Apa Itu NFT? Bukan Sekadar Gambar Kera Aja, Lho!

Musik juga bisa jadi produk NFT!

Apa Itu NFT? Bukan Sekadar Gambar Kera Aja, Lho!

Mungkin kamu mulai bertanya-tanya, apa itu NFT yang sedang populer di lingkungan mata uang kripto? Nah, ini dia penjelasan mudah sebelum terjun lebih lanjut ke dalam dunia ini!

1. Dasar NFT

Berdasarkan definisi ethereum.org, Non-Fungible dari Non-Fungible Token sendiri adalah istilah untuk menjelaskan hal-hal seperti perabotanmu, sebuah file lagu, atau komputermu. Hal-hal ini tidak dapat ditukar dengan benda lain karena ia memiliki properti unik, berbeda dengan Fungible seperti Ethereum sendiri yang bisa ditukar berdasarkan nilainya sendiri!

Kegunaan NFT muncul sebagai tanda kepemilikan atas aset digital yang mewakili objek sungguhan, yang tidak jarang dikaitkan ke karya seni seperti gambar digital, lagu, dan sebenarnya menjangkau hingga item in-game!

2. Kritik ke NFT

Umumnya, dewasa ini produk NFT kerap dikritik memberikan ilusi kepemilikan, cenderung kepada obyek gambar yang secara digital tetap dimiliki oleh kreator tersebut, berbeda dengan benda fisik.

Kemudian, seperti umumnya mata uang kripto, produk NFT juga dikritik dalam potensinya sebagai salah satu modus pencucian uang maupun penipuan, seperti yang terjadi dengan Evil Ape dan juga  konsumsi energi yang besar, yang sebenarnya sudah terjadi semenjak praktek mining mata uang kripto populer.

Baca Juga: Ini Sinopsis A Quiet Place! Awalnya Film Cloverfield! 

3. Asal gambar kera yang dihubungkan dengan NFT!

Gambar-gambar kera yang diasosiasikan dengan NFT melalui berbagai meme tersebut berasal dari Bored Ape Yacht Club (BAYC), yang diluncurkan di bulan April dan terdiri dari 10 ribu lebih variasi gambar kera yang didesain oleh empat kreator dengan pseudonim Gargamel, Gordon Goner, Emperor Tomato Ketchup dan No Sass!

Nilai-nilai dari gambar inipun juga dipatok dengan nilai-nilai sangat tinggi, dari ribuan hingga jutaan Dolar AS. Tidak sedikit juga selebriti yang akhirnya terjun ke dalam tren ini, seperti Jimmy Fallon di atas!

Apa opinimu sendiri tentang apa itu NFT? Sampaikan pendapatmu melalui kolom komentar di bawah ini, ya!

Baca Juga: Sampai Natal, Ini 5 Film Netflix Bulan Desember 2021 yang Bakal Hadir!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU