Ada Tahilalats! Ini 6 Board Game Lokal "Primadona" di Essen SPIEL 2019

6 board game tersebut wakili Indonesia bersama 14 game lain

Ada Tahilalats! Ini 6 Board Game Lokal "Primadona" di Essen SPIEL 2019

20 board game lokal akan wakili Indonesia di ajang board game internasional Essen SPIEL 2019. Acara yang akan diadakan tanggal 24-26 Oktober 2019 di Essen Jerman ini akan dihadiri perwakilan Indonesia yang datang bersama program Archipelageek BEKRAF.

Untuk mensosialisasikan aktivitas tersebut, BEKRAF mengadakan konferensi pers di booth BEKRAF ICINC EXPORT di acara Trade Expo Indonesia, tanggal 17 Oktober 2019 di ICE BSD. Konferensi pers ini mensosialisasikan seperti apa program Archipelageek yang akhirnya berhasil memilih 20 board game tersebut.

Dari 20 board game yang terpilih, 6 diantaranya merupakan board game "primadona" yang bakal menjadi wajah pavilion Indonesia di acara Essen SPIEL 2019. Board game “primadona” ini dipilih oleh para kurator saat proses penjurian final. Apa saja ke-6 board game tersebut?

1. Cine: Write and Trade (TeMaTiS Co)

Ada Tahilalats! Ini 6 Board Game Lokal Primadona di Essen SPIEL 2019boardgame.id

Dalam board game Cine: Write and Trade, kamu bermain sebagai penulis naskah film yang tengah mencari ide cerita film baru. Tujuan utama dalam game ini adalah menjadi penulis naskah terbaik dengan bermain kata.

Kamu bisa menjual, membeli, dan menebak kata-kata untuk mengumpulkan uang dan menambah reputasi sebagai penulis naskah. Pemain yang memperoleh reputasi terbanyak di akhir permainan menjadi pemenangnya.

2. Korowai (Tabletoys Indonesia)

Ada Tahilalats! Ini 6 Board Game Lokal Primadona di Essen SPIEL 2019playday.id

Korowai adalah suku tradisional yang tinggal di pedalaman hutan Papua. Kehidupan mereka terisolasi dari lingkungan modern; dimana aktivitas sehari-hari mereka adalah berburu babi hutan, memancing ikan, dan menyantap sagu. Suku Korowai tinggal dalam rumah yang dibangun di atas pohon, dan mereka juga memiliki berbagai ritual dan kebudayaan untuk menghormati para leluhur dan dewa.

Kamu bisa menjadi orang Korowai dalam board game Korowai ini. Kamu harus berburu berbagai bahan makanan dan juga bertahan hidup dari ganasnya hutan. Setelah puas berburu, kamu harus kembali ke desa untuk menyantap makanan, membuat rumah, dan berpartisipasi dalam ritual. Pemain dengan EXP terbanyak akan menjadi kepala suku dan memenangkan game ini.

3. Mindblowon: The Card Game (MSBR Studio)

Mindblowon: The Card Game merupakan card game yang menampilkan karakter komik Tahilalats! Seperti namanya, game ini mewajibkan pemainnya saling berseteru untuk meledakkan lawannya.

Card game ini dimainkan dengan kartu yang berfungsi ganda sebagai kartu perintah dan aksi. Kamu harus melakukan perintah-perintah lucu yang ada di dalam kartu. Jika berhasil, maka kamu akan mendapatkan semua kartu yang dibuka. Kartu-kartu ini bisa digunakan kembali untuk mempersulit giliran lawan! Game berakhir jika tersisa satu orang yang tidak meledak.

Baca Juga: 20 Board Game Indonesia Akan Ikut Pameran Board Game Internasional!

4. Nusa Rasa (Ketchup Games)

Ada Tahilalats! Ini 6 Board Game Lokal Primadona di Essen SPIEL 2019boardgamegeek.com

Nusa Rasa merupakan board game bertema kuliner. Pemain harus membangun bisnis restoran yang sustainable dengan merekrut pegawai, mencari bahan makanan, serta tentunya memasak dan menyajikan makanannya.

Keunikan game Nusa Rasa adalah terdapat dua mode yang bisa dimainkan. Family Mode merupakan permainan yang lebih santai, sementara Advanced Mode menambah kompleksitas dan aturan main.

5. SEN: Save the Queen (Tabletoys Indonesia)

Ada Tahilalats! Ini 6 Board Game Lokal Primadona di Essen SPIEL 2019boardgamegeek.com

Sepasang puteri kembar memecah belah tanah negara mereka menjadi dua bagian dan memimpin masing-masing daerah. Kedua ratu saling iri dengan tanah saingan mereka. Hingga pada akhirnya, kedua ratu mengirimkan pasukannya untuk berperang.

Dalam board game SEN: Save the Queen, pemain memerankan masing-masing ratu dan harus bertarung untuk menguasai seluruh daerah. Ada 18 daerah yang bisa dikuasai, yang bisa menjadi arena pertempuran. Dalam pertempuran, kamu harus menggerakkan pasukan pedang, tombak, dan pasukan berkuda dalam medan perang berukuran 3x3. Pemain yang bisa menguasai dua daerah yang bersebelahan dengan ratu akan menjadi pemenangnya.

6. The Forbidden Ritual (MSBR Studio)

Dalam game ini, kamu bermain sebagai dukun yang harus menyantet lawanmu yang juga bakal melakukan hal yang sama! Untuk membantu tugasmu, kamu bisa memanfaatkan kekuatan para makhluk halus asli Indonesia.

Selain itu, kamu juga harus menyeimbangkan antara Spell dan Rage. Spell digunakan untuk mengeluarkan sihir, sementara Rage dibutuhkan untuk mengaktifkan kartu dukun. Permainan berakhir jika satu orang berhasil bertahan.

7. Coba juga 14 game lainnya!

Ada Tahilalats! Ini 6 Board Game Lokal Primadona di Essen SPIEL 2019Dok. BEKRAF

Selain 6 board game di atas, tentunya masih ada 14 board game lokal lainnya di Essen SPIEL 2019 yang nggak boleh dilewatkan begitu saja. Jika ditotal, bakal ada 20 board game yang rinciannya adalah sebagai berikut.

  1. Bunaken: The Undersea Paradise oleh PeBeeS
  2. Belapati War oleh LOGI Games
  3. Cenayang oleh Memento Craft
  4. Cine: Write & Trade oleh Teman Maen Rutin Shuffle
  5. Coffee Crash oleh Manikmaya Games
  6. Dua Kerajaan oleh Dua Kerajaan Studio
  7. Jalan-Jalan oleh Chiveus
  8. Kancil oleh Chiveus
  9. Korowai oleh Tabletoys Indonesia
  10. Laga Pendekar oleh Makhluk Oranye Games
  11. Luwenak! oleh Andeux
  12. Mindblowon: The Card Game oleh MSBR Studio
  13. Nusa Rasa oleh Ketchup Games
  14. Prabumeru oleh Novia Dwiyanti Putri
  15. SEN: Save The Queen oleh Tabletoys Indonesia
  16. The Adventure of Bam-Bam Aksara Jawa oleh Bam-Bam
  17. The Forbidden Ritual oleh MSBR Studio
  18. Toraja oleh Congkak Fun Factory
  19. Unmask! oleh Chiveus
  20. War of The Words oleh Wisnu Widiarta

Sukses terus untuk board game Indonesia! Kamu juga masih bisa mengunjungi booth BEKRAF ICINC EXPORT di acara Trade Expo Indonesia hingga tanggal 20 Oktober nanti. Ada berbagai macam produk kreatif seperti video game, fashion, desain, kuliner, dan lain sebagainya.

Baca Juga: CHIPS: Heroes Uprising - Board Game Post-Apocalypse yang Seru!

Artikel terkait

Latest