Comscore Tracker

Keramaian MRT Viral, Para Komikus Bikin Komik Etika Transportasi

Panduannya gampang dimengerti, lho!

Sedari awal uji cobanya yang dimulai sejak 12 Maret lalu, kisah tentang MRT viral kemarin menuai banyak sekali respon negatif.

Hal tersebut pun berasal dari tersebarnya perilaku pengunung MRT yang bergelantungan dan makan di dalam kawasan sangat dekat dengan MRT, seperti yang dikabarkan oleh Detik.

Dikutip dari Nawala Karsa, dimulai dari hari ini penumpang yang akan menggunakan MRT Jakarta diarahkan kembali untuk melakukan pendaftaran secara online.

Hal ini berdasarkan hasil evaluasi pada fase uji coba yang telah dilakukan oleh manajemen MRT Jakarta. Pendaftaran dibuka untuk tanggal keberangkatan pada hari H dan hari H+1 dari tanggal pemesanan.

Hal ini tentu, tidak menjadi respon dari seluruh warganet. Salah satu dari warganet tersebut dengan akun Instagram @rizkypepew menggambar komik yang membagikan tips-tips menaiki MRT untuk menghindari tingkah-tingkah tidak diinginkan yang menjadi viral akibatnya.

Komik pendek ini mengulas beberapa tips yang juga senada dengan setiap tindakan-tindakan yang viral di media sosial tersebut. Saat ini, komik tersebut sudah disukai lebih dari 3 ribu kali di Instagram.

https://www.instagram.com/p/BvX2B1fpJA6/

Pihak MRT Jakarta sendiri bekerjasama dengan Sheila's Playground mengeluarkan sebuah komik panduan bertransportasi dengan MRT yang berjudul, "Komik Panduan untuk Penumpang MRT Jakarta". 

https://www.facebook.com/michelle.anugrah/posts/10156476983302981

Setelah dibagikan kembali via pengguna Facebook Michelle Dian Lestari, komik ini sudah dibagikan sampai lebih dari 1.7 ribu kali.

Tentunya, peran warganet sebagai bagian dari kejadian MRT viral ini bisa memanfaatkan panduan tersebut sebagai media edukasi yang efektif  baik di lokasi maupun di luar lokasi.

Apa pendapatmu tentang kisah tingkah laku para warga yang menaiki MRT viral ini? Bagikan opinimu tentang tingkah laku  melalui kolom komentar di bawah ini!

Article Terkait

Latest Story

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek