Comscore Tracker

Rumor: Apple akan Persiapkan Headset VR dan AR Wireless

AR dan VR dalam satu headset nirkabel? Melalui sebuah rumor yang beredar, Apple akan menghadirkan keduanya dalam satu headset!

Dengan industri Augmented Reality dan Virtual Reality yang semakin maju, cepat atau lambat Apple akan mengikuti tren ini. Menurut rumor yang beredar, Apple saat ini tengah mengembangkan headset VR dan AR yang dipaketkan dalam satu perangkat.

Teknologi Virtual Reality saat ini menjadi salah satu pilihan menarik bagi para gamer. Dengan premisnya untuk 'terjun' ke dalam dunia game, teknologi ini amatlah menarik untuk dilihat perkembangannya.

Untuk menopang teknologi ini, headset khusus yang diciptakan untuk VR pun dikembangkan. Headset VR populer seperti HTC Vive dan Oculus Rift seringkali digunakan untuk memainkan game berbasis VR tersebut, seperti VRChat yang sangat populer di kalangan gamer saat ini.

Namun, terkadang ada juga beberapa gamer yang tidak memiliki perangkat tersebut namun tetap ingin merasakan serunya bermain VR. Menopang keinginan para gamer, Riftcat menghadirkan Vridge, sebuah program untuk menggantikan headset VR dengan perangkat android.

Dan menariknya, Vridge juga bisa digunakan bersamaan dengan Leap Motion untuk menghadirkan sensor yang dapat membaca gerakan tangan! Tentu saja, opsi ini terdengar sedikit kompleks, namun setidaknya kedua program ini dapat membantu gamer yang tidak memiliki headset khusus VR.

Berbicara mengenai headset VR, saat ini beredar kabar bahwa Apple sebagai perusahaan populer yang telah mengeluarkan produk seperti iPhone tengah mengembangkan headset VR dan AR. Satu headset ini akan menghadirkan opsi untuk menggunakan fungsi AR maupun VR secara wireless.

Apple sendiri sebelumnya sempat menghadirkan optimisasi untuk penggunaan AR. Dengan dukungan terhadap aplikasi-aplikasi AR yang dihadirkan, tidak heran apabila Apple sangat tertarik untuk menghadirkan headset VR dan AR.

Dilansir melalui Cnet, proyek yang disebut dengan kode T288 saat ini masih dalam tahap awal dan akan direncanakan untuk dirilis pada 2020 nanti. Apple tidak memberikan komentar apapun namun ada kemungkinan proyek ini akan dibuang jika gagal.

Menariknya, headset VR dan AR yang akan dirilis oleh Apple ini dapat dimainkan secara nirkabel! Dengan teknologi short-range wireless yang dihadirkan, perangkat headset Apple akan dihubungkan menuju perangkat utama yang ditopang oleh prosesor terkuat milik Apple.

Headset Apple juga tidak akan membutuhkan perangkat tambahan seperti base station milik Oculus Rift untuk menangkap lokasi Headset. Fungsi ini akan disematkan menuju perangkat headset dan perangkat utama yang saat ini berbentuk seperti PC.

Article Terkait

Latest Story

Tekno

Tekno

Tekno

Tekno

Tekno

Tekno

Tekno

Tekno

Tekno

Tekno