Fitur Subtitle Community Captions di YouTube Akan Hilang! Kenapa?

Menurut YouTube, fitur ini sering disalah gunakan

Fitur Subtitle Community Captions di YouTube Akan Hilang! Kenapa?

Tahukah kamu, bahwa subtitle yang kamu baca di beberapa video YouTube bisa jadi tidak di-upload oleh pemilik video tersebut? Lewat fitur Community Captions, penonton bisa saling membantu dengan meng-upload subtitle ciptaan mereka sendiri dalam berbagai macam bahasa.

Meski demikian, fitur yang sangat praktis ini ternyata akan segera dihilangkan oleh YouTube! Apa alasan mereka menghilangkan Community Captions?

1. Community Captions, subtitle ciptaan fan

Community Captions tersedia di beberapa channel yang mengkatifkan fitur tersebut. Fitur ini memungkinkan fan untuk meng-upload subtitle buatan mereka sendiri dalam bahasa yang diinginkan. Contohnya, jika sebuah video sudah memiliki subtitle bahasa Inggris, fan bisa meng-upload subtitle dalam bahasa Indonesia misalnya.

Walaupun memiliki tujuan yang sangat baik, ternyata fitur Community Captions juga sering kali disalah gunakan. Beberapa subtitle yang di-upload memiliki kualitas buruk seperti terjemahan yang kurang akurat hingga menambahkan meme dan credit yang tidak diperlukan. Beberapa Youtuber besar seperti PewDiePie dan Jacksepticeye merupakan salah satu korban dari Community Captions berkualitas buruk ini.

Baca Juga: Lawan YouTube dan Twitch, Facebook Luncurkan App Facebook Gaming

2. YouTube akan menghapus fitur di bulan September

Pada tanggal 31 Juli ini, YouTube mengumumkan bahwa mereka akan menghapus fitur Community Captions. Subtitle buatan fan masih bisa di-upload hingga tanggal 28 September 2020.

Selain rawan disalah gunakan, YouTube juga menyebutkan bahwa fitur Community Captions ini terlalu sedikit peminatnya, hanya 0,001% channel saja yang menggunakannya. Bahkan, video dengan Community Captions hanya berkontribusi 0.02% dari statistik total watch time YouTube. Sebagai gantinya, YouTube akan semakin mempercanggih fitur transcribe yang bisa menerjemahkan suara dialog menjadi teks subtitle.

3. Channel-channel yang terdampak

Meskipun digunakan oleh user base yang sedikit, hilangnya Community Captions jelas memiliki dampak besar pada channel YouTube. Beberapa channel komunitas yang berdedikasi menerjemahkan konten berbahasa asing kini harus mencari cara agar kontribusi subtitle dari fan bisa terus berjalan. Ada juga petisi Change.org yang dibuat untuk mencegah penghapusan Community Captions.

Lewat halaman Facebook resminya, agensi virtual Youtuber hololive juga menyayangkan keputusan YouTube tersebut. Mereka mengandalkan kontribusi fan untuk menambahkan subtitle pada seri anime pendek Holo no Graffiti yang tayang di channel resmi mereka. "(Kami) akan berdiskusi dengan manajemen untuk mencari cara agar kami bisa menerima kontribusi subtitle fan secara langsung untuk di-upload secara resmi," tulis hololive dalam pernyataan mereka.

Apakah kamu pernah menggunakan fitur Community Captions di YouTube? Bagaimana tanggapanmu terhadap penghapusan fitur tersebut?

Baca Juga: Bingung Nonton Siapa? Ini 10 Rekomendasi Vtuber Hololive Buat Kamu!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU