7 Fakta Shohoku Slam Dunk, Awalnya Bukan Tim Unggulan!

Tadinya pemain bintang Shohoku cuma Akagi 

7 Fakta Shohoku Slam Dunk, Awalnya Bukan Tim Unggulan!

Siapa yang tak tahu dengan serial basket legendaris yang satu ini. Slam Dunk mengisahkan karakter bernama Hanamichi Sakuragi yang bergabung dengan tim basket SMA Shohoku, yaitu sekolah yang berlokasi di Prefektur Kanagawa.

Sebagai tim basket yang paling disorot dalam serial Slam Dunk, Shohoku punya banyak fakta menarik yang harus kamu ketahui. Simak pembahasannya berikut, yuk!

1. Kapten tim basket Shohoku

7 Fakta Shohoku Slam Dunk, Awalnya Bukan Tim Unggulan!Takenori Akagi (dok. Toei Animation/ Slam Dunk)

Kapten tim basket Shohoku adalah Takenori Akagi. Dia merupakan siswa tahun ketiga di SMA Shohoku. Selain berperan sebagai kapten, Takenori juga mengisi posisi center untuk timnya.

Takenori digambarkan sebagai laki-laki berusia 18 tahun kelahiran 10 Mei. Tubuh setinggi 197 cm dengan bobot 90 kg membuatnya dijuluki "Gorila". Takenori juga merupakan sosok yang disiplin.

Baca Juga: 7 Fakta Slam Dunk, Serial Basket yang Gak Ada Matinya!

2. Pelatih Shohoku sebenarnya sosok ternama

7 Fakta Shohoku Slam Dunk, Awalnya Bukan Tim Unggulan!Anzai-sensei (dok. Toei Animation/ Slam Dunk)

Mitsuyoshi Anzai adalah pelatih tim basket Shohoku. Meski penampilannya terlihat kurang meyakinkan, Anzai-sensei termasuk salah satu pelatih basket terbaik di Jepang. Dulu, orang-orang menyebut Anzai dengan julukan "Iblis Berambut Putih". Sampai salah satu muridnya, yaitu Ryuji Yazawa tewas dalam sebuah kecelakaan.

Kini, Anzai dijuluki "Buddha Berambut Putih. Dia merupakan pelatih yang karismatik dan disiplin. Tak heran jika orang-orang begitu menghormati soosk Mitsuyoshi Anzai.

3. Punya dua orang manajer

7 Fakta Shohoku Slam Dunk, Awalnya Bukan Tim Unggulan!dok. Toei Animation/ Slam Dunk

Tim basket Shohoku punya dua manajer perempuan. Pertama, yaitu Ayako, siswi tahun kedua di SMA Shohoku. Sama halnya seperti pelatih Anzai dan Takenori selaku kapten, Ayako adalah orang yang disiplin.

Manajer kedua tim Shohoku adalah Haruko Akagi. Dari nama keluarganya, sudah dapat ditebak bahwa Haruko merupakan adik Takenori. Haruko adalah siswi tahun pertama di SMA Shohoku. Dia adalah sosok yang selalu ceria.

4. Daftar anggota tim basket Shohoku

7 Fakta Shohoku Slam Dunk, Awalnya Bukan Tim Unggulan!dok. Toei Animation/ Slam Dunk

Tim basket Shohoku diperkuat dengan kehadiran 12 anggota atau pemain, termasuk Takenori Akagi sendiri.

  1. Kiminobu Kogure, siswa tahun ketiga yang mengisi posisi shooting guard dan forward. Pemilik nomor punggung 5 ini adalah wakil kapten tim Shohoku.
  2. Yasaharu Yasuda, siswa tahun kedua yang mengisi posisi point guard dengan nomor punggung 6.
  3. Ryota Miyagi, siswa tahun kedua pemilik nomor punggung 7 yang berperan sebagai point guard.
  4. Tetsushi Shiozaki, siswa tahun kedua yang berperan sebagai shooting guard, menggunakan nomor punggung 8.
  5. Satoru Kakuta, siswa tahun kedua bernomor punggung 9, berperan sebagai power forward.
  6. Hanamichi Sakuragi, siswa tahun pertama pengisi posisi power forward yang menggunakan nomor punggung 10.
  7. Kaede Rukawa, siswa tahun pertama yang mengisi posisi small forward dan menggunakan nomor punggung 11.
  8. Kentaro Ishii, siswa tahun pertama bernomor punggung 12 yang mengisi posisi point guard.
  9. Satoro Sasoka, siswa tahun pertama di posisi shooting guard, menggunakan nomor punggung 13.
  10. Hisashi Mitsui, siswa tahun ketiga yang mengenakan nomor punggung 14 dan berperan sebagai shooting guard.
  11. Toki Kawata, siswa tahun pertama yang mengisi posisi point guard dengan nomor punggung 15.

5. Pernah dijuluki sebagai "tim satu orang"

7 Fakta Shohoku Slam Dunk, Awalnya Bukan Tim Unggulan!dok. Toei Animation/ Slam Dunk

Tahukah kamu, Shohoku sebenarnya bukanlah tim basket unggulan. Setelah dua tahun lamanya berdiri, tim ini dianggap tak berkembang sama sekali, bahkan hanya untuk tingkat prefektur sekalipun.

Tim basket Shohoku dulunya hanya diperkuat oleh kehadiran Takenori Akagi sebagai kapten. Inilah yang membuat mereka dijuluki "tim satu orang". Namun, keadaan mulai berubah berkat kegigihan seluruh anggota tim.

Kini, Shohoku adalah salah satu tim basket yang diwaspadai. Prestasi yang berhasil mereka raih, selain masuk posisi empat besar dalam Turnamen Interhight Kanagawa, tim basket Shohoku juga berhasil mengalahkan tim basket nomor satu, yakni SMA Sannoh.

6. Gaya permainan timnya adalah run and shoot

7 Fakta Shohoku Slam Dunk, Awalnya Bukan Tim Unggulan!dok. Toei Animation/ Slam Dunk

Tim basket Shohoku dikenal dengan style permainan mereka, yaitu run and shoot. Tak hanya itu, tim Shohoku juga terkenal sangat kuat dalam hal menyerang dan bertahan.

Masing-masing pemain dalam tim punya keunggulan yang memperkuat tim. Sang kapten, Takenori, merupakan pencetak poin utama dan pemain bertahan di bawah ring. Lalu, ada Kaede yang dikenal mampu mencetak poin dari area manapun.

Selain itu, tim ini juga diperkuat dengan kemampuan Ryota Miyagi sebagai seorang playmaker dengan kecepatan dribble yang luar biasa. Hanamichi Sakuragi juga punya peran penting meskipun dia merupakan newbie dalam basket, sebab dia punya kemampuan offensive rebound yang membuat tim Shohoku mudah mencetak poin.

7. Kekurangan tim basket Shohoku

7 Fakta Shohoku Slam Dunk, Awalnya Bukan Tim Unggulan!dok. Toei Animation/ Slam Dunk

Di balik kelebihan tim basket Shohoku, ada satu kekurangan yang mereka miliki dan lumayan berdampak selama pertandingan. Meskipun punya cukup orang yang menduduki bangku cadangan, tapi hanya Kiminobu Kogure yang dikatakan mampu untuk diturunkan.

Oleh karena itu, kekuatan tim Shohoku sangat bergantung pada pemain starter. Jika mereka kelelahan atau mendapat banyak pelanggaran yang membuat mereka tak dapat bermain dengan bebas, maka dapat dikatakan Shohoku berada dalam masalah besar.

Itulah beberapa fakta menarik Shohoku, tim basket unggulan dalam serial Slam Dunk yang harus kamu tahu. Kira-kira, kamu punya pandangan lain gak terhadap tim basket Shohoku yang satu ini?

Baca Juga: Pengisi Suara 5 Tokoh Utama Anime The First Slam Dunk Diumumkan!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU