Samsung Galaxy S III, What We Know So Far

Sebagai pengguna Galaxy S II, saya seperti para galaxian lainnya juga penasaran, seperti apa Galaxy S III nantinya, yang sampai saat ini masih diselimuti misteri. Untuk itulah saya membuat artikel ini, semoga bisa memuaskan dahaga karena penantian panjang menunggu kabar Galaxy S III...

Samsung Galaxy S III, What We Know So Far

Samsung Galaxy S III, What We Know So Far[/caption]

Sebagai pengguna Samsung Galaxy S II GT-I9100, saya seperti para galaxian lainnya juga penasaran, seperti apa pemegang tongkat estafet yang dipersiapkan meneruskan posisi flagship jajaran Android Samsung. Dan melihat dua Galaxy S sebelumnya yang selalu dirilis pertengahan tahun antara Mei - Juni, serta konfirmasi awal antara Januari - Maret, banyak yang berharap-harap cemas Samsung mengenalkannya selama Consumer Electronics Show 2012, atau Mobile World Congress 2012. Namun ternyata prediksi meleset. Mulai akhir tahun lalu hingga detik ini, kita hanya disuguhi gosip dan rumor. Bakal secanggih apa spesifikasinya, atau bakal setipis apa profil casingnya... semuanya masih tanda tanya. Dan kini coba kami kompilasikan, apa saja yang kami ketahui mengenai Samsung Galaxy S III tersebut.

Samsung Galaxy S III, What We Know So Far[/caption]

Hingga saat ini, Galaxy S II sudah terjual lebih dari 10 juta unit. Atau menurut klaim Samsung, mereka sudah mengapalkan lebih dari 20 juta unit. Wajar jika Samsung sendiri tidak terburu mengkonfirmasikan penerusnya. Namun melihat trend yang bergerak ke arah chipset quad-core, dan secara tidak langsung droid flagship Samsung tersebut dianggap menjadi benchmark droid-droid lainnya, maka Samsung harus segera bertindak. agar posisi sebagai droid benchmark tidak diambil alih brand lain, mereka perlu segera meluncurkan Galaxy S III. Dan sebenarnya mulai akhir tahun lalu, kami sudah familiar dengan sedikit bocoran spesifikasinya. Mulai layar 4.6 inchi dengan bahan Super AMOLED Plus HD (bukan sekadar Super AMOLED HD biasa seperti Galaxy Note) beresolusi 1280×720 pixel, RAM 2 GB, kamera 12 megapixel dan 2 megapixel untuk kamera depan, internal storage 32 GB dan versi terbaru Android 4.0 (atau versi 4.0.3 seperti pada Galaxy S II).

Samsung Galaxy S III, What We Know So Far[/caption]

Namun rumor spesifikasi tersebut agak rancu, karena tanpa dukungan gambar otentik dan render fisik yang cantik. Baru selama Consumer Electronics Show 2012 awal Januari 2012 lalu, melalui press conference mereka Samsung menunjukkan video inovasi apa yang bakal mereka kenalkan sepanjang 2012. Ada satu smartphone di tengah-tengah video presentasi tersebut yang diduga sebagai Galaxy S III. Bisa kamu lihat melalui video "Press Conference: Pushing Boundaries" di bawah, tepatnya pada menit 7:11. Itulah bentuk fisik pertama yang diduga bakal menjadi Galaxy S III -- meskipun menurut saya lebih mirip Galaxy Note.

Samsung CES 2012 Press Conference: Pushing Boundaries

httpv://youtu.be/NxJloZ1Rq0E

Bagaimana menurutmu? Benar itu Galaxy S III? Lanjut saja ke halaman berikut untuk rumor spesifikasinya yang lain...

Samsung Galaxy S III, What We Know So Far[/caption]

Pasca lewatnya CES 2012, dan menjelang Mobile World Congress 2012 akhir Februari 2012 lalu, gosip-gosip baru pun bermunculan, seperti Samsung bakal mengkonfirmasikan Galaxy S III selama event di Barcelona tersebut. Namun sepertinya publik kembali kecewa, karena selama MWC highlight Samsung hanya seputar Galaxy Player, Galaxy Tab dan ultrabook terbaru saja. Kembali absen selama event bergengsi tidak membuat Galaxy S III lepas dari atensi... selama akhir Februari kami mendengar jika flagship Samsung tersebut bakal hadir dengan ketebalan hanya 7mm, serta resmi meluncur selama Mei 2012. Kemudian dipastikan juga jika prosesornya menggunakan empat core, serta dukungan koneksi 4G LTE.

Samsung Galaxy S III, What We Know So Far[/caption]

Kembali tengok kebelakang, dimana Samsung juga yang melahirkan trend smartphone / tablet yang langsing, Galaxy S II mereka sekaligus menjadi wakil benchmark ketebalan. Dengan 8.49mm, saya sendiri merasa sudah sangat tipis -- sampai-sampai kuatir patah. Bandingkan saja dengan Droid RAZR Maxx dan Motorola yang juga 8.89mm tebalnya dengan baterei tambahan 3300mAh, namun Droid RAZR XT910-nya sendiri hanya 7.1mm -- sayang, sepertinya Droid Razr di Indonesia kurang begitu laku, konsumen masih brand minded. Dan jika Galaxy S III yang 7mm itu juga datang dengan dukungan koneksi 4G LTE, bakal menorehkan prestasi baru sebagai droid ber-4G LTE tertipis di jagat... kecuali Apple yang tidak terima kembali berusaha merevisi dengan Apple 5 yang lebih tipis dari 7mm, seperti sebelumnya Apple menuntut Samsung yang mengklaim Galaxy S II sebagai smartphone tertipis melawan iPhone 4  -- sudahlah, fokus ke fitur saja, jangan mengadu ketipisan... hehe!

Samsung Galaxy S III, What We Know So Far[/caption]

Berlanjut awal Maret, detail baru muncul, dan memperbaiki desas-desus sebelumnya. Kini ada yang berani memastikan jika layar Galaxy S III bakal berukuran 4.7 inchi dengan bahan Super AMOLED Plus HD (walaupun belakangan banyak yang lebih yakin 4.6 inchi), serta casing belakangnya diperkuat dengan bahan ceramic (bukanya plastik glossy seperti pada Galaxy S II) yang tahan goresan dan sidik jari -- seperti pada iPhone 4, atau yang baru-baru ini dikonfirmasikan, HTC One S. Bahan keramik tersebut bisa memperbaiki daya cengkeraman tangan kita, dan membuatnya terlihat lebih hi tech, meskipun dipastikan sekaligus bakal membuatnya makin berat. Detail rumor lainnya, layar Super AMOLED Plus HD yang digunakannya memiliki kerapatan per pixel sebesar 319 ppi, atau mendekati iPhone 4S dengan 326ppi. Galaxy S III juga rencananya bakal diluncurkan serentak di lebih dari 50 kota bersamaan, dengan press conference resmi banyak dipredisikan bakal digelar paling cepat awal April 2012 -- bahkan ada yang menyebutkan besok, 30 Maret 2012!

Samsung Galaxy S III, What We Know So Far[/caption]

Namun sepertinya awal April paling masuk akal, apalagi diperkuat dengan pernyataan dari Senior Vice President of Samsung China, Kim Young-Ha. Atau bisa jadi juga April paling awal, tepatnya sebelum tanggal 4 April, yang menjadi tanggal dimana HTC mulai memasarkan lineup HTC One mereka, jika Samsung mau mengalihkan perhatian dunia dari HTC. Apalagi jika melihat HTC One X menjadi rival terdekat bagi Galaxy S III nantinya...

Samsung Galaxy S III, What We Know So Far[/caption]

Kemudian pertengahan hingga akhir Maret 2012 ini, beberapa gambar desain yang diklaim sebagai Galaxy S III bermunculan. Ada yang terlihat begitu otentik, namun ada juga yang terlihat jelas hasil kreasi Photoshop. Ada yang modelnya begitu mirip Galaxy S WiFi 4.2, yang baru dikonfirmasikan selama MWC 2012 -- terlihat jelas, warna putih dan juga memiliki dua speaker di atas dan bawah layar, dan masih ada tombol fisik di bawah layar, khas droid Samsung. Namun beberapa hari kemudian, muncul lagi gambar lainnya berwarna casing hitam, namun tidak memiliki tombol fisik, dan desain ini belakangan beralih disebut sebagai Samsung Galaxy M. Entah benar atau tidak, semua masih menunggu konfirmasi resmi Samsung.

Samsung Galaxy S III, What We Know So Far[/caption]

Lanjut ke halaman berikutnya, ada prediksi nama Galaxy S III ketika dirilis bundling dengan operator US...

Samsung Galaxy S III, What We Know So Far[/caption]

Dan juga lumayan sering dibicarakan, perihal penamaan Galaxy S di US. Mungkin kamu belum tahu, namun seri flagship Samsung tersebut dirilis di US dengan banyak varian, dan setiap varian muncul dengan nama baru -- dan hanya lineup Galaxy S saja smartphone droid di dunia ini yang punya banyak varian. Kebiasaan tersebut juga menjadi salah satu rujukan para penggali informasi mencari tahu apa kira-kira julukan Galaxy S III saat dirilis di US nantinya, mengingat Samsung kembali berniat merilisnya serentak di puluhan negara.

Saat ini beberapa nama yang sudah diketahui diamankan Samsung di badan hak cipta US antara lain Galaxy Thunder, Galaxy Express dan Galaxy Accelerate. Beberapa waktu lalu mereka juga sudah memesan Galaxy Emerge, Galaxy Stellar, dan Galaxy Halo. Bisa jadi salah satu diantaranya bakal menjadi julukan Galaxy S III ketika muncul bundling bersama salah satu operator US.

Selain perubahan nama, pada beberapa kasus juga mendapatkan upgrade minor entah dari spesifikasi atau desainnya. Misalnya, layar versi AT&T Samsung Galaxy S2 Skyrocket diperbesar menjadi 4.52 inchi. Beberapa varian Galaxy S2, seperti Captivate Glide, juga ditambah keyboard QWERTY, namun harus mengorbankan ukuran layar dan kecepatan prosesor yang berkurang. Sebagai perbandingan, berikut kami infokan apa julukan Galaxy S dan Galaxy S II di negeri Paman Sam bersama setiap operator.

Samsung Galaxy S III, What We Know So Far[/caption]

Samsung Galaxy S

T-Mobile: Vibrant, Galaxy S 4G

AT&T: Captivate

Sprint: Epic 4G

Verizon: Fascinate, Stratosphere

Operator lainnya: Mesmerize, Showcase, Galaxy Indulge

Samsung Galaxy S2

T-Mobile: Galaxy S2

AT&T: Attain, Galaxy S2 Skyrocket, Captivate Glide, Galaxy S2 HD LTE

Sprint: Galaxy Within, Samsung Galaxy S2 Epic 4G Touch

Sentuh link berikut untuk melihat seperti apa bakal calon Galaxy S III, atau GT-I9300 ya?

Samsung Galaxy S III, What We Know So Far[/caption]

Seminggu lalu, meskipun tidak ada pernyataan resmi, namun banyak yang menduga smartphone pada gambar di atas dianggap sebagai bakal calon desain Galaxy S III. Desainnya memang jauh berbeda dari banyak foto render yang bermunculan sebelumnya. Namun jika benar itu orisinal, jika memang bukan Galaxy S III, tetap pantas menjadi calon droid yang bakal dirilis Samsung di tahun 2012 ini karena memang dari gambarnya begitu asli -- bukan hasil modifikasian Photoshop. Dari desainnya, serta satu lagi foto di bawah yang menunjukkan detail melalui layar "About device" di menu "Settings."

Samsung Galaxy S III, What We Know So Far[/caption]

Melalui dua gambar di atas, jelas itu Android 4.0 dengan launcher khas Samsung, TouchWiz. Kemudian tiga tombol kapasitif ditempatkan pada sisi bawah, yang menyatu dengan layar plus tanpa satupun tombol fisik di bagian depan, merupakan standar Google untuk semua Android 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS), dan pertama kali kamu mendapatinya melalui Galaxy Nexus GT-I9200 (karena kode nama itulah, banyak juga yang percaya jika GT-I9300 di atas merupakan Galaxy S III). Dan jelas mulai 2012 ini, semua smartphone yang sudah out-of-the-box ber-ICS, tidak menggunakan tombol fisik di bagian depannya, atau setidaknya sekadar tombol kapasitif yang tidak menyatu dengan layar. Layarnya sendiri sepertinya kurang lebar ya, untuk mendapatkan ukuran 4.7 inchi yang santer dibicarakan. Selain itu, bezel droid ini terlalu tebal, kontra dengan desain Galaxy S yang kita kenal selama ini.

Samsung Galaxy S III, What We Know So Far[/caption]

Lebih lanjut mengenai GT-I9300 tersebut, belakangan banyak juga yang menduganya sebagai droid Samsung lainnya, masuk seri Galaxy M. Mungkin kamu belum tahu, namun sepertinya mulai 2012 ini Samsung merubah pola penamaan. Jika dulu kalian mengenal ada Ace, Mini, Gio, Fit dll, akhir 2011 lalu Samsung memutuskan sedikit merubah pola penamaan smartphone (bukan tablet lho ya!) droid mereka. Jika Apple memutuskan nama resmi iPad 3 dengan iPad saja untuk mengantisipasi keanehan nama iPad seandainya mencapai 20 tahun ke depan -- agak aneh jika disebut iPad 20, maka pada Samsung lebih untuk mempermudah pasar menentukan apa droid yang cocok bagi mereka yang budget constraint.

Lanjut ke halaman selanjutnya untuk mengetahui lebih jauh mengenai pola penamaan baru smartphone Galaxy...

Samsung Galaxy S III, What We Know So Far[/caption]

Perubahan penyebutan kelas keluarga smartphone Galaxy tersebut bakal ditentukan berdasarkan grade/kelas suatu Galaxy, dengan identitas guruf 'S', 'R', 'W', 'M' dan 'Y'. Kelas 'S' seperti kita ketahui menjadi flagship, seri teratas dengan rentang harga perkenalan di atas Rp. 5 jutaan. Kemudian ada kelas 'R' -- bisa dihubungkan dengan kata Royal atau Refined dan menujukkan kastanya sebagai kelas atas/premium -- yang sepertinya berada di rentang harga Rp. 3 hingga 4 jutaan. Satu wakil kelas R adalah Galaxy R GT-I9103, versi "on-diet"-nya Galaxy S II, yang sayang melewatkan udara Indonesia.

Samsung Galaxy S III, What We Know So Far[/caption]

Kemudian kelas 'W' yang sudah jamak di telinga kita sebagai Galaxy W GT-I8150 (sedikit previewnya bisa kamu cek di artikel ini). Huruf 'W' itu sendiri mewakili kata 'Wonder,' dan duduk manis sebagai droid di kelas pasar antara menengah dan atas, serta pasti dikenalkan di rentang harga antara Rp. 2 hingga 3 jutaan. Lalu kita juga mendapatkan 'M', yang mewakili kata 'Magical.' Galaxy kelas menengah tersebut perkiraan harganya antara Rp 1.3 - 2 jutaan, dan sejauh mata memandang sama sekali belum ada wakilnya yang masuk Indonesia. Dan kelas terakhir tentu saja yang laris manis bak kacang goreng di Indonesia, Galaxy 'Y', dengan target pasar khusus mereka yang berjiwa muda alias 'young-minded.' Galaxy kelas Y merupakan entry level dengan harga paling mentok Rp 1.3 jutaan -- meskipun Galaxy Y Duos GT-S6102 melunjak ke Rp. 1.5 jutaan karena mendapat slot kartu SIM tambahan.

Samsung Galaxy S III, What We Know So Far[/caption]

Penamaan baru ini juga masih memungkinkan Samsung menambahkan variabel pada nama droid mereka, dengan  'Plus', 'Pro', 'Style' atau 'LTE'. Seperti kata 'Plus' pada Galaxy S Plus GT-I9001, seri upgrade Galaxy S dengan prosesor yang lebih kencang, namun tidak masuk Indonesia. Atau nantinya kamu juga menjumpai Galaxy-galaxy yang berakhiran dengan kata 'Pro' yang berarti memiliki keyboard QWERTY -- seperti cara Sony Ericsson membedakan yang ber-keyboard dengan tambahan kata pro (misalnya, Xperia Mini pro).

Ok, kita kembali ke topik utama, dan "the ultimate"-nya artikel ini, buka halaman 6 untuk kompilasi spesifikasi Galaxy S III...

Samsung Galaxy S III, What We Know So Far[/caption]

Selain varian baru Galaxy M, seminggu lalu juga ramai diberitakan mengenai spesifikasi Galaxy S III. Memang belum final, namun banyak yang yakin jika daftar berikut ini bakal kamu dapatkan juga dalam Galaxy S III versi retail nantinya.

  • Prosesor dan memori

    • Processor: Quad-core @1.5 GHz, dari teknologi 32 nm, melalui chipset Exynos 4412, didukung GPU Mali-T604 yang menggunakan empat core sekelas PS Vita dan iPad 3.
    • RAM: 1GB
    • Storage: 32GB
    • Card Slot: Belum diketahui

  • Dimensi fisik

    • Panjang 131 mm
    • Lebar 64 mm
    • Tebal 8 mm
    • Berat 125 gram

  • Baterai

    • 1750 mAh
    • Removable

  • Layar

    • 4.7-inch
    • Resolusi 720 x 1280 (HD)
    • 313 (atau 319) PPI
    • Super AMOLED Plus HD

  • Kamera

    • Kamera utama 12 megapixel
    • Dilengkapi flash LED
    • Fitur slow motion
    • Fitur time lapse
    • Mampu merekam video full HD (1080p) video recording
    • Mampu merekam video dengan 60 FPS
    • Kamera sekunder 1.3 megapixel
    • Kamera sekunder mampu merekam video berkualitas 720p

  • Konektivitas

    • Dual Carrier HSPA 3G network
    • Kecepatan download mencapai 42 Mbps
    • Kecepatan upload mencapai 5.76 Mbps
    • Bluetooth 4.0
    • NFC
    • WiFi a/b/g/n
    • Micro USB 2.0
    • HDMI out
    • DLNA
    • WiFi direct
    • Wi-Fi hotspot

Samsung Galaxy S III, What We Know So Far[/caption]

Ok, sekali lagi, bagaimana menurutmu? Spesifikasinya memang masih rancu, namun tetap menggiurkan. Saya hanya menyayangkan jika benar RAM-nya masih 1 GB saja... harusnya meningkat untuk mengantisipasi upgrade versi Android terbaru nantinya yang membutuhkan resource tinggi. Kemudian sempat ada rumor juga yang menyebutkan jika Galaxy S III bakal mendukung wireless charging, teknologi unik yang memungkinkan kamu men-charge baterai tanpa harus terkoneksi power outlet. Namun belum diketahui apakah benar bakal diterapkan oleh Samsung, mengingat pasti harganya mahal. Dan pada akhirnya, kita hanya bisa menunggu, sampai Samsung benar-benar mengkonfirmasikan droid flagship mereka ini.... Tinggal beberapa hari saja, jika benar awal April 2012 mereka menggelar press conference peluncurannya... Semoga!

Artikel terkait

Latest