30 Hari Komik Indonesia? Perayaan Kosasih Day 2020 Akan Dimulai!

Kosasih Day diadakan setiap tanggal 4 April

30 Hari Komik Indonesia? Perayaan Kosasih Day 2020 Akan Dimulai!

Pada tanggal 4 April nanti, khalayak komik Indonesia akan merayakan Kosasih Day. Kosasih Day merupakan peringatan terhadap sosok R.A. Kosasih, salah satu maestro komik Indonesia, yang dirayakan bertepatan dengan tanggal kelahirannya yaitu 4 April.

Pada tahun 2020 ini, seperti apa perayaan dari Kosasih Day?

1. Pelopor penggerak komik Indonesia

R.A. Kosasih memang bukan komikus pertama di Indonesia, ataupun pencipta komik paling pertama di Indonesia. Namun karya-karya beliau tergolong revolusioner pada masanya dan menjadi lecut bagi komikus Indonesia lain untuk terus berkarya.

R.A. Kosasih merupakan pencipta tokoh Sri Asih, Siti Gahara, serta komikus yang menciptakan ulang epos Bahabharata dan Ramayana dalam bentuk komik. Karya-karya R.A. Kosasih berhasil meraih kesuksesan dan terus dikenang masyarakat hingga hari ini.

Baca Juga: Sejarah Hari Komik dan Animasi Nasional Setiap Tanggal 12 Februari

2. Social campaign dan sharing tentang komik Indonesia

Untuk merayakan Kosasih Day tahun 2020 ini, dibentuklah sebuah social campaign bertajuk 30 Hari Komik Indonesia. Di sini, para warganet diajak berpartisipasi untuk sharing tentang komik Indonesia di media sosial masing-masing selama 30 hari ke depan.

Setiap harinya, ada berbagai topik yang bisa dibahas seperti komik Indonesia favorit, karakter favorit, komikus favorit, dan lain-lain. Setiap posting harus diberikan hashtag #30HariKomikIndonesia dan #KosasihDay2020 agar mudah ditemukan.

3. Didukung penerbit komik lokal

30 Hari Komik Indonesia merupakan bentuk prakarsa dari Asosiasi Komik Indonesia atau AKSI. AKSI terdiri dari beberapa penerbit komik dan production house komik terkemuka di Indonesia seperti BumiLangit, CIAYO Comics, Kosmik, Pionicon, re:ON Comics, dan lain sebagainya.

Beberapa penerbit di atas juga besar kemungkinan akan memiliki acara mereka sendiri untuk merayakan Kosasih Day 2020 untuk turut memeriahkan 30 Hari Komik Indonesia. Bagaimana, tertarik untuk ikut sharing soal komik Indonesia kesukaanmu?

Baca Juga: Tidak Hanya Manga, Kamu Bisa Baca Komik Online di 6 Platform Ini!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU