Bagaimana Jika Hyuga Memiliki Byakugan!?

Jika Hyuga memiliki Byakugan, mungkin Captain Tsubasa bakalan jadi Supershot Soccer… atau mungkin bukan sebuah serial Sepak Bola lagi!

Bagaimana Jika Hyuga Memiliki Byakugan!?

Captain Tsubasa adalah salah satu serial animanga olahraga superpower yang penuh dengan teknik-teknik sepakbola di luar nalar—tetapi cukup menghibur. Selain itu, alur cerita dan karakter-karakter yang muncul dalam serial Captain Tsubasa ini benar-benar ikonik dan menginspirasi anak-anak. Nah, berbicara mengenai karakter, Kojiro Hyuga mungkin menjadi salah satu karakter paling disukai.

Kojiro Hyuga adalah rival terbesar Tsubasa. Karakter yang memiliki berbagai teknik tendangan penuh tenaga ini bisa dibilang adalah karakter yang membuat nama Hyuga menjadi beken di kalangan anak-anak Indonesia tahun 90-an dan awal tahun 2000-an. Jika ada yang menyebutkan Hyuga, pasti langsung kepikiran Kojiro Hyuga ini.

Bahkan, setelah Naruto rilis dan tayang di Indonesia, kemunculan Neji Hyuga pun sering disangkut pautkan dengan Kojiro Hyuga. Pertanyaan-pertanyaan seperti “Hyuga ini siapanya Hyuga di Captain Tsubasa?” atau “Bisakah Neji bermain sepak bola?” atau “apakah Kojiro Hyuga memiliki Byakugan?” kadang terlintas di kepala anak-anak saat itu—termasuk saya.

Ok, mungkin cuma saya saja yang berpikiran demikian…

Tentunya, untuk pertanyaan pertama sudah jelas jawabannya “tidak” karena Naruto dan Captain Tsubasa adalah dua serial yang berbeda. Pertanyaan kedua juga rasanya bisa dijawab “tidak” mengingat sepak bola bukanlah sebuah olahraga yang populer di kalangan masyarakat RT dan RW desa Konoha.

Nah, pertanyaan terakhir ini menarik! Jawaban dari “Apakah Kojiro Hyuga memiliki Byakugan?” tentu saja “tidak”. Tetapi, jika saya pikir-pikir rasanya menarik kalau Hyuga ini memiliki Byakugan—mengingat Captain Tsubasa sendiri adalah serial yang penuh dengan kekuatan-kekuatan super.

Hyuga bisa mengombinasikan mata tersebut dengan permainan sepak bola dan membuat serial Captain Tsubasa menjadi lebih menarik. Kira-kira, begini nih jadinya kalau Hyuga memiliki Byakugan:

Jadi Dewa Dribble

Bagaimana Jika Hyuga Memiliki Byakugan!? Cara merebut bola dari Hyuga adalah melalui titik buta. Tapi itu hampir mustahil...[/caption]

Dalam serial Naruto, Byakugan adalah mata spesial yang membuat penggunannya dapat melihat 3600, jarak jauh, dan juga menembus benda-benda padat. Bayangkan, jika Kojiro Hyuga memiliki hal tersebut di dalam Captain Tsubasa. Dia bakalan bisa melihat dan mengetahui posisi-posisi semua teman ataupun lawannya di lapangan.

Hal ini membuat Hyuga, ketika membawa bola, sulit sekali untuk direbut. Musuh akan kesulitan untuk mengendap-ngendap atau mendekati Hyuga secara diam-diam saat membawa bola. Dia bisa menjadi dewa dribble di serial Captain Tsubasa yang bahkan melebihi karakter yang namanya digunakan sebagai judul serial ini!

Mungkin, satu-satunya karakter yang bisa merebut bola dari Hyuga adalah kak Seto Mulyadi dengan sledingan mautnya.

Masih ada hal unik lainnya yang terjadi jika Kojiro Hyuga memiliki Byakugan. Lanjut ke halaman 2!

Pintar Mencari Posisi dan Mengoper Bola

Bagaimana Jika Hyuga Memiliki Byakugan!? Passing yang sempurna dari Hyuga bakalan bikin anggota yang lain masuk ke zone seperti Akashi dan Rakuzan di Kuroko no Basket[/caption]

Masih berhubungan dengan poin pertama. Jika Hyuga memiliki Byakugan, maka dia akan mengetahui semua posisi kawan, lawan, dan bahkan bola di lapangan. Hal ini bisa menjadi sebuah tactical awareness (atau entah apalah itu nama istilahnya) yang membuat Hyuga menjadi pintar mencari posisi menguntungkan di lapangan.

Hal ini membuat Hyuga semakin berbahaya di lapangan. Dia bisa memposisikan dirinya di manapun sebelum tendangan pojok atau tendangan bebas. Dia juga bisa mencari teman yang bisa dioperi bola jika dia dikeroyok oleh lima orang di lapangan.

Berbicara mengenai mengoper bola, dengan Byakugan, bukannya tidak mungkin jika dia bisa memberikan operan yang pass dan meningkatkan kemampuan teman-temannya. Hal ini karena Byakugan, jika dalam serial animanga olahraga mungkin seperti Emperor Eyes milik Akashi dari serial Kuroko no Basket.  Dengan pass yang tepat dikombinasikan dengan Byakugan, Hyuga bisa membuat Tsubasa dan kawan-kawan masuk ke dalam zone.

Sayangnya, Hyuga bukan tipe-tipe pemain yang suka passing bola. Belum lagi, dia juga seorang striker…

Tenketsu! – “Membunuh” dan Melumpuhkan Kiper Lawan

Bagaimana Jika Hyuga Memiliki Byakugan!?

Salah satu kemampuan yang sering dilupakan dari kekuatan Byakugan mungkin adalah kemampuan untuk melihat Tenketsu—titik-titik chakra milik musuh. Dipercaya bahwa semua manusia memiliki titik-titik ini, tak terkecuali manusia yang ada di Captain Tsubasa. Nah, jika Hyuga memiliki Byakugan, dia bisa menggunakannya untuk melihat titik chakra pemain lawan dan menutupnya.

Tentu saja, hal ini sama saja dengan pelanggaran karena bermain fisik. Sedikit menyentuh dan membuat pemain lawan berguling-guling di lapangan layaknya Cristiano Ronaldo, Hyuga bakalan langsung terkena kartu kuning dan dikirimkan oleh Jokowi ke Asmat.

Meskipun begitu, bukan berarti tidak ada cara untuk menutup titik chakra musuh. Saya masih ingat ketika Hyuga menendang bola ke wajah Morisaki, kiper Nankatsu yang nggak berguna dan, ajaibnya, bisa menjadi kiper ketiga tim nasional junior Jepang (mungkin karena dia adalah kenalan Tsubasa kali ya, makanya terpilih menjadi kiper timnas junior. Haha!)

Tendangan Hyuga yang super kuat tersebut mampu membuat Morisaki terkena PTSD dan takut dengan bola. Tendangan ini sendiri tidak dihitung sebagai sebuah pelanggaran.

Nah, dengan Byakugan, Hyuga bisa menendang bola tepat ke arah titik chakra pemain lawan—terutama kiper. Membuat pemain lawan lumpuh dan memenangkan pertandingan.

Rasanya, jadi terlalu imba seperti "Naruto" di Sword Art Online, ya?

Lanjut ke halaman 3!

Jepang Menjadi Juara Dunia

Bagaimana Jika Hyuga Memiliki Byakugan!?

Dengan semua kemampuan overpower yang dimiliki oleh Hyuga dan Byakugan miliknya, bukannya tidak mungkin Jepang bakalan menjadi juara sepak bola dunia. Lho, bukannya Jepang sudah juara? Bagi kamu yang belum tahu, prestasi tertinggi yang dicapai oleh Tsubasa dkk adalah sebagai juara dunia sepak bola junior/U-21—belum benar-benar juara tim senior.

Mengingat Captain Tsubasa sendiri adalah serial olahraga sepak bola superpower, bukannya tidak mungkin pertandingan akan semakin mengerikan dan absurd di tingkat senior dunia. Ketika SD hingga SMA, Tsubasa dkk bisa merobek jaring gawang, mementalkan pemain lawan, dan memecah ombak dengan tendangan (yang terakhir ini khusus Hyuga).

Memasuki dunia internasional, Tsubasa dkk bertemu dengan pemain-pemain lain dengan kekuatan yang lebih mengerikan. Sebut saja seperti Schneider, Santana, dan Pier. Mungkin jika serial dilanjutkan hingga kejuaraan sepak bola dunia senior, pertandingannya bakalan menjadi seperti Battle of Gods atau Tournament of Power-nya Dragon Ball Super.

Maka, dibutuhkanlah kekuatan Hyuga dan Byakugan-nya!

Judulnya Berubah Menjadi Captain Kojiro

Bagaimana Jika Hyuga Memiliki Byakugan!?

Sudah menjadi kepercayaan umum dan anak-anak, bahwa karakter yang namanya digunakan sebagai judul adalah karakter terkuat. Sebut saja, Naruto di mana Naruto adalah karakter terkuat—menurut anak-anak yang mengaku sebagai fan Naruto. Nah, di Captain Tsubasa, tentunya karakter paling kuat adalah Tsubasa—walaupun saya lebih percaya kalau Jun Misugi adalah pemain terkuat.

Karena Hyuga menjadi yang terkuat, bukannya tidak mungkin kalau judul serial ini bakalan berubah menjadi Captain Hyuga. Eh, atau mungkin lebih tepat jika berjudul Captain Kojiro, karena Kojiro adalah nama asli dan Hyuga adalah nama keluarga. Sebagaimana Tsubasa adalah nama asli dan Ozora adalah nama keluarga.

Itulah tadi cocoklogi what if yang menjelaskan bagaimana jadinya jika Hyuga memiliki Byakugan. Menurutmu sendiri, bagaimana sih kalau Hyuga memiliki Byakugan? Jangan sungkan untuk suarakan pendapatmu di kolom komentar ya!

Artikel terkait

Latest