Awas! 3 Hal Ini Bisa Bikin Baterai Smartphone Rusak

Rupanya kita sendiri yang bikin baterai smartphone rusak

Awas! 3 Hal Ini Bisa Bikin Baterai Smartphone Rusak

Selain kemampuan proses, hal lain yang masih dicari oleh para penggemar smartphone saat ini adalah ketahanan baterai. Saat baterai sudah mulai bocor, sering kali solusi yang paling mudah justru ganti smartphone saja, karena baterai ganti biasanya tidak sekuat yang asli. 

Walau bikin kesal, tanpa disadari kelakukan kita sendiri lah yang membuat satu-satunya sumber daya dari perangkat genggam pintar tersebut wafat. Apa saja sih kesalahan yang bisa bikin baterai smartphone rusak?

1. Main sambil charging

Awas! 3 Hal Ini Bisa Bikin Baterai Smartphone RusakGigazine

Hal pertama yang secara perlahan membuat baterai smartphone rusak adalah memainkannya saat masih di charge.

Bermain game memang hal yang menyenangkan. Sayangnya, terkadang saat lagi seru main, baterai smartphone merengek minta diisi ulang. Alhasil, kita pun lanjut bermain sambil perangkat tersebut terhubung dengan socket listrik.

Jika kebiasaan buruk itu diteruskan, perlahan tapi pasti, daya tahan bateraimu akan menyusut dengan parahnya.

Baca Juga: Walau 10 Masih Jarang, Tanggal Rilis Android 11 Sudah Ditentukan!

2. Menggunakan aksesoris charge tidak asli

Awas! 3 Hal Ini Bisa Bikin Baterai Smartphone RusakGadget To Use

Kelakuan kejam lainnya yang kita lakukan adalah menggunakan kabel charger yang tidak asli. Memang, saat membeli yang asli maka kantong kita akan terkuras, namun kita menciptakan sebuah parasit modern yang mampu lebih merugikan kita ke depannya.

Ada baiknya untuk kita menabung saat telah memiliki sebuah perangkat. Tabungan itu bisa digunakan untuk membeli kabel charger asli (sesuai dengan merk perangkat), atau bahkan membeli perangkat yang baru.

3. Charging semalaman

Niat hati mempermudah hidup dengan mengisi ulang daya baterai di malam hari sebelum tidur, dan penuh di pagi hari. Sayangnya, niat hati tersebut salah besar.

Memang, dalam waktu yang singkat, hal itu akan mempermudah hidup kamu. Sayangnya, jika terus dilakukan, maka hidupmu akan dipersulit dengan baterai smartphone rusak.

Mulailah rajin dengan melakukan charge smartphone sesuai dengan buku penggunaan. Jika kamu malas membaca, mari saya sedikit ulas.

Charge smartphone kamu sebelum baterai benar-benar habis, dan usahakan mencabutnya sesegera mungkin ketika baterai telah penuh.

Nah, itu tiga hal yang bisa bikin baterai smartphone rusak. Kalau kamu melakukan ketiganya sekaligus, tidak heran nih baterai bocor!

Gimana menurut kamu?

Baca Juga: Update Android 10 Meluncur! Ini Pabrikan Pertama yang Menerimanya

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU