Comscore Tracker

Keren, Lho! Ini Penampakan Komik The Raid Baru Bulan Ini!

Masih ingatkah kamu dengan film legendaris ini?

Tujuh tahun lalu, film The Raid menginjakkan kakinya ke dalam hall of fame film aksi terbaik sepanjang masa di dunia. Setahun setelah The Raid, John G. Reinhart bersama R. Amdani menciptakan adaptasi komik yang diangkat dari film pertama tersebut. Bulan ini, komik The Raid baru terbit di pasaran!

Keren, Lho! Ini Penampakan Komik The Raid Baru Bulan Ini!

The Raid adalah film pertama dari trilogi besutan Gareth Huw Evans yang menceritakan tentang bencana demi bencana yang menimpa Rama, seorang polisi biasa yang kebetulan sangat jago Pencak Silat akibat sebuah serbuan maut di sarang kriminal yang digembongi oleh Tama.

Film yang meroketkan nama Iko Uwais setelah Merantau dan Joe Taslim ini menuai banyak pujian sebagai film murni aksi yang mampu menyatukan elemen horor dengan koreografi aksi yang memukau. Bahkan, memukau saja rasanya tidak cukup untuk mengungkapkan betapa brutalnya aksi demi aksi di depan kamera!

Keren, Lho! Ini Penampakan Komik The Raid Baru Bulan Ini!

Di kancah perfilman internasional, film ini sudah menjadi panutan bagi sineas-sineas aksi di dalam sinematografi dan terutama, adegan-adegan bertarungnya! Meskipun kritikus Roger Ebert sangat tidak menyukai muatan dari film ini yang jelas dangkal, tapi ia tidak menampik bahwa film ini juga berpengaruh pada genrenya!

Tentu, relevansi film inilah yang kemudian membuat nama Iko Uwais menjadi sosok yang diperhitungkan dalam genre film aksi! Kharisma tokoh tersebut bersama tata adegan baku hantam yang brilian bersama Yayan Ruhian tentu menjadi bagian dari sihir trilogi ini!

Memang, The Raid 3 masih belum terdengar kabarnya dari sang sutradara. Namun, berkat dua film pertamanya Iko Uwais mulai menorehkan legendanya sendiri dalam film-film aksi baik dalam negeri maupun luar negeri untuk membuktikan bahwa Ia tidak hanya sekadar idola media lokal!

Dari Man of Tai Chi, Headshot, Star Wars VII, Beyond Skyline, sampai Mile 22 tanggal 17 Agustus ini, Iko pun semakin dikenal sebagai orang itu kalau berbicara soal film aksi dewasa ini, setara dengan Tony Jaa dalam Ong Bak dan Keanu Reeves dalam John Wick!

Inspirasi The Raid pun merambah sampai film superhero! Dalam Captain America: The Winter Soldier, Russo bersaudara pun mengakui pengaruh film The Raid di dalam menata adegan bertarung Captain America pada film tersebut!

Mari kita mengobrol tentang komik pertamanya di halaman sebelah sebelum mengintip komik The Raid baru!

Keren, Lho! Ini Penampakan Komik The Raid Baru Bulan Ini!

Komik The Raid baru pertama kali dibuat pada tahun 2012 oleh penulis R. Amdani yang mengadaptasi screenplay film pertama Gareth Evans, digambar oleh John G. Reinhart, komik ini hanya terbit satu edisi oleh CV Curhat Anak Bangsa!

Tentu, polesan kasar dari halaman demi halaman hitam putih di dalam komik tersebut bisa dikatakan senada dengan film pertamanya yang klaustrofobik nan menegangkan. Tapi kalaupun ada yang kurang di dalam komik ini tentu ialah terdapat pada tata adegannya.

Keren, Lho! Ini Penampakan Komik The Raid Baru Bulan Ini!

Adegan baku tembak senjata api di awal-awal komik masih terasa alami, namun kelemahannya barulah terlihat ketika komik ini mereka ulang baku hantam yang begitu kinetik dari filmnya.

Sayangnya, beberapa halaman seolah melewatkan bagian penting dari pergerakan Iko, Yayan, dan Joe Taslim yang membuat setiap pukulan mereka semakin menyakitkan, karena fokus koreografinya yang buram dan tidak terarah. Kalau saja mereka mengambil catatan dari komik-komik Manhua, barangkali aksinya tidak akan se-berantakan itu.

Lalu, bagaimana dengan impresi komik The Raid baru di tahun ini? Temukan jawabannya di halaman terakhir!

Keren, Lho! Ini Penampakan Komik The Raid Baru Bulan Ini!

Komik The Raid baru yang terbit di bulan Agustus 2018 ini memiliki tim yang berbeda, lho! Kini, komik yang diangkat dari The Raid 2: Berandal tersebut digarap full-color oleh penulis Ollie Masters, pelukis Budi Setiawan, pewarna Brad Simpson, dan letterer Jim Campbell!

Berbeda dengan komik pertamanya yang mengkapsulasi film The Raid pertama menjadi satu jilid buku, komik terbarunya ini berniat untuk memperluas dunia tersebut dalam medium yang berbeda!

Film sekuel The Raid ini memang memiliki kekurangan terbesarnya dalam dunia yang luas, namun kurang diekspos. Karena itu tidak hanya satu jilid semata, tapi komik The Raid baru ini akan tampil dalam wujud serial!

Titan Comics barangkali berambisi untuk menciptakan momentum baru di dalam saga ini sembari kita menanti film ketiga yang tidak kunjung datang tersebut.

Lalu, pertanyaan terbesarnya: Bagaimana dengan adegan bertarung di dalam komik ini? Apakah akan sama bermasalahnya dengan komik pertamanya yang terlihat seperti corat-coret storyboard?

Meski diragukan dalam jangka panjang, tapi halaman dari edisi pertama adaptasi Titan Comics tersebut setidaknya menenangkan sanubari, meskipun pukulan demi pukulan yang ringkas khas komik Amerika membuat penulis sedikit khawatir dengan bagaimana mereka mengadaptasi koreografi rumit dari filmnya kelak.

Penasaran dengan adegan yang dimaksud? Intip halaman-halaman komiknya di bawah ini!

Keren, Lho! Ini Penampakan Komik The Raid Baru Bulan Ini!

Keren, Lho! Ini Penampakan Komik The Raid Baru Bulan Ini!

Keren, Lho! Ini Penampakan Komik The Raid Baru Bulan Ini!

Keren, Lho! Ini Penampakan Komik The Raid Baru Bulan Ini!

Bagaimana impresimu dengan panelling ala komik Amerika di atas? Apakah dengan satu dua gambar pukulan, kita dibiarkan membayangkan sendiri koreografinya adalah langkah yang tepat untuk mengadaptasi film ini?

Terlepas dari impresimu tentang filmnya, bagikan pendapatmu tentang komik The Raid Baru ini di kolom komentar!

Article Terkait

Latest Story

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek