Kalawira: Superhero Indonesia Pengendali Waktu

Komiknya dibuat oleh komikus komik DJ Yellowclaw!

Kalawira: Superhero Indonesia Pengendali Waktu

Dengan semakin mainstream-nya kisah superhero, baik itu superhero DC/Marvel, bahkan superhero lokal dari Bumilangit, tentunya para kreator semakin pede menuturkan berbagai macam kisah kepahlawanan yang inspiratif.

Seperti PIONICON contohnya, rumah produksi IP lokal yang kini juga mencoba memasuki ranah superhero dengan karakter terbarunya, Kalawira. Seperti apa ya sosok Kalawira ini?

1. Garapan komikus lokal go international

Kalawira diciptakan oleh penulis Faza Meonk dan Yahya M, dua sosok yang bertanggung jawab di balik perkembangan pesat karakter Si Juki. Mereka dibantu oleh ilustrator Sakti Yuwono dan Rhoald Marcellius.

Rhoald Marcellius sendiri merupakan komikus kawakan dengan berbagai judul komik internasional dalam portfolio-nya. Misalnya saja beberapa komik Marvel, adaptasi komik dari game Sea of Thieves, hingga yang terbaru adalah komik Amsterdamned adaptasi dari lagu DJ Yellowclaw yang mana ia pun terlibat dalam produksi video klipnya bersama VNGNC.

Baca Juga: Banyak yang Keren! Ini Galeri Cosplay Shopee Indonesia Comic Con 2019!

2. Hitam dan berani

Kalawira merupakan alter ego dari sosok Tama, seorang remaja SMA penyuka street art. Ia mendapatkan kekuatan kumbang Red Weevil (Sagu Merah) dari seseorang dari masa depan. Karenanya, Tama kini memiliki kekuatan fisik yang besar serta kemampuan pengendalian waktu. Kalawira tidak hanya harus memberantas para mafia di kota Xacatara, namun juga harus menyeimbangkan kehidupan remajanya.

Nama Kalawira diambil dari dua kata dalam bahasa Sansekerta, yaitu "Kala" yang berarti "hitam," "seni," serta "waktu;" serta "Wira" yang berarti "keberanian" dan "kepahlawanan." Desain karakternya pun memadukan konsep street art/street wear, tokusatsu Jepang, serta motif kumbang Sagu Merah yang merupakan serangga khas Asia Tenggara yang menyebar hingga Afrika dan Eropa.

3. Jadi proyek cross media

Kalawira merupakan karakter pertama dari PIONICON HEROES, seri karakter superhero buatan PIONICON. Kalawira pertama kali diluncurkan di Indonesia Comic Con 2019, dimana pengunjung mendapatkan komik Kalawira edisi #00 secara eksklusif.

“Kami memilih untuk bekerjasama dengan Rhoald setelah saya melihat fanart Spider-Man versi Betawi buatan Rhoald," ujar Faza Meonk di ICC 2019. "Sejak saat itu saya berpikir untuk mengajak Rhoald berkolaborasi membuat sebuah karakter superhero baru dengan tampilan yang sangat remaja.” 

Ke depannya, Kalawira juga akan dibuat sebagai proyek cross media dalam bentuk komik cetak, webtoon, fashion, merchandise, dan bahkan film layar lebar. Menarik, kan? Mari kita nantikan debut superhero pengendali waktu Kalawira!

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Gabung Dengan Rakyat Bumilangit!

Artikel terkait

Latest