Tip Pasang WiFi di Rumah Selama WFH yang Wajib Kamu Ketahui!

Kamu wajib tahu! 

Tip Pasang WiFi di Rumah Selama WFH yang Wajib Kamu Ketahui!

Di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) saat ini, tentu kebosanan akan melanda, terutama jika jaringan internet dari provider tidak sebaik harapanmu. Memasang layanan WiFi pun pasti terlintas di kepala, dan inilah tips pasang WiFi di rumah berdasarkan pengalaman pribadi penulis.

Tip ini bukan dari segi teknis, namun dari segi pengguna yang tak ingin menghabiskan waktu di rumah hanya dengan menghitung jumlah kotak pada langit-langit. Kamu pun tidak boleh asal, karena nantinya bukannya layanan baik yang kamu terima, tapi malah emosi yang menumpuk di kepala.

Berikut tipnya!

1. Cari tahu beragam provider yang ada

Tip pasang WiFi di rumah yang pertama adalah mencari tahu layanan apa saja yang tersedia di daerah kamu tinggal. Ini adalah hal mudah yang bisa kamu lakukan hanya dengan duduk dari rumah, karena cukup dengan mencari tahunya via Google.

Saat penulis hendak memasang WiFi yang baru, penulis coba menelusurinya terlebih dahulu di internet. Jika terdapat lebih dari dua pilihan di daerahmu, maka langkah selanjutnya adalah menelusuri review dari pengguna lain.

Kamu tak perlu bingung mencari review dari pengguna lain, dalam setiap web forum tentu ada saja halaman yang membahas kualitas layanan WiFi rumahan. Ini bisa menjadi salah satu acuan kamu dalam memilih layanan yang kamu rasa tepat.

Baca Juga: Pertama dengan Teknologi 7nm, Laptop Gaming MSI Alpha 15 Resmi Hadir!

2. Jangan pilih paket layanan yang terlalu murah!

Jika kamu telah menjatuhkan hati pada sebuah layanan WiFi, maka langkah selanjutnya adalah dengan memilih paket yang tersedia.

Tip pasang Wifi di rumah selanjutnya dari kami adalah dengan tidak memilih paket yang paling murah.

Mengapa demikian? Berdasarkan pengalaman penulis pada sebuah paket paling murah dari brand yang terkenal, harganya sekitar 300 ribu untuk kecepatan 10 Mbps. Layanan mereka akan baik-baik saja pada 3 bulan pertama. Namun, jangan harap hal itu bertahan lebih dari 3 bulan tersebut.

Penulis langsung merasakan kepedihan yang tidak nampak, yakni jaringan yang sering putus, hujan yang menjadi pertanda untuk tidur dalam waktu yang panjang, dan penyesalan yang mendalam.

Lewat dari 6 bulan, dengan bergam keluhan yang menumpuk. Pihak brand tersebut menawarkan upgrade ke paket yang lebih tinggi. Hasilnya? hingga saat ini, layanan WiFi di rumah kami baik-baik saja. Sudah lebih dari 6 bulan.

Jadi memang, sebaiknya kamu incar paket yang kisarannya minimal medium kalau mau layanan yang oke. 

3. Posisikan modem di area paling tengah rumahmu

Jika brand pilihan sudah dan layanan paket telah dijatuhkan, maka hal selanjutnya adalah memetakan rumahmu dan carilah posisi paling tengah yang bisa kamu temukan di rumahmu.

Hal ini bertujuan untuk memastikan jaringan WiFi menyebar di ke seluruh sudut ruangan yang ada di rumahmu. Sehingga, tidak ada pihak yang dibuat sakit hati karena jaringan yang di dapatkan tidak maksimal.

Biasanya, jika mengaplikasikan tata ruang letak standard, maka ruangan keluarga adalah lokasi yang peling tepat untuk meletakan modem WiFi.

Itulah deretan tips pasang WiFi di rumah dari kami. Apakah kamu sudah pasang WiFi untuk menemani kebosananmu di rumah?

Baca Juga: Ini 5 Teknologi Jepang yang Berefek Besar Pada Dunia Sampai Sekarang!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU