10 Musisi K-Pop Yang Mengisi Soundtrack Anime

Turut promosikan grup K-pop di Jepang

10 Musisi K-Pop Yang Mengisi Soundtrack Anime

Di masanya, beberapa grup K-pop debut ke Jepang sebagai langkah pertama untuk go international. Ini karena Jepang merupakan salah satu kiblat musik dimana penjualan CD lagu masih ramai ditengah perekembangan streaming musik.

Selama beraktivitas di Jepang, musisi K-Pop juga turut terlibat dalam anime membawakan lagu opening dan ending. Berikut ini adalah 10 musisi K-pop yang tampil dalam anime.

1. 2PM (Ao no Exorcist)

Grup boyband top dari JYP Entertainment 2PM pernah satu kali merilis lagu untuk anime. Tak hanya menjadi lagu debut mereka di Jepang, "Take Off" juga dijadikan lagu ending anime Ao no Exorcist. Para karakter animenya pun turut berdansa mengikuti koreografi 2PM yang enerjik.

2. FTISLAND (Toriko, Ozma)

FTISLAND merupakan salah satu grup band populer dari industri K-Pop, namun nama mereka belakangan ikut tercoreng setelah salah satu anggotanya Choi Jonghoon terlibat dalam skandal Burning Sun. Di puncak popularitas mereka, FTISLAND membawakan lagu "Satisfaction" untuk anime Toriko.

Setelah Toriko, FTISLAND yang mengusung genre pop rock ini memainkan lagu "Neverland" untuk Ozma, anime karya maestro Leiji Matsumoto

3. CNBLUE (Supernatural)

CNBLUE bisa dibilang "adiknya" FTISLAND karena berasal dari agensi yang sama, FNC, serta merupakan band pop rock. Anehnya pula, CNBLUE juga ikut dikait-kaitkan dalam skandal Burning Sun setelah mantan vokalisnya Lee Jonghyun dipastikan punya andil dalam skandal terbesar di industri K-pop itu. CNBLUE mengisi lagu tema anime Supernatural yang diadaptasi dari serial TV barat berjudul sama.

4. MBLAQ (Beelzebub)

MBLAQ merupakan salah satu grup boyband K-pop besar pada masanya. Mereka pun turut datang ke Jepang untuk debut. Single Jepang kedua mereka, "Baby U!", digunakan sebagai lagu opening anime Beelzebub.

5. Apink (Rilu Rilu Fairilu)

Apink telah menikmati beberapa tahun debut di Jepang. Untuk single kelima mereka "Brand New Days", mereka dipilih untuk mengiringi anime dari franchise Sanrio, Rilu Rilu Fairilu.

Baca Juga: Mengejutkan! Film Korea Parasite Dapatkan Adaptasi Serial TV!

6. Boyfriend (Detektif Conan)

Grup Boyfriend juga menjadi salah satu boyband K-pop yang ikut debut di Jepang. Single Jepang ketiga mereka, "Hitomi no Melody", menjadi lagu ending ke-44 dari anime Detektif Conan.

7. Younha (Bleach, Jyu Oh Sei, Rideback, Kiba)

Berbeda dengan kebanyakan artis K-pop lainnya, Younha justru memulai debutnya di Jepang. Makanya ia punya cukup banyak lagu yang dijadikan theme song anime. Cek saja lagu "Houkiboshi" yang dijadikan soundtrack anime Bleach.

Singer-songwriter yang dijuluki Oricon Comet ini juga membuat lagu theme song untuk anime lain seperti Rideback dan Kiba. Cek juga lagu "Te wo Tsunaide" untuk anime Jyu Oh Sei ini.

8. Stray Kids (Tower of God)

Grup K-pop generasi baru Stray Kids menjadi salah satu yang pertama di angkatan mereka untuk mengisi soundtrack anime. Tak tanggung-tanggung, mereka diborong oleh anime Tower of God!

Stray Kids mengisi lagu opening dan ending dari anime adaptasi webtoon tersebut. "TOP" dipilih sebagai lagu opening, sementara "SLUMP" dijadikan lagu ending.

9. TVXQ (One Piece)

Salah satu grup K-pop veteran TVXQ merilis single yang didapuk sebagai "One Piece Single." Sebabnya, grup yang saat itu beranggotakan Yunho, Changmin, Jaejoong, Yoochun, dan Junsu itu sukses merilis single yang seluruh isinya dijadikan theme song One Piece.

Pertama ada cover dari lagu "We Are"-nya Hiroshi Kitadani yang muncul di episode 373-394, lalu lagu "Share the World" menggantikan posisi lagu "We Are" sebagai opening One Piece. Sementara itu, lagu "Asu wa Kuru Kara" dijadikan lagu ending season 8-9. Single ini berhasil mendapatkan sertifikasi Platinum.

10 BoA (Inuyasha, Fairy Tail)

Ratu K-pop BoA juga memulai debutnya di Jepang dan mengukirkan namanya lewat lagu "Every Heart" yang jadi theme song Inuyasha. Berbicara soal Inuyasha, rekan label BoA dan anggota SNSD Sooyoung juga membawakan lagu opening Inuyasha "I Am" versi Korea.

Tak hanya Inuyasha, BoA juga mengisi lagu opening dari anime Fairy Tail terbaru, yaitu "Masayume Chasing."

Itu dia beberapa musisi K-pop yang muncul dalam anime. Adakah musisi favoritmu di sini?

Baca Juga: Mobile Game Inuyasha akan Hadir di Jepang Awal 2020!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU