12 Fakta Gojo Satoru Jujutsu Kaisen, Kalah oleh Sukuna?

Dia sempat dikenal sebagai penyihir terkuat

caption

Siapa Gojo Satoru? Ia merupakan salah satu penyihir terkuat dari klan Gojo Satoru di Jujutsu Kaisen.

Dia sendiri merupakan salah satu karakter yang kepopulerannya sendiri bahkan mampu melampaui karakter utamanya sendiri. Hal itu sendiri dikarenakan karena penampilan karakternya sendiri diperlihatkan begitu keren dan sempurna.

Ingin tahu fakta menarik tentang penyihir satu ini? Simak pembahasannya berikut ini!

Baca Juga: Pembahasan Jujutsu Kaisen 236: Akhir Riwayat Gojo Satoru?

1. Kelahiran Gojo Satoru mengguncang keseimbangan Dunia Jujutsu

Gojo Satoru factDok. Shueisha Inc

Gojo Satoru lahir pada tanggal 7 Desember 1989. Masalahnya setelah ia lahir, keseimbangan di Dunia Jujutsu mulai terguncang.

Ia bahkan sudah mendapat cap buronan dan menjadi target pembunuh bayaran sejak kecil. Alasannya sendiri adalah keberadaannya mempengaruhi kekuatan para kutukan sehingga menyulitkan para penyihir yang biasanya hidup dari memburu para makhluk tersebut.

Hal itu sendiri bisa menunjukkan seberapa besarnya pengaruh Satoru terhadap Dunia Jujutsu.

2. Sumber stressnya adalah para petinggi

Gojo Satoru fact 2Dok. Studio Mappa

Meski dikenal terkenal sangat santai dan jarang serius bahkan dalam pertarungan, Gojo Satoru diketahui punya sumber stressnya sendiri.

Ia sendiri sangat membenci para petinggi jujutsu yang masih menggunakan aturan kolotnya. Namun, Gojo Satoru pun sadar bahwa membunuh mereka pun hanya akan menambah kesulitan di masa depan.

Oleh karena itu, dia pun memilih cara pendidikan demi menciptakan generasi penerus yang bisa meneruskan visi dan misinya.

3. Pernah memungut tiga anak berpotensial sebagai murid

Gojo Satoru fact 1Dok. Studio Mappa

Demi mewujudkan mimpinya, tercatat Satoru telah memungut tiga anak yang memiliki potensi sihir jujutsu.

Yang pertama adalah Okkutsu Yuta yang diklaim memiliki kuantitas energi yang melebihi Satoru. Berkat bimbingannya, Yuta berhasil mengendalikan energi kutukannya dan melepaskan jiwa Rika yang menghantuinya.

Lalu ada Megumi yang langsung dibawa Satoru ke dalam asuhannya atas wasiat Toji sehingga klan Zenin tak bisa seenaknya mengambil anak tersebut. Dan yang terbaru tentu saja, Yuji yang sempat menjadi wadah Sukuna yang paling potensial.

4. Gojo Satoru pemilik Sixth Eyes dan Limitless yang langka

Gojo Satoru fact 3Dok. Studio Mappa

Ada satu hal yang membuat Gojo Satoru begitu istimewa: Six Eyes.

Saking langkanya, Six Eyes sendiri hanya muncul sekali dalam beberapa generasi. Fungsinya sendiri benar-benar seperti cheat, di mana mata ini mampu membuat Gojo tak perlu mengeluarkan energi kutukan untuk teknik tingkat tinggi seperti Limitless.

Selain itu, Six Eyes juga mampu meningkatkan persepsinya secara maksimal. Ia  mampu melihat aliran energi kutukan seseorang.

Selain itu, Gojo Satoru juga diberkahi teknik Limitless yang membuatnya bisa memanipulasi ruang sehingga ia bisa menahan hampir semua serangan dan mengeluarkan beragam serangan destruktif.

5. Hampir semua kutukan tak sanggup melawannya

captionSukuna dan Gojo Satoru. (Dok. Studio Mappa/Jujutsu Kaisen)

Buat kalian yang sudah membaca arc Shibuya pasti sudah melihat seberapa ngerinya Gojo Satoru saat bertarung.

Sebelumnya, dia sempat mempercundangi Jogo dan berhasil memotong kepalanya. Selain itu, dia juga pernah membuat Hanami nyaris tewas dengan Hollow Purple.

Puncaknya, Gojo Satoru berhasil mengalahkan keduanya meski berhasil dijebak dalam segel Kenjaku.

Ia baru benar-benar dibuat kerepotan saat melawan Sukuna yang kini memakai tubuh Megumi.

6. Nyaris tewas di tangan Toji Fushiguro

Toji mengalahkan Gojo dengan menusuk kepalanya -  Jujutsu Kaisen S2Toji mengalahkan Gojo dengan menusuk kepalanya ( Dok. Mappa / Jujutsu Kaisen S2 )

Meskipun tak pernah bisa dikalahkan oleh kutukan manapun, nyatanya Gojo Satoru juga pernah hampir mati di tangan manusia non pengguna kutukan.

Hal itu dikarenakan Toji sendiri tak bisa dideteksi karena ketiadaan energi kutukannya. Tak heran jika serangan kejutannya berhasil menikam leher Gojo Satoru. Apalagi senjata yang digunakan adalah Inverted Spear of Heaven sehingga teknik kutukan pun tak bisa menahannya.

Untungnya, Gojo Satoru berhasil menguasai teknik kutukan pembalik tepat waktu sehingga ia mampu membalikkan keadaan.

7. Sangat suka jajanan manis

Jajanan favorit Gojo - Jujutsu KaisenJajanan favorit Gojo ( Dok. Mappa / Jujutsu Kaisen )

Awal kesukaan Gojo Satoru pada makanan manis sendiri berawal dari kebiasaannya mengkonsumsi jajanan tersebut untuk menstimulasi otaknya.

Salah satu jajanan favoritnya adalah Kikufuku, jajanan mochi yang sempat muncul di episode pertama Jujutsu Kaisen pada saat Gojo Satoru menitipkan oleh-oleh tersebut ke Megumi sebelum melawan Sukuna.

8. Penggemar Digimon

Gojo menganalogikan evolusi Tengen dengan Skull Greymon - Jujutsu Kaisen S2Gojo menganalogikan evolusi Tengen dengan Skull Greymon ( Dok. Mappa / Jujutsu Kaisen S2 )

Meski terlihat seperti pria dewasa, Gojo Satoru diketahui sangat suka dengan Digimon.

Hal itu terungkap pada saat momen briefing misi pengawalan Riko. Di situ, Geto menjelaskan ulang bahaya yang terjadi jika evolusi Tengen tak segera di-reset ulang.

Kemudian, Gojo Satoru pun menganalogikan evolusi tersebut dengan evolusi Metal Greymon dan Skull Greymon sehingga mereka perlu membuat Tengen kembali ke wujud Koromon yang merupakan bentuk awal dari Agumon.

9. Gojo Satoru merupakan salah satu pengguna Black Flash

Black Flash Gojo menyerang Sukuna - Jujutsu KaisenBlack Flash Gojo menyerang Sukuna ( Dok. Shueisha / Jujutsu Kaisen )

Sebagai penyihir manusia terkuat, Gojo Satoru sendiri juga diketahui menguasai teknik Black Flash.

Ia bahkan beberapa kali mengeluarkannya saat ia menghajar Sukuna dan juga Mahoraga.

Selain untuk menghajar musuh, Gojo Satoru juga mampu memanfaatkan Black Flash untuk memperbaiki output teknik kutukan pembaliknya sehingga ia bisa menghancurkan Mahoraga dengan Hollow Purple.

10. Sempat tersegel pada insiden Shibuya namun bebas pada bab 221

Jujutsu Kaisen Season 2Gojo berhasil disegel (dok. MAPPA/ Jujutsu Kaisen)

Menurut Kenjaku, satu-satunya cara untuk mengalahkan Satoru adalah menyegelnya. Karena jika Satoru terbunuh maka akan ada generasi selanjutnya akan lahir membawa Six Eyes.

Ia sendiri terjebak dalam segel kutukan yang disebut Prison Realms. Alasannya sendiri karena perhatian Satoru teralihkan oleh penampakan wajah Geto yang digunakan Kenjaku sehingga ia sempat diam membatu sampai artefak tersebut berhasil menjeratnya.

Untungnya, Yuji dan kawan-kawannya berhasil mendapat bantuan dari Hana Kurusu yang memiliki teknik anti-kutukan yang bisa menghancurkan Prison Realms. Berkat itu, Gojo Satoru pun berhasil keluar dari kurungannya tersebut.

11. Kalah dalam pertarungan melawan Sukuna

Gojo meregang nyawa - Jujutsu KaisenGojo meregang nyawa ( Dok. Shueisha / Jujutsu Kaisen )

Meski sempat menghirup udara bebas, namun Gojo Satoru tak bisa menikmatinya dalam waktu lama.

Ia diketahui sempat bertarung melawan sang raja kutukan, Sukuna yang kini memakai tubuh Megumi. Keduanya sendiri sempat bertarung sengit hingga hampir seisi kota tempat mereka bertarung luluh lantak.

Akan tetapi, Gojo Satoru harus menerima kekalahannya setelah tubuh terpotong menjadi dua oleh tebasan dimensi Sukuna.

12. Siapa pengisi suara Gojo Satoru?

Gojo SatoruDok. Studio Mappa

Karakter Gojo Satoru sendiri disuarakan oleh Yuichi Nakamura.

Yuichi sendiri telah mengisi berbagai karakter pria anime populer seperti Buddha dari Record of Ragnarok, Shimazu Toyohisa dari Drifters, Tatsuya Shiba dari Mahouka Koukou no Rettousei, Makoto Takiya dari Kobayashi-san Chi no Maid Dragon, dan Tsukasa Shishiou dari Dr. Stone.

Itulah daftar fakta menarik dari Gojo Satoru.

Bagaimana pendapat kalian?

Pertama diterbitkan 12 Juli 2021, diterbitkan kembali 25 September 2023 dengan 7 fakta tambahan. Diterbitkan kembali 09 Juli 2024. 

Baca Juga: 11 Meme Kematian Gojo Satoru Jujutsu Kaisen yang Kocak!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU