasihnya. Perempuan yang bernama Kurumi itu pun mengurung diri di kamar setiap harinya. Melihat hal itu, sang kakek mempekerjakan sebuah robot android dengan nama dan penampilan serupa seperti kekasih Kurumi untuk menghiburnya.

5. Clannad: After Story

clannaduzerfriendly.com

Selanjutnya ada anime berjudul Clannad: After Story yang merupakan sekuel dari anime Clannad. Kisah yang disajikan dalam sekuel ini cukup terkait dengan dunia nyata dan bisa dirasakan oleh semua orang. Clannad: After Story menceritakan bagaimana perjuangan untuk menjadi orang dewasa dengan berbagai macam latar belakang yang berbeda setiap karakternya.

6. Violet Evergarden

violet evergarden.jpgyoutube.com/Kyoto Animation

Rekomendasi anime sad ending berikutnya ada Violet Evergarden yang berfokus pada karakter bernama Violet. Karakter tersebut diceritakan sebagai Auto Memory Dolls yang sulit mengekspresikan emosinya. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, Violet berhasil menemukan cara untuk mengekspresikan emosinya.

7. Hotaru no Haka

Hotaru no Haka.jpgslantmagazine.com

Baca Juga: 10 Film Layar Lebar Anime Sedih yang Bikin Baper Total!

Kisah sedih selanjutnya datang dari anime yang bertemakan perang. Berjudul Hotaru no Haka, anime ini berpusat pada keadaan kakak beradik, Seita dan Setsuko yang kehilangan segalanya akibat Perang Dunia II. Di tengah-tengah peperangan antara Amerika dan Jepang, keduanya mencoba bertahan hidup tanpa kehadiran orang tua. 

8. Angel Beats

captionAngel Beats. (Dok. PA Works/Angel Beats)

Angel Beats berlatar di akhirat. Ceritanya menyorot Yuzuru Otonashi, sosok yang kehilangan ingatan soal hidupnya setelah meninggal. Otonashi berjumpa dengan Yuri, yang mengundangnya untuk gabung dengan Afterlife Battlefront. 

Kalau membicarakan anime yang bisa mengguncang hati, Angel Beats sering dibicarakan. Bila kamu menonton hingga akhir, kamu pun mungkin akan paham kenapa. 

9. Kimi no Suizou wo Tabetai

Anime romantis Kimi no Suizou wo TabetaiAnime romantis Kimi no Suizou wo Tabetai (dok. Studio Voln/ kimi no suizou wo tabetai)

Kimi no Suizou wo Tabetai menjadi anime sad ending urutan berikutnya. Animenya sendiri mengisahkan tentang Haruki Shiga yang menemukan sebuah buku diary milik Sakura Yamauchi. Tanpa diduga, Sakura menceritakan sebuah rahasia besarnya kepada Haruki yang tidak diketahui siapa pun. Sakura ternyata memiliki penyakit pankreas dan hanya memiliki sedikit waktu untuk hidup.

10. Tokyo Magnitude 8.0

anime Tokyo Magnitude 8.0Cuplikan anime Tokyo Magnitude 8.0 (dok. Fuji TV/Tokyo Magnitude 8.0)

Sesuai dengan judulnya, anime berjudul Tokyo Magnitude 8.0 ini mengisahkan tentang bencana alam gempa bumi. Anime ini berfokus pada Mirai Onozawa yang muak dengan keadaan keluarganya dan ingin semuanya hancur. Tanpa diduga, gempa berkekuatan 8.0 magnitudo tiba-tiba mengguncang Jepang, khususnya provinsi Kanto. Mirai dan adiknya Yuki pun bergegas mencari keluarga mereka.

11. Devilman Crybaby

devilman-crybaby.jpgScience SARU/Devilman Crybaby

Kalau kamu sudah tahu seperti apa ending Devilman orisinal, kamu mungkin sudah bisa menduga kalau akhir kisah ini tidak akan bahagia.

Tetap saja, bahkan orang yang tahu ending orisinal Devilman pun bisa merasa tertohok ketika Devilman Crybaby memasuki bagian akhirnya. 

12. Anohana: The Flower We Saw That Day

Menma di Anohana. (Dok. A1 Pictures/Anohana)Menma di Anohana. (Dok. A1 Pictures/Anohana)

Akhir anime Anohana, yang melibatkan adegan tertentu dengan Menma, adalah salah satu adegan yang cukup menohok dan bisa membuat emosi bergejolak. Gak heran, Anohana bisa dikatakan sebagai salah satu anime sad ending

13. Cowboy Bebop

edward cowboy bebopDok. Sunrise

Cowboy Bebop menceritakan tentang Spike Spiegel, Faye Valentine, Edward Wong Hau Pepelu Tivrusky IV, dan Jet Black yang merupakan sekelompok Bounty Hunter. Mereka sangat senang berburu burnonan.

Petualangan mereka sangat seru untuk disaksikan meskipun memiliki ending yang sangat menyedihkan. Dijamin meneteskan air mata!

14. Assassination Classroom

Assassination Classroom\Lerche/Assassination Classroom

Meski terdengar seperti anime full action, Assassination Classroom memiliki ending yang sangat menyedihkan. Anime ini menceritakan tentang seorang alien berwarna kuning yang ingi menghancurkan bumi.

Sang alien rela mengajar di sebuah kelas dan ia rela diserang kapan pun. Namun, sang murid sangat menyayangi alien tersebut. Kenyataan dalam anime ini terekam di bagian akhir dengan cukup menyedihkan.

15. Angel Beats!

Anime Angel Beats (IMDb.com/Angel Beats)Anime Angel Beats (IMDb.com/Angel Beats)

Angel Beats! akan membuatmu menangis tersedu-sedu. Yuzuru Otanashi memiliki tugas untuk melawan malaikat jahat agar bisa bertahan di sekolah tersebut. Namun, kenyataannya malaikat jahat tersebut berhasil membuat Otanashi jatuh cinta.

Nah, itu 12 anime sad ending. Gimana menurut kamu? Ada favoritmu yang gak masuk? Sampaikan di kolom komentar! 

Diterbitkan pertama 01 Oktober 2023, diterbitkan kembali 22 Juli 2024.

Baca Juga: Sobat Ambyar, Ini 15 Anime Sedih Untuk Kamu!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU