Kompetisi Komik Legend Kembali! Ikuti Ragnarok One-Shot Challenge!

Diadakan CIAYO Comics dan memperebutkan hadiah tablet

Kompetisi Komik Legend Kembali! Ikuti Ragnarok One-Shot Challenge!

Di tahun 2004 lalu, terdapat kompetisi komik legendaris bertema Ragnarok Online. Diadakan oleh sebuah majalah nasional, kompetisi komik ini menampilkan berbagai talenta berbakat dunia komik Indonesia pada zamannya. Komikus Indonesia veteran seperti Is Yuniarto dan Alex Irzaqi merupakan jebolan kompetisi ini, dan kini mereka telah mengharumkan nama Indonesia lewat komik karya mereka.

Setelah bertahun-tahun lamanya, kompetisi komik ini akhirnya kembali dengan nama Ragnarok One Shot Challenge. Siapkah kamu untuk menceritakan kisahmu di Rune Midgard dan meraih hadiah menarik?

1. Juara 1 akan mendapatkan Cintiq 22 Venus!

Ragnarok One-Shot Challenge diadakan oleh Gravity Game Link bersama dengan CIAYO Comics. Kompetisi ini secara tidak langsung menjadi lanjutan dari kompetisi CIAYO Comics Challenge Vol. 3.

Para peserta akan diminta membuat komik one-shot Ragnarok dalam format webtoon. Temanya bisa macam-macam, mulai dari pengalaman bermain Ragnarok atau kisah-kisah dari Rune Midgard. 

Para pemenang akan mendapatkan hadiah menarik loh! Juara 1 akan mendapatkan Cintiq 22 Venus, juara 2 mendapatkan Cintiq 16 Venus, juara 3 mendapatkan Intuos Pro, dna juara favorit mendapatkan PlayStation 4 Slim 1TB!

2. Simak aturan Ragnarok One-Shot Challenge di bawah ini

Sebelum mengikuti Ragnarok One-Shot Challenge, ada beberapa aturan yang harus kamu ikuti, yaitu sebagai berikut.

  1. Ragnarok One-Shot Challenge terbuka untuk khalayak umum, tanpa batasan usia. Satu judul komik bisa dikerjakan oleh maksimal 4 orang.
  2. Kontributor resmi CIAYO Comics diperbolehkan untuk mengikuti Ragnarok One-Shot Challenge, tapi tertutup untuk karyawan dan keluarga CIAYO Corp dan PT. Gravity Game Link.
  3. Tema kali ini ialah: Ragnarok Online. Tema terbagi berdasarkan beberapa sub kategori.

    • Pengalaman pribadi saat bermain Ragnarok Online
    • Pengembangan dari cerita orisinil yang diangkat dari quest utama atau quest sekunder dari game Ragnarok Online
    • Cerita fiksi lainnya yang masih memiliki unsur gambar dari Ragnarok Online, seperti karaker, monster, penamaan, dan istilah di dalam game Ragnarok Online.

  4. Kategori Challenge hanya satu yaitu One-shot. One-shot adalah komik yang ceritanya selesai dalam satu episode. 

Baca Juga: Lewat GDI 2020, Gravity Mengumumkan 3 Game Ragnarok Terbaru!

3. Cara submit komik Ragnarok One-Shot Challenge

  1. Submisi yang diterima hanya submisi yang dikirimkan ke website submit.ciayo.com. Sebelum itu, Challenger harus terdaftar sebagai pengguna CIAYO Comics. Login akun CIAYO Comics di www.ciayo.com lalu submit karya kamu di submit.ciayo.com. Jangan sampai salah, karena submisi yang dikirim melalui email atau jalur lain otomatis akan ditolak.
  2. Komik memakai format webtoon, ekstensi JPEG, dan resolusi 300 dpi.
  3. Ukuran per slice: Width 700px, height 1000px, file size max 200kB Minimal 30 slice
  4. Selain komik, terdapat aset pendukung yang juga harus disertakan (format JPEG):

    • Avatar Author: Width 200px, height 200px, file size max 200kB
    • Cover Komik Desktop: Width 1440px, height 400px, file size max 500kB
    • Cover Komik Mobile: Width 640px, height 427px, file size max 500kB
    • Thumbnail Komik: Width 300px, height 300px, file size max 200kB
    • Thumbnail Episode: Width 300px, height 300px, file size max 200kB
    • Banner Share Komik: Width 600px, height 315px, file size max 200kB

  5. Gaya gambar, pewarnaan, dan tools dibebaskan. Komik yang dilarang adalah konten komik yang menyinggung SARA, pornografi, dan penggambaran kekerasan yang berlebihan.
  6. Challenger boleh mengirimkan lebih dari 1 karya. Pastikan komik yang diikutsertakan belum pernah diterbitkan secara komersil dan tidak mengandung konten yang melanggar hak cipta pihak ketiga dan/atau memiliki ikatan hukum dengan pihak ketiga.
  7. Hanya submisi yang lolos kurasi yang akan dipublikasikan di CIAYO Comics sebagai peserta lomba komik Ragnarok One-Shot Challenge
  8. Challenger yang karyanya tidak lolos kurasi akan dikabari melalui e-mail selambat-lambatnya 5 (lima) hari kerja sejak submisi diterima.
  9. Komik yang challenger kirimkan akan dikurasi sebelum bisa ditampilkan di website dan app CIAYO Comics. Jika karya tidak lolos kurasi, Challenger diperbolehkan melakukan perbaikan sebelum tanggal batas pengiriman submisi, yaitu tanggal 6 Maret 2020.
  10. Challenger diperbolehkan merevisi karya yang sudah tayang di CIAYO Comic. Permohonan revisi dapat dikirimkan ke e-mail submission@ciayo.com dengan mencantumkan [REVISI] pada subjek email. Sertakan keterangan dan slice episode komik yang hendak direvisi. Revisi akan direspon selambat-lambatnya 3 (tiga) hari kerja setelah permohonan diterima.

4. Fase lomba Ragnarok One-Shot Challenge

  1. Submisi Challenge dibuka mulai tanggal 9 Januari dan ditutup pada 6 Maret 2020.
  2. Karya-karya yang masuk dan lolos kurasi akan tayang dan mulai bisa di-voting pada tanggal 6 Februari hingga 6 Maret 2020. 
  3. Sebanyak 4 (empat) pemenang akan dipilih. 3 pemenang utama berdasarkan pemilihan dan penilaian dari dewan juri, dan 1 pemenang favorit yang dipilih berdasarkan jumlah vote / like terbanyak dalam periode voting 6 Februari – 6 Maret 2020.
  4. Pemenang akan diumumkan pada 21 Maret 2020.

Gimana, sudah siap untuk ikut kompetisi Ragnarok One-Shot Challenge? Untuk informasi dan pertanyaan lebih lanjut, kamu bisa mengirim email ke hello@ciayo.com.

Baca Juga: Tidak Hanya Manga, Kamu Bisa Baca Komik Online di 6 Platform Ini!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU