Comscore Tracker

Mantul! AKSI dan KEMKOMINFO Luncurkan Prangko Jagoan Indonesia!

Gundala jadi prangko SSR. Mantul ngga, tuh?

Tahukah kamu kalau hari ini adalah hari lahirnya Bapak Komik Indonesia, RA Kosasih? Hari ini, Asosiasi Komik Indonesia (AKSI) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (KEMKOMINFO) resmi meluncurkan edisi prangko jagoan Indonesia, dengan bertemakan jagoan-jagoan dari komik Indonesia!

Prangko Jagoan Indonesia yang dirilis mengangkat profil dari Sri Asih, Si Buta dari Gua Hantu dan superhero Gundala yang memiliki adaptasi live action, lho!

Mantul! AKSI dan KEMKOMINFO Luncurkan Prangko Jagoan Indonesia!Prangko yang resmi dirilis ini juga sudah dipersiapkan dalam berbagai wujud yaitu lembar suvenir yang isinya 3 prangko dengan nominal 10 ribu Rupiah, versi standar yang memiliki nilai nominal masing-masing 3 ribu Rupiah, dan Sampul Hari Pertama (SHP), yang dijual secara terbatas!

Dalam acara peluncuran ini juga disertai dengan lelang prangko spesial yang diadakan bersama Lutfie Hasbullah Jusuf.

Mantul! AKSI dan KEMKOMINFO Luncurkan Prangko Jagoan Indonesia!

Faza Meonk, komikus seri komik Juki sekaligus ketua AKSI memaparkan bahwa setiap tahunnya PT Pos Indonesia di bawah naungan KEMKOMINFO menetapkan 12 tema untuk seri prangko yang akan rilis sepanjang tahun tersebut. Kali ini, tema yang diangkat adalah komik Indonesia sebagai salah datu cabang seni.

"Sehubung tahun 2019 ini bertepatan dengan 100 tahun kelahiran RA Kosasih, maka disepakati untuk mengangkat tema Jagoan Indonesia, mengingat salah satu karya orisinil RA Kosasih yang paling dikenal adalah Sri Asih. Sosok adisatria perempuan pertama di Indonesia," ujar Faza mengenai plihan tema Prangko Jagoan Indonesia tersebut.

Faza juga menambahkan, "Selain 100 tahun kelahiran RA Kosasih, tahun ini juga adalah 50 tahun lahirnya Gundala karya Hasmi. Berdekatan dengan itu tahun 2017 lalu merupakan 50 tahun kelahiran Si Buta dari Gua Hantu karya Ganes TH. Jadi, momentumnya hampir bersamaan. Karenanya, ketiga sosok karakter itu yang dipilih sebagai tonggak perjalanan panjang Komik Indonesia."

Andy Wijaya, Commercial Manager dari Bumilangit Entertainment Corpora menambahkan, "Bumilangit sebagai anggota dari AKSI menyambut terbuka kesempatan ini untuk mempromosikan komik Indonesia melalui tiga jagoan yang sudah dikenal masyarakat sejak dulu kala. Ketiga jagoan tersebut Si Buta dari Gua Hantu, Sri Asih, dan Gundala sudah dikelola oleh Bumilangit hak ciptanya dan terus berusaha diperkenalkan ke generasi muda dengan berbagai cara."

Apakah kamu penasaran dengan sejarah komik Indonesia? Bagikan opinimu melalui kolom komentar!

 

 

Article Terkait

Latest Story

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek