Kamu Masih Bisa Gunakan Windows 7 Meski Sudah "Dimatikan" Microsoft

Microsoft hanya menyetop update untuk Windows 7

Kamu Masih Bisa Gunakan Windows 7 Meski Sudah "Dimatikan" Microsoft

Hari ini tanggal 14 Januari 2020, Microsoft akan menyudahi dukungannya terhadap sistem operasi Windows 7. Sebagai salah satu sistem operasi terpopuler di dunia yang digunakan oleh sepertiga pengguna komputer seluruh dunia, Windows 7 menyajikan kelengkapan fitur terbaru dalam Windows, namun ringan digunakan layaknya Windows XP.

Dengan berakhirnya dukungan untuk Windows 7, banyak orang yang merasa takut bahwa komputer dan aplikasi mereka tidak bisa digunakan lagi. Untuk beberapa alasan, mereka merasa enggan untuk beralih ke Windows 10. Namun sebenarnya, berakhirnya dukungan Windows 7 ini tidak akan berdampak besar pada komputer kamu loh.

1. Tidak akan ada update baru untuk Windows 7

Kamu Masih Bisa Gunakan Windows 7 Meski Sudah Dimatikan Microsoftgeekbeat.tv

Dikutip dari situs Microsoft, mereka menyebutkan bahwa dukungan untuk Windows 7 berlangsung selama 10 tahun dimulai dari 22 Oktober 2009. Selama 10 tahun itulah, pengguna Windows 7 mendapatkan berbagai macam update keamanan serta update sistem yang menjadikan Windows 7 semakin tokcer dijalankan.

Saat waktu 10 tahun ini habis, Microsoft akan menyetop dukungan ini. Alasannya karena tim Microsoft akan fokus mengembangkan teknologi dan sistem yang lebih canggih untuk versi Windows terbaru. Artinya, tidak akan ada lagi update keamanan dan update sistem yang dirilis secara rutin untuk Windows 7. Resikonya, komputer lebih mudah terkena virus dan malware. 

Baca Juga: Benarkah Windows Mode Xbox Series X Bisa Mainkan Game Steam dan EGS?

2. Windows 7 masih bisa digunakan

Apa artinya bagi kamu yang masih ingin menggunakan Windows 7? Gak ada apa-apa sih. Kamu masih bisa menggunakan Windows 7 untuk kerja, browsing, atau main game seperti biasanya.

Hanya saja, komputer kamu tidak bisa di-update lagi karena dukungannya sudah disetop oleh Microsoft. Jika kamu takut terkena virus atau malware, kamu bisa mengantisipasinya dengan lebih berhati-hati saat browsing internet dan tidak mengklik link yang mencurigakan. Selain itu, menggunakan aplikasi antivirus sangat membantu melindungi komputer kamu dari bahaya yang tidak terduga.

3. Kenapa ada aplikasi yang tidak bisa digunakan lagi?

Kamu Masih Bisa Gunakan Windows 7 Meski Sudah Dimatikan Microsoftsupport.google.com

Oke, jadi Windows 7 masih bisa digunakan di atas tanggal 14 Januari 2020. Tapi kenapa ada aplikasi yang tidak bisa dibuka atau diinstall?

Jawabannya sama seperti alasan kenapa Microsoft menghentikan dukungan terhdap Windows 7. Aplikasi tersebut sudah tidak bisa dijalankan di Windows 7 karena developer-nya memutuskan untuk mengembangkan aplikasi versi terbarunya untuk Windows versi terbaru. Jika sudah begini, kamu harus mencari aplikasi serupa yang masih bisa berjalan di Windows 7.

Ambil contoh Google Chrome, aplikasi web browser terpopuler saat ini. Google masih akan meng-update Google Chrome untuk Windows 7 hingga setidaknya bulan Juli 2021. Jadi begitu tanggal tersebut tiba, kamu sudah harus menyiapkan aplikasi penggantinya atau tetap menggunakan Google Chrome yang tidak ter-update.

Dukungan untuk Windows 7 memang sudah berakhir, namun beberapa penggunanya masih akan tinggal sejenak sebelum update ke Windows 10. Bagaimana, masih nyamankah kamu menggunakan Windows 7, ataukah kamu berencana untuk upgrade ke Windows 8 atau 10?

Baca Juga: Mengapa Game Solitaire Selalu Ada di Windows?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU