Comscore Tracker

Solusi Praktis Download Aplikasi & Game Google Play Langsung Melalui PC

Iseng selancar Google Play, temukan game keren yang gratis, namun begitu melihat ukuran filenya... walah, 49 MB! Jika jatah paket internet smartphone sudah menipis, ada satu trik men-download aplikasi dari Market tersebut langsung melalui PC. Bagaimana caranya?

Solusi Praktis Download Aplikasi & Game Google Play Langsung Melalui PC Download game action RPG keren berukuran 40 MB seperti ini lebih nyaman via PC...[/caption]

UPDATE PENTING: Kami menemukan rupanya jika Android di-upgrade ke versi yang lebih tinggi, Device ID-nya berubah. Jadi pastikan kembali Device ID yang kamu masukkan benar!

Mungkin kamu pernah mengalami keadaan seperti saya. Iseng selancar Google Play, menemukan game yang sepertinya keren, dan gratis lagi. Seperti Third Blade dari Com2Us ini, misalnya. Pengen download, namun begitu melihat ukuran filenya... walah, 49 MB! Sedangkan jatah paket internet smartphone sudah menipis. Tapi masih ada jatah langganan paket modem internet di PC... Kalau begitu, download saja gamenya melalui PC dalam bentuk file installer Android (.apk), dan install secara manual. Yang jelas, cara ini tidak perlu memaksamu masuk website yang menyediakan aplikasi / game Android ilegal, karena download aplikasi & game langsung melalui Google Play, dan hanya berlaku untuk aplikasi atau game yang gratis... Bagaimana caranya?

Memang perlu sedikit usaha, namun akan sangat membantumu dalam mengumpulkan aplikasi gratisan. Memang ada cara praktis, membuat PC atau notebook-mu, plus modem internet, menjadi hotspot alias reuter menggunakan software Connectify. Dengan demikian para Droid bisa meminjam access point yang diciptakan software tersebut melalui koneksi modem internet, sehingga koneksi internet melalui Droid tidak akan menyita jatah paket internet mobile.

Akam tetapi rupanya tidak semua Droid dibekali dengan modul WiFi card yang bagus, sehingga terkadang koneksi dengan hotspot via Connectify tersebut sering mengalami kendala lemahnya sinyal atau yang parah, sering terputus... Salah satu dari banyak Droid yang "alergi" dengan Connectify adalah jajaran Xperia. Namun dengan metode satu ini, sedikit lebih rumit, namun kamu cukup download saja aplikasi gratis -- namun sepertinya terlihat keren -- download aplikasi & game dari Google Play dan install secara manual.

Solusi Praktis Download Aplikasi & Game Google Play Langsung Melalui PC

Seperti yang saya sebutkan di atas, kamu bakal men-download file APK ke PC, tanpa harus menyiksa Droid-mu jika filenya berukuran puluhan, atau ratusan MB. Cara ini sangat manjur, apalagi jika kamu menemukan dan menginginkan suatu aplikasi yang ternyata tidak kompatibel dengan Droid-mu, misalnya ekslusif Tegra 2, namun kamu yakin Droid-mu yang sudah ber GPU Adreno 220 juga mampu menjalankannya dengan lancar. Atau mungkin punya Kindle Fire, yang default-nya hanya bisa mengakses Amazon AppStore, namun kamu juga pengen meng-install aplikasi dari Google Play. Berikut ini video singkat yang menunjukkan bagaimana proses download APK langsung ke PC.

[youtube_embed id="rL6793saxXg"]

Lanjut ke halaman 2 untuk panduan lengkapnya...

Download Aplikasi & Game Melalui PC

Solusi Praktis Download Aplikasi & Game Google Play Langsung Melalui PC

Caranya adalah dengan menggunakan extension Google Chrome yang baru saja dikembangkan oleh developer Redphx, dan memungkinkanmu menyedot file APK (yang gratisan yah!) ke PC, bukanya melalui Droid. Untuk ini, kamu memerlukan browser Google Chrome terbaru (bisa kamu cek melalui opsi "About Google Chrome untuk mengetahui versinya, minimal dibutuhkan versi 17) dengan  SSL error notifications harus disabled, kemudian juga device ID dari Droid-mu, serta alamat email email dan password yang kamu gunakan untuk mengakses Google Play. Dan berikut langkah-langkahnya...

Yang jelas, kamu harus menggunakan Google Chrome, browser favorit saya tuh... Firefox, Internet Explorer, atau Opera tidak didukung extension ini! Kemudian berikut yang kamu perlukan :

Google Chrome 17 atau yang terbaru

Device ID (download software ini dari Google Play, atau langsung .apk-nya melalui link Mediafire ini)

APK Downloader Chrome Extension (sekali lagi, kamu harus menggunakan Chrome saat mengklik link APK Downloader di samping)

Dan detail langkah - langkahnya :

  • Pastikan kamu sudah meng-install Google Chrome di PC.
  • Download dan install Device ID ke Droid-mu, dan catat 16 digit device ID Droid-mu.
  • Download dan install APK Downloader Chrome Extension.
  • Disable SSL error warnings

Catat Device ID dan alamat email yang kamu gunakan... Device ID juga bisa kamu dapatkan dengan cara men-dial *#*#8255#*#* dari Droid-mu![/caption]

Solusi Praktis Download Aplikasi & Game Google Play Langsung Melalui PC Install extension APK Downloader, setelah versi 1.2.1 sudah mendukung Google Play... yang terbaru versi 1.2.3[/caption]

Kemudian kamu perlu men-Disable SSL error warnings. Caranya, kamu perlu menutup Google Chrome jika saat itu mungkin sedang berjalan. Ini penting, pastikan cek melalui Task Manager (Ctrl + Alt + Del) apakah Chrome masih ada yang jalan. Jika ada, langsung kill saja task-nya. Kemudian pergi ke Desktop Windows-mu, dan klik kanan pada shortcut Chrome di sana, dan pilih "Properties." Arahkan ke tab "Shortcut," dan tambahkan [space]--ignore-certificate-errors di akhir dari  command shortcut-nya, sehingga pada akhirnya kamu dapatkan seperti berikut ini:

"C:\…\chrome.exe --ignore-certificate-errors

Solusi Praktis Download Aplikasi & Game Google Play Langsung Melalui PC
Juga penting, untuk mematikan fungsi notifikasi SSL error...
Solusi Praktis Download Aplikasi & Game Google Play Langsung Melalui PC

Selanjutnya klik OK, dan buka kembali Chrome dengan shortcut yang sudah dimodifikasi tersebut, lalu buka menu halaman option APK Downloader. Jika saat membukanya kamu tidak menemui kotak peringatan certificate error, maka kamu sukses men-dissable peringatan SSL error.

Solusi Praktis Download Aplikasi & Game Google Play Langsung Melalui PC Namun jika belum kamu tambah --ignore-certificate-errors, maka saat meng-klik option APK Downloader, kamu mendapati error seperti di atas...Seperti ini harusnya jika tidak ada error-nya...[/caption]

Jika masuk layar edit APK Downloader seperti di atas tidak ada error, masukkan email-mu, password-nya, dan device ID, lalu Save Setting. Cukup begitu saja, kini kamu bisa mulai menggunakan APK Downloader. Setelah login, kamu tinggal masuk halaman aplikasi / game di Google Play, dan klik ikon APK Downloader yang ada di ujung halaman Address untuk men-download .apk ke PC-mu! Sekali lagi, hanya untuk aplikasi / game yang gratisan lho ya... kecuali sebelumnya kamu sudah membeli aplikasi berbayar menggunakan akun yang kamu pakai di APK Downloader ini. Sekali lagi, ini bukan metode untuk memperoleh aplikasi / game versi "pak tani."

Solusi Praktis Download Aplikasi & Game Google Play Langsung Melalui PC Tinggal masuk halaman aplikasi / game di Google Play, dan klik ikon APK Downloader di ujung Address Bar untuk men-download APK ke PC-mu![/caption]

Lanjut ke halaman 3...

Solusi Praktis Download Aplikasi & Game Google Play Langsung Melalui PC Gunakan file manager untuk mencari file .apk yang baru kamu download, dan install manual melalui Droid-mu...[/caption]

Setelah .apk yang kamu pilih selesai di-download, cari dimana kamu men-save-nya, dan transfer ke Droid-mu, entah via koneksi bluetooth atau kabel data. Lantas tinggal install .apk tersebut dengan mencarinya di dalam Droid melalui aplikasi file manager seperti ASTRO File Manager. Pastikan kamu juga sudah mencentang opsi "Unknown source" di menu setting Security (atau Application jika kamu menggunakan Gingerbread / Froyo), agar bisa meng-install .apk yang bukan dari Google Play / Market resmi.

Mungkin kamu bertanya - tanya, kenapa harus memberikan data email dan password akun Google. Kamu perlu memasukkan alamat email dan password-nya untuk login https://www.google.com/accounts/ClientLogin, sama seperti kamu mengakses Google Play melalui Droid atau PC. Extension ini sendiri hanya menyimpan email dan device id serta Google Play cookie dalam local storage Chrome di PC, sehingga bisa masuk ke cookie-nya Google Play.

Solusi Praktis Download Aplikasi & Game Google Play Langsung Melalui PC Langsung berburu aplikasi gratisan di Google Play, dan download ke PC.... Klik ikon APK Downloader di ujung kanan address bar untuk memulai proses download. Tapi ingat, hanya untuk aplikasi yang gratis alias FREE ya![/caption]

Namun pada dasarnya meski kelihatan tidak ada tindakan download aplikasi berbayar secara gratis, langkah ini tetap melanggar ketentuan Google Play, karena kita men-download aplikasi dan game bukan dari sumber yang ditentukan oleh Google. Jadi kamu menggunakan extension ini dengan segala resikonya. Perlu juga kamu ketahui jika peringatan SL yang di-disabled bukanlah SSL protocol-nya. Memang aman men-disable SSL warning, selama kamu paham apa yang kamu lakukan -- hanya men-download .apk dari Google Play, selama ini aman - aman saja. Namun jika masuk web lain yang seharusnya mengeluarkan peringatan SSL, peringatan tadi sudah kamu non aktifkan.

Solusi Praktis Download Aplikasi & Game Google Play Langsung Melalui PC Bicara larangan install aplikasi bukan dari Google Play, dalam Setting Android sendiri ada opsi untuk itu... Jadi sebenarnya install aplikasi non-market itu dilarang tidak ya... Jadi bingung saia!?[/caption]

Kemudian cara ini juga memungkinkanmu men-download aplikasi atau game yang seharusnya tidak bisa diakses melalui setting di negara / operator kita. Itu karena APK Downloader menggunakan operator code T-Mobile. Cara yang sama bisa kamu lakukan melalui Drod yang ter-ROOT dan menggunakan aplikasi Market Unlocker atau Market Enabler, sehingga kamu bisa merubah kode operator ke operator dari negara lain.

Article Terkait

Latest Story

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek