Fans Naruto, One Piece, dan Dragon Ball, Sudahkah Kamu Merasa Tua?

Tunggu dulu, Whole Cake Island dimulai dua tahun lalu!? Dragon Ball Super debut 3 tahun lalu!? Jangan merasa tua ketika membaca artikel ini ya? Hihihi!

Fans Naruto, One Piece, dan Dragon Ball, Sudahkah Kamu Merasa Tua?

Naruto, One Piece, dan Dragon Ball mungkin adalah tiga serial mangaa paling populer yang pernah dibuat. Bahkan di Indonesia, ketiga serial anime ini memiliki fans yang sangat banyak—dan mungkin paling banyak dibandingkan fans serial animanga lain. Hal ini karena ketiga seri ini memiliki cerita yang sangat menghibur—dan sesuatu yang menghibur terkadang membuat kita lupa waktu.

Ya, kisah yang menghibur terkadang membuat kita lupa berapa lama waktu yang telah kita gunakan untuk mengikuti ceritanya—dan tahu-tahu sudah tamat aja. Contohnya, seperti Naruto yang menghabiskan waktu 15 tahun untuk tamat, dsb. Bahkan, untuk kisah yang belum tamat seperti One Piece juga membuat kita lupa waktu: tahukah kamu kalau Whole Cake Island ternyata sudah berjalan selama dua tahun?

Nah, berikut ini adalah waktu yang telah kamu lalui semenjak momen ikonik baik di dalam atau di luar manga Naruto, One Piece, dan Dragon Ball yang bakalan membuatmu merasa tua!

2 Tahun Lalu: Whole Cake Island Arc (Manga) Dimulai!

Fans Naruto, One Piece, dan Dragon Ball, Sudahkah Kamu Merasa Tua?

Whole Cake Island Arc menjadi perbincangan panas para fans One Piece kali ini. Bagaimana tidak? Arc ini adalah pembuka dari peperangan Luffy dkk menghadapi para Yonkou. Dalam Whole Cake Island Arc sendiri, Luffy berperang melawan Big Mom.

Banyak kejadian dan pertarungan yang terjadi dalam Whole Cake Island Arc, mulai dari “keluar”-nya Sanji dari kelompok Bajak Laut Topi Jerami hingga pertarungan Luffy melawan Katakuri. Tak terasa, Arc ini sendiri sudah berumur 2 tahun—debut pada tahun 2016 lalu—dan umurnya masih terus bertambah hingga saat ini, lho!

3 Tahun Lalu: Anime Dragon Ball Super Debut

Fans Naruto, One Piece, dan Dragon Ball, Sudahkah Kamu Merasa Tua?

Dragon Ball Super menjadi lanjutan dari kisah manga Dragon Ball dan anime Dragon Ball Z. Anime yang episode terakhirnya sangat hype ini baru saja selesai mengudara pada bulan Maret lalu. Memiliki 131 episode, Dragon Ball Super sudah mengudara selama tiga tahun.

Tiga tahun? Ya, rasanya baru kemarin Goku dkk memenangkan Tournament of Power, tetapi ternyata serial ini sudah mengudara selama tiga tahun, lho! Tournament of Power sendiri, dimulai setahun lalu—tepatnya pada 2 Juli 2017. Hmm… sudah cukup lama juga ya?

Atau kamu belum merasa tua setelah tahu fakta ini? Kalau begitu, lanjut ke halaman 2!

4 Tahun Lalu: Manga Naruto Tamat

Fans Naruto, One Piece, dan Dragon Ball, Sudahkah Kamu Merasa Tua?

Setahun sebelum Dragon Ball Super memulai debut animenya, 4 tahun lalu, manga Naruto yang telah berlangsung selama 15 tahun akhirnya tamat juga. Ya, manga Naruto berakhir pada tahun 2014 lalu manga Naruto tamat dan menyisakan perasaan getir hingga saat bagi para fans NaruSasu serta NaruSaku.

Ini berarti, bagi kamu yang saat itu kelas 3 SMA (berumur 17 tahun), kini sudah berumur 21 tahun! Hihihi!

5 Tahun Lalu: Dragon Ball Z kembali dengan Battle of Gods

Fans Naruto, One Piece, dan Dragon Ball, Sudahkah Kamu Merasa Tua?

Dragon Ball menjadi serial yang sangat disukai oleh banyak orang. Semenjak tamatnya Dragon Ball original, banyak fans yang bertanya-tanya, apakah serial yang dibuat oleh Akira Toriyama ini akan kembali? Tak disangka-sangka, 5 tahun lalu (tahun 2013), seri ini kembali dalam format movie yang berjudul: Dragon Ball Z: Battle of Gods.

Berbeda dengan movie lainnya, judul yang satu ini digarap langsung oleh Akira Toriyama. Dan setelah sukses di pasaran, movie ini pun berlanjut ke Fukkatsu no F. Karena kesuksesan dua movie ini, akhirnya seri Dragon Ball pun secara resmi dilanjutkan ke Dragon Ball Super. Yay!!

6 Tahun Lalu: Luffy dkk Masuk ke Dunia Baru

Fans Naruto, One Piece, dan Dragon Ball, Sudahkah Kamu Merasa Tua?

Whole Cake Island Arc adalah salah satu Arc yang mengisahkan petualangan Luffy dkk di Dunia Baru/New World. Berbicara mengenai dunia baru, sadarkah kamu kalau Luffy memasuki Dunia Baru sekitar 6 tahun lalu, yaitu pada tahun 2012? Hmm… berjalannya waktu memang tidak terasa ya?

Bagi kamu yang saat itu masih kelas 6 SD, sekarang pasti sekarang sudah kelas 3 SMA dan siap-siap menghadapi Ujian Nasional. Semoga sukses ya bagi kalian yang akan menghadapi Ujian Nasional nanti! Hihi!

Belum merasa tua? Kalau begitu, lanjut ke halaman terakhir!

7 Tahun Lalu: Perang Dunia Shinobi Ke-4 Meletus!

Fans Naruto, One Piece, dan Dragon Ball, Sudahkah Kamu Merasa Tua?

Perang Dunia Shinobi ke-4 menjadi penghujung kisah manga Naruto. Arc yang menceritakan kisah-kisah seru (dan beberapa hal yang cukup mengecewakan, hehe) ini ternyata memulai debutnya 7 tahun lalu, lho! Kisah perangnya sendiri baru berakhir setelah 3 tahun terlewati di dunia kita. Cukup lama juga, ya!

Kamu pasti masih sangat muda ketika membaca kisah Perang Dunia Shinobi ke-4. Berapa nih umurmu ketika membaca kisah epik yang satu ini?

8 Tahun Lalu: Ace Tewas

Fans Naruto, One Piece, dan Dragon Ball, Sudahkah Kamu Merasa Tua?

Kematian Ace menjadi salah satu kematian yang paling mengejutkan bagi para fans One Piece. Kakak angkat Luffy ini tewas di tangan Akainu saat Perang Marineford berlangsung. Ya, 8 tahun lalu, Ace telah tewas. Tetapi kematiannya tidak sia-sia karena dia membuat Luffy menjadi lebih berkembang, lebih kuat, dan lebih dewasa seperti yang kita ketahui sekarang ini.

19 Tahun Lalu: Naruto dan One Piece Memulai Debut

Fans Naruto, One Piece, dan Dragon Ball, Sudahkah Kamu Merasa Tua?

Sekarang kita mundur lebih jauh lagi ke belakang: 19 tahun lalu, manga Naruto (one-shot) dan manga One Piece memulai debutnya. Tunggu dulu, 19 tahun lalu!?

Bagi kamu yang sekarang tidak lebih tua dari 19 tahun, manga ini lebih tua daripada kamu, lho! Bahkan meskipun kamu saat ini berumur 30 tahun, saat dua mahakarya ini memulai debutnya, saat itu kamu masih berumur 11 tahun! Hihi.

34 Tahun Lalu: Goku dan Bulma Memulai Perjalanan ke Barat Mencari Dragon Ball

Fans Naruto, One Piece, dan Dragon Ball, Sudahkah Kamu Merasa Tua?

Saya yakin, sebagian besar dari kalian pasti bahkan belum lahir saat manga Dragon Ball memulai debutnya. Penulis sendiri belum lahir ketika manga ini memulai debutnya 34 tahun lalu. Eh, kalau yang satu ini mungkin malah bikin kalian merasa muda ya? Haha!

Ya, 34 tahun lalu Bulma dan Goku bertemu. Keduanya pun memulai petualangan ke barat mencari Dragon Ball. Semenjak itu pula, banyak sekali kejadian kocak nan seru yang selalu menemani kita hingga saat ini. Meskipun sudah 34 tahun, judul Dragon Ball masih ramai dibicarakan hingga saat ini. Kisahnya juga bahkan masih berlanjut hingga movie yang bakalan dirilis pada akhir tahun 2018 nanti.

Tak terasa tiga serial ini sudah menemani kita sangat lama, ya? Bagaimana, apakah kamu sudah merasa tua? Hihihi.

Artikel terkait

Latest