Terjebak dan Listrik Mati? 5 Cara Hemat Baterai HP Bila Kebanjiran 

Saat terjebak banjir, setiap persen baterai kamu penting

Terjebak dan Listrik Mati? 5 Cara Hemat Baterai HP Bila Kebanjiran 

Banjir bisa menghambat aktivitas. Yang jadi masalah? Biasanya banjir tinggi akan disertai dengan pemadaman listrik juga, jadi setiap persen baterai ponselmu bisa vital. Lantas bagaimana kalian menghemat baterai saat banjir melanda? Berikut ini tip menghemat baterai ponsel kalian saat kebanjiran.

1. Matikan atau tutup aplikasi yang tidak terlalu penting

Di saat genting seperti ini, tentu kita harus menghemat baterai ponsel kita dengan cara menggunakan aplikasi yang diperlukan saja, seperti WhatsApp untuk berkomunikasi, Instagram, Twitter, atau platform yang memberikan informasi lainnya, untuk mendapatkan informasi mengenai banjir. Kalau seperti game atau lagu dan lainnya, lebih baik kalian tutup terlebih dahulu untuk menyelamatkan baterai ponsel kalian.

Baca Juga: Bersama BLACKPINK, Samsung Hadirkan Galaxy A51 dan A71 di Indonesia!

2. Cara berikutnya masuk ke setting, lalu lakukan Sleep Apps

Meskipun kalian sudah mematikan aplikasi yang tidak digunakan, tentu ada beberapa aplikasi, yang secara otomatis berjalan di belakang sistem meskipun sudah kalian matikan, karena adanya keperluan untuk memberi notifikasi dan lainnya. Hal ini yang menyebabkan baterai ponsel kalian berkurang sedikit demi sedikit.

Maka dari itu kalian disarankan untuk mencoba mematikannya, melalui setting, kemudian masuk ke Device Maintenance lalu Battery. Dari sinilah akan tampak mana saja aplikasi yang terus memakan baterai ponsel Anda meskipun kalian sudah matikan. Kemudian tekan tombol Sleep Apps atau Save Power. Perintah Put Apps to Sleep’ ini dapat membantu baterai ponsel anda bertahan lebih lama.

3. Pindahkan ke mode hemat daya / Power Saving Mode

Salah satu tip terpenting untuk menghemat baterai kalian saat terkena banjir adalah, segera pindahkan ke mode hemat daya atau Power Saving Mode. Terdapat beberapa pilihan untuk menghemat baterai yaitu optimized, medium, bahkan ada yang maksimum, pilihlah sesuai kebutuhan kalian. Hal ini membantu kalian untuk memastikan umur baterai ponsel kalian panjang dan sangat berguna jika kalian dalam kondisi yang tidak memungkinkan mengisi ukang baterai ponsel kalian.

4. Bawalah terminal kabel

Jika memang kalian kebanjiran dan juga harus mengungsi, segera bawalah kabel terminal. Kabel terminal memiliki 3-4 stop kontak atau bahkan lebih. Kemudian kabel terminal memiliki jenis yang berbeda baik itu kabel gulung atau hanya yang pendek memanjang. 

Saat mengungsi tentu pilihan untuk mengisi daya pasti terbatas. Untungnya membawa terminal adalah, banyak stop kontak yang bisa digunakan sekaligus untuk mengisi ulang baterai ponsel bersama-sama. Misalnya untuk keluarga, atau teman kalian.

5. Salah satu yang terpenting adalah segera isi penuh Powerbank kalian

Terjebak dan Listrik Mati? 5 Cara Hemat Baterai HP Bila Kebanjiran pixabay.com/michaljamro

Sebelum melakukan semua yang diatas, alangkah baiknya kalian mengisi powerbank anda hingga penuh, khususnya untuk kalian yang listriknya belum dimatikan PLN. Hal ini bisa menjadi antisipasi kalian jka listrik mati atau harus mengungsi karena banjir. Belum lagi jika baterai ponsel kalian sudah mulai kritis, tentu akan memerlukan powerbank disaat seperti ini.

Adakah tip lain yang bisa kamu pikirkan? Sampaikan di kolom komentar?

Artikel ini ditulis oleh Alvido Febrianto. 

Baca Juga: Klasik! Samsung Siapkan Smartphone dengan Baterai yang Bisa Dilepas

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU