Comscore Tracker

Mainan Kok Mahal? Ini Penyebab Kenapa Figure Bisa Sampai Milyaran Harganya!

"Mainan aja kok mahal?" Eits, jangan sembarangan kamu! Simak dulu alasannya di sini!

Mungkin bagi kamu semua orang yang tidak hobi figure, akan bertanya-tanya; "mainan kok mahal?", eits, coba kamu baca alasan kenapa figure bisa jadi mahal dulu deh.

Mainan, atau ya mari kita sebut saja sebagai figure, itu memang memiliki beberapa harga yang berbeda, dan tentu saja bentuk yang berbeda, lalu kenapa figure bisa jadi mahal? Mari kita bahas di sini.

Catatan: Meskipun di artikel ini kita sebut sebagai figure, namun pembahasan di sini meluas, ya. Ada Diecast, Model Kit, Statue, dan juga Action FigureSehingga tidak menimbulkan kebingungan bagi kamu semua yang mungkin masih belum terlalu paham dengan arti dari jenis collectible items di atas.

Mainan Kok Mahal? Ini Penyebab Kenapa Figure Bisa Sampai Milyaran Harganya!

Tentu saja bahan menentukan kenapa figure bisa jadi mahal. Pasti ada alasan kenapa menjadi mahal, bukan?

Beberapa bahan dari figure mahal itu bervariasi, sebagai contoh adalah Hot Toys Robocop yang sebagian besar bagiannya adalah bahan Diecast atau besi.

Ada juga bahan lainnya, seperti karet tebal, PVC, dan sejenisnya.

Lalu jika kamu bertanya; "Ini kan bahannya hanya dari karet keras biasa, kok bisa sampai puluhan juta rupiah?", ayo kita cek poin kedua.

Mainan Kok Mahal? Ini Penyebab Kenapa Figure Bisa Sampai Milyaran Harganya!

Sculpting atau berikutnya kita singkat saja menjadi sculpt adalah teknik memahat yang membentuk suatu tekstur, seperti bagian wajah, detail kecil di pakaian, atau lain sebagainya.

Semakin detail sculpt dari suatu figure, tentu saja mempengaruhi harga jualnya nanti di pasaran.

Contohnya begini, bisa kamu lihat di atas, ada gambar Tsume Art dari Madara Uchiha (dan Kurama).

Detail sculpt dari figure itu tidak main-main, lihat saja bagian lidah dari Kurama. Karena itu, tidak aneh jika harga figure Madara di atas mencapai 999.00 Dollar saat pre-order, atau sekitar 14-15 jutaan rupiah, dan akan lebih mahal saat sudah rilis.

Beberapa sculpt juga dilakukan langsung dari tangan seniman figure atau hand made, sehingga tidak perlu ditanya lagi eksklusif dan detailnya figure tersebut.

Lagi pula, jika membutuhkan tangan dari seniman, maka jelas akan menjadi mahal karena perlu waktu bagi seniman itu untuk belajar sculpting, dan tidak semua orang bisa menghasilkan karya seni seperti itu.


Masih ada alasan lainnya kenapa figure bisa jadi mahal, Jika kamu masih penasaran, langsung saja cek di halaman kedua!

Mainan Kok Mahal? Ini Penyebab Kenapa Figure Bisa Sampai Milyaran Harganya!

Beberapa figure dibuat dalam jumlah terbatas, sehingga sangat langka, dan menjadi nilai tersendiri.

Tidak perlu ditanya lagi, harga barang yang dijual terbatas di pasaran, terlebih jika produksinya sudah berhenti maka harganya akan melonjak tinggi.

Mungkin sebagian dari kamu masih merasa aneh dengan figure mahal, namun bagi para kolektor figure, terutama pengoleksi limited, harga mahal sangat sebanding dengan apa yang mereka dapatkan.

Akan menjadi kebanggaan tersendiri saat memiliki figure yang dijual terbatas, dan tidak banyak orang di seluruh dunia yang memilikinya, ini juga yang menyebabkan kenapa beberapa harga figure bisa menjadi mahal.

Meskipun tidak selalu, figure limited biasanya memiliki desain, tambahan aksesoris, maupun hal lain yang membedakannya dengan versi reguler atau biasa. Jika di Model Kit Gundam atau Gunpla, biasanya beda warna dan beberapa hal lain yang membedakan juga bisa membuatnya menjadi limited dan diproduksi terbatas.

Beberapa juga ada yang tidak limited namun menjadi limited, sebagai contohnya figure Hot Toys Man of Steel yang bertanda tangan Henry Cavill, maka harganya bisa sampai puluhan juta rupiah!

Mainan Kok Mahal? Ini Penyebab Kenapa Figure Bisa Sampai Milyaran Harganya!

Kamu tahu, beberapa figure itu seperti memiliki investasi. Figure tua yang mungkin berasal dari tahun 70an ke atas, jika dijual lagi saat ini maka akan mahal harganya!

Beberapa contoh nyatanya seperti DX Super Sentai yang memang sudah tidak diproduksi lagi (bahkan saat diproduksi ulang saja harganya masih mahal).

Kenapa figure bisa jadi mahal dari umurnya? Ada dua faktor, yang pertama mirip seperti poin ketiga, yaitu jumlahnya yang terbatas, dan sudah tidak diproduksi lagi. Seandainya masih ada, maka umurnya sudah berbeda.

Kedua adalah perawatan. Jika figure itu berasal dari tahun 70an dan masih dalam kondisi prima, tentu saja mempengaruhi harga, karena figure itu sudah bertahan dengan baik selama beberapa dekade.

Kamu dahulu punya mainan bagus namun hilang atau rusak? Menyesal? Sama, penulis juga menyesal menghilangkan DX Dino Megazord yang penulis miliki saat kecil (curhat).


Berikutnya ada alasan yang paling ampuh kenapa figure bisa jadi mahal, bahkan sampai milyaran rupiah! 

Mainan Kok Mahal? Ini Penyebab Kenapa Figure Bisa Sampai Milyaran Harganya!

Aksesoris tambahan seperti senjata tambahan, atau printilan-printilan lainnya juga bisa mempengaruhi harga.

Contohnya, ada beberapa figure sama yang dijual dengan dua paket berbeda, sebagai contoh, di paket A lebih murah namun tidak mendapatkan senjata, di paket B lebih mahal sekian namun mendapatkan senjata.

Bagi kolektor, senjata atau printilan kecil seperti itu juga penting, apalagi printilan besar yang berpengaruh ke figurenya.

Sebagai contoh ada figma Kantai Collection yang memiliki senjata seperti kapal yang cukup keren. Jika dijual tanpa senjata kapal itu, maka harganya berbeda.

Ada juga contoh lain yaitu motor Kamen Rider dari S.H.Figuarts yang memang dijual terpisah, dan justru bisa lebih mahal dari S.H.Figuarts Kamen Rider itu sendiri.

Mainan Kok Mahal? Ini Penyebab Kenapa Figure Bisa Sampai Milyaran Harganya!Mainan Kok Mahal? Ini Penyebab Kenapa Figure Bisa Sampai Milyaran Harganya!

Diecast mobil dilapisi emas? Jangan salah, ternyata ada! Ornamen tambahan adalah sesuatu di luar "kelengkapan" yang ada di poin kelima.

Contohnya yang paling kuat adalah Model Car dari Lamborghini Aventador berukuran 1:8. Berapa harganya hayo?

Harganya tembus samapi 7,5 Juta Dollar, alias 110 milyar rupiah lebih! Kok bisa sampai semahal ini?

Ternyata Model Car Aventador ini dilapisi oleh emas, dan akhirnya, Model Car ini mendapatkan tiga rekor dunia, sebagai Model Car paling mahal di dunia, kotak pelindung figure paling aman (anti peluru), dan logo yang paling mewah.

Karena ada ornamen tambahan seperti ini, terlebih jika ada emas murni di figure tersebut, maka ga usah bingung deh kenapa harganya bisa mahal bahkan sampai milyaran, ditambah dengan jumlahnya yang sedikit, yaitu hanya satu di dunia! Kamu siap mengeluarkan 110 milyar?


Nah sekarang mengertikan kenapa figure bisa jadi mahal? Karena ada satu dan dua faktor yang hadir di sini, karena itu kita tidak bisa langsung menyamaratakan figure, statue, diecast, model kit, dan sejenisnya sebagai mainan murah yang biasa dimainkan oleh anak-anak ya, karena faktor seperti di artikel ini harus diperhatikan lagi.

Coba kali ini penulis ingin bertanya, figure termahal apa yang kamu miliki saat ini? Ayo tulis ceritamu mendapatkan dan berjuang mendapatkan figure tersebut di kolom komentar, ya.

Article Terkait

Latest Story

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek