Jangan Percaya Hoaks! Virus Corona Tidak Bisa Menyebar Lewat Xiaomi!

Virus nular ke sesama ponsel, biasa. Dari ponsel ke manusia?

Jangan Percaya Hoaks! Virus Corona Tidak Bisa Menyebar Lewat Xiaomi!

Muncul pesan berantai yang mengajak para pengguna ponsel Xiaomi untuk meninggalkan produk Tiongkok tersebut karena katanya sih ponsel itu terinfeksi oleh virus Corona. Benarkah? Ya tentu saja tidak. 

1. Pesan yang tersebar di media sosial

Jangan Percaya Hoaks! Virus Corona Tidak Bisa Menyebar Lewat Xiaomi!Gameplay Plague Inc. duniaku.com/Adhitya Daniel

Dilansir dari IDN Times, pesan yang tersebar melalui WhatsApp tersebut berbunyi seperti ini: "Yang punya hp Xiaomi cepat buang HP kalian, karena virus Corona berasal dari China, dan menyebar melalui server, dikeluarkan dari speaker Xiaomi!" Bahkan dalam pesan berisi permintaan agar pengguna ponsel asal Tiongkok tersebut untuk membuang ponsel Xiaomi.

"Virus Corona sudah menyebar melalui hp Xiaomi, buat pengguna Xiaomi lebih baik buang hp anda, nyawa lebih penting, sebarkan ke pengguna WA lain agar bisa terhindar dari virus ini," tulisnya lagi. Pesan berantai bernada fear-mongering tersebut sudah ramai dibagikan oleh warganet.

2. Ya sudah jelas hoaks

Jelas skeptis, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, Anung Sugihantono, tegas membantah kabar viral tersebut. "Ngawur, hoaks itu," ujarnya ke IDN Times.

"Jangan percaya hoaks. Gak ada ceritanya kalau baju bekas, makanan impor atau barang-barang impor dari Tiongkok itu jadi penularan virus Corona, memang mau pakai baju bekas juga," jelasnya.

Baca Juga: Film Batman Robert Pattinson Sudah Memulai Sesi Produksi!

3. Penularan virus lewat ponsel sejauh ini hanya terjadi di film!

Tahukah kamu? Di tahun 2016 ada film berjudul Cell yang diadaptasi dari novel berjudul sama oleh Stephen King. Film tersebut bercerita tentang para pengguna ponsel yang tiba-tiba terinfeksi oleh wabah yang mengubah mereka menjadi makhluk-makhluk haus darah yang dijuluki The Phoners!

Tapi daripada mirip virus Corona, bukannya itu justru jauh lebih mirip dengan virus-virus yang mengubah makhluk hidup menjadi zombie, seperti halnya Resident Evil 3 Remake? Hingga saat ini, belum ditemukan virus yang menginfeksi manusia langsung dari ponsel. Kalau dari ponsel ke ponsel? Banyak.

Apa pendapat kamu tentang hoax virus Corona yang memancing ketakutan warganet yang belum paham ini? Sampaikan opinnimu melalui kolom komentar di bawah, ya!

Baca Juga: Kreator Plague Inc Tegaskan Game Miliknya Bukan Model Virus Corona!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU