20 Board Game Indonesia Akan Ikut Pameran Board Game Internasional!

20 board game Indonesia tampil di Essen SPIEL 2019 Jerman

20 Board Game Indonesia Akan Ikut Pameran Board Game Internasional!

Meski gaungnya tidak sebesar industri video game Indonesia, board game di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat baik dari sisi peminat dan produsennya. Berbagai board game café berdiri di berbagai kota, serta tiap tahun muncul produk-produk board game yang diproduksi di dalam negeri.

Karenanya, tidak heran apabila board game Indonesia mendapatkan perhatian dari pemerintah. Buktinya, 20 judul board game Indonesia akan dipromosikan di Essen SPIEL 2019, sebuah pameran board game internasional. Essen SPIEL 2019 akan diadakan di Messe Essen Jerman pada tanggal 24-26 Oktober 2019.

Penasaran gimana 20 judul board game ini bisa terbang ke Jerman? Simak ulasannya di bawah inI!

1. Proses seleksi ketat!

20 judul board game yang akan pergi ke Jerman tersebut merupakan hasil seleksi Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dan Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia (APIBGI). Proses seleksi diikuti oleh 75 judul board game. Lebih banyak dari tahun lalu yang diikuti 29 judul. Temanya pun beragam mulai dari kuliner hingga mistis.

Para peserta kemudian diseleksi oleh kurator yang ditunjuk APIBIGI. Mereka adalah CEO Hompimpa Games Erwin Skripsiadi, CEO Cuaca Cerah Games Reza Kadir, Founder Hobby Indonesia dan The Bunker Café Stephen Setiawan, dan Kepala Sub Direktorat Pasar Segmen Retail BEKRAF I Made Dodi Narindra, SE.MSM.

Setelah dikerucutkan menjadi 20 judul, para peserta kemudian diundang untuk penjurian final pada tanggal 13-14 September 2019 di Ke:kini Ruang Bersama, Jakarta Pusat. Penjurian final ini menentukan apakah board game peserta memiliki aspek marketing dan gameplay yang pantas untuk dipromosikan ke Essen SPIEL 2019.

Baca Juga: Toge Productions Sambut Pemilu dengan Merilis Board Game Bertema Politik

2. 6 board game “primadona”

“Essen SPIEL merupakan salah satu pameran skala internasional terbesar dan menjadi rujukan industri board game dunia,” ujar Deputi Pemasaran BEKRAF, Joshua Simandjuntak saat membuka kegiatan penjurian final. Menurut Joshua, kualitas board game karya kreator Indonesia sudah luar biasa dan pemerintah terus mendorong board game Indonesia untuk menunjukkan karya mereka di level dunia.

Nantinya, 20 judul board game tersebut akan ditampilkan di paviliun Indonesia dari Archipelageek. Archipelageek sendiri merupakan program BEKRAF untuk membawa properti Indonesia untuk dipromosikan ke luar negeri. Harapannya, bakal ada 19 ribu pengunjung yang bisa memenuhi paviliun Indonesia seluas 66 meter persegi di Essen SPIEL 2019.

Untuk mewujudkan hal tersebut, dipilihlah 6 board game “primadona” yang bakal menjadi wajah paviliun Indonesia di Essen SPIEL 2019. Board game “primadona” ini dipilih oleh para kurator saat proses penjurian final. Berikut adalah judul-judul board game tersebut.

  1. Cine: Write and Trade dari TeMaTiS Co - Board game bertema permainan kata untuk 2-4 pemain.
  2. Korowai dari Tabletoys Indonesia - Board game bertema suku asli Papua untuk 2-4 pemain.
  3. Mindblowon: The Card Game dari MSBR Studio - Card game kolaborasi dengan Tahilalats bertema komikal untuk 3-6 pemain.
  4. Nusa Rasa dari Ketchup Games - Board game bertema kuliner yang mengincar pasar internasional untuk 2-4 pemain.
  5. SEN: Save the Queen dari Tabletoys Indonesia - Board game bertema abstrak tentang perang kerajaan untuk 2 pemain.
  6. The Forbidden Ritual dari MSBR Studio - Dice game bertema mistis dan sihir untuk 3-6 pemain.

3. Mencari penerbit board game luar negeri

Tujuan utama dari paviliun Indonesia di Essen SPIEL 2019, selain untuk mempromosikan board game Indonesia, namun juga untuk mencari investor dan penerbit board game potensial. 

“Selain membawa 6 board game primadona Indonesia, Archipelageek tahun ini juga diplot untuk menghadirkan area bisnis yang akan dipenuhi program dan aktivasi untuk mempopulerkan board game Indonesia melalui mekanisme product licensing ke publisher dunia. Jadi semua katalog board game dari para finalis tetap akan ditawarkan,” ujar Andre Dubari selaku Ketua Umum APIBGI.

Tentunya ini kabar yang sangat baik, ya? Berikut ini adalah daftar lengkap 20 board game yang akan hadir di Essen SPIEL 2019.

  1. Bunaken: The Undersea Paradise oleh PeBeeS
  2. Belapati War oleh LOGI Games
  3. Cenayang oleh Memento Craft
  4. Cine: Write & Trade oleh Teman Maen Rutin Shuffle
  5. Coffee Crash oleh Manikmaya Games
  6. Dua Kerajaan oleh Dua Kerajaan Studio
  7. Jalan-Jalan oleh Chiveus
  8. Kancil oleh Chiveus
  9. Korowai oleh Tabletoys Indonesia
  10. Laga Pendekar oleh Makhluk Oranye Games
  11. Luwenak! oleh Andeux
  12. Mindblowon: The Card Game oleh MSBR Studio
  13. Nusa Rasa oleh Ketchup Games
  14. Prabumeru oleh Novia Dwiyanti Putri
  15. SEN: Save The Queen oleh Tabletoys Indonesia
  16. The Adventure of Bam-Bam Aksara Jawa oleh Bam-Bam
  17. The Forbidden Ritual oleh MSBR Studio
  18. Toraja oleh Congkak Fun Factory
  19. Unmask! oleh Chiveus
  20. War of The Words oleh Wisnu Widiarta

Selamat untuk board game yang terpilih, dan semoga mendapatkan pengalaman berharga selama berada di Jerman!

Baca Juga: Review Cenayang: Board Game Seru yang Bisa Bongkar Rahasia Teman!

Artikel terkait

Latest