Bukan Karena Goku, Bumi Takkan Bertahan Tanpa Adanya Bulma!

Bukan Goku, tetapi Bulma lho yang bikin Bumi tetap bertahan hingga sekarang! Ini buktinya!

Bukan Karena Goku, Bumi Takkan Bertahan Tanpa Adanya Bulma!

Goku selama ini digambarkan sebagai sosok “pahlawan” atau seseorang yang melindungi Bumi. Akan tetapi, jika dipikir-pikir lagi, ternyata Bumi lebih aman dan damai tanpa Goku, lho! Untuk pembahasan lebih lanjut mengenai hal ini, bisa kamu baca melalui artikel ini. Menariknya, Bumi ternyata bisa bertahan sejauh ini karena ada Bulma!

Ya, Goku mungkin digambarkan sebagai sosok yang menyelamatkan Bumi. Akan tetapi, Bulma memiliki peran yang ternyata lebih vital daripada Goku. Berikut ini adalah beberapa bukti bahwa Bumi tidak akan bertahan tanpa adanya Bulma:

Bukan Karena Goku, Bumi Takkan Bertahan Tanpa Adanya Bulma!

Jika kalian membaca manga awal Dragon Ball, pasti kalian tahu bahwa kisah ini diawali dengan pertemuan Goku dengan Bulma. Ya, Bulma adalah orang yang memberitahu Goku bahwa di dunia ini ada bola naga yang mampu mengabulkan segala macam permintaan—dan jumlahnya ada tujuh.

Kalau saja tidak ada Bulma, Goku pasti tidak akan memulai petualangannya mencari Dragon Ball. Kalau Goku tidak mencari Dragon Ball, mungkin dunia sudah jatuh ke orang-orang jahat yang juga mengincar Dragon Ball.

Bukan Karena Goku, Bumi Takkan Bertahan Tanpa Adanya Bulma!

Setelah Vegeta, Nappa, dan Raditz menyerang Bumi, banyak sekali korban yang berjatuhan—termasuk Piccolo. Kematian Piccolo sendiri menyebabkan Kami tewas dan Dragon Ball di Bumi menjadi tak dapat digunakan. Oleh karena itu, Goku dkk pun pergi ke planet Namek, mencari Dragon Ball di sana untuk menghidupkan kembali Piccolo dkk. Masalahnya, mereka tidak punya alat transportasi untuk pergi ke sana.

Setelah berbagai kejadian, akhirnya Bulma pun mendapatkan pesawat luar angkasa yang ditinggalkan oleh orang tua Piccolo/Kami berkat bantuan dari Mr. Popo. Dengan kejeniusannya, si perempuan berambut biru ini pun sanggup mengubah pesawat tersebut menjadi bisa digunakan kembali untuk berangkat ke planet Namek.

Lantas, bagaimana dengan pesawat luar angkasa Goku? Yang satu ini memang dibuat oleh ayah Bulma, Dr. Brief. Akan tetapi, perlu diingat bahwa Dr. Brief mampu membuat pesawat ini setelah dia membantu Bulma memperbaiki pesawat luar angkasa milik orang tua Piccolo/Kami. Berkat anaknya tersebut, Dr. Brief memiliki pengetahuan untuk membuatkan Goku pesawat.

Eits, masih belum selesai. Lanjut ke halaman 2!

Bukan Karena Goku, Bumi Takkan Bertahan Tanpa Adanya Bulma!

Setelah kejadian di planet Namek, Vegeta menjadi salah satu individu yang juga ikut dipindahkan ke Bumi. Karena tidak memiliki tempat tinggal, Bulma pun menawari Vegeta untuk tinggal di rumahnya. Dan, hei, siapa sangka kalau keduanya malah memiliki anak dan menikah?

Berkeluarga dengan si perempuan berambut biru ini membuat Vegeta menjadi lebih lembut. Meskipun awalnya tampak acuh, tetapi berkeluarga dengan anak perempuan Dr. Brief ini membuat Vegeta menjadi sosok ayah dan juga suami yang baik. Hal ini semakin diperlihatkan di Dragon Ball Super di mana dia lebih memilih untuk tinggal di rumah menantikan kelahiran anak keduanya daripada berlatih bersama Goku dan Whis.

Kalau Vegeta tidak bertobat, entah apa yang akan dia lakukan nantinya. Kemungkinan terburuk: Bumi menjadi hancur karenanya.

Bukan Karena Goku, Bumi Takkan Bertahan Tanpa Adanya Bulma!

Yang satu ini mungkin bukan berkat Bulma di masa kini, tetapi berkat dirinya dari masa depan. Kalau istri Vegeta ini tidak membuat mesin waktu, mungkin Trunks tidak akan pernah kembali ke masa lalu (masa kini) dan menyerahkan obat untuk menangani virus jantung yang menyerang Goku. Jika hal itu terjadi, maka Goku akan tewas.

Jika Goku tewas, maka masa depan Bumi akan sangat suram. Hal ini terbukti dengan situasi di masa depan di mana dunia hancur lebur gara-gara ulah Android. Ya, Android menguasai dunia di saat Goku telah tewas. Lalu, Goku di masa kini yang tidak jadi mati berkat obat buatan Bulma akhirnya menunjukkan Trunks tempat untuk berlatih (Hyperbolic Time Chamber).

Setelah berlatih di tempat itu, Trunks pun kembali ke masa depan dan berhasil melenyapkan Android dan bahkan Cell. Kalau tidak ada sang Ibu yang menciptakan mesin waktu, mungkin Bumi dan bahkan dunia bakalan lebih hancur lagi—yang mana akan dijelaskan di halaman selanjutnya.

Lanjut ke halaman terakhir!

Bukan Karena Goku, Bumi Takkan Bertahan Tanpa Adanya Bulma!

Bulma adalah seorang ilmuwan yang sangat jenius. Berkat kejeniusannya, bisa dibilang kalau dia adalah salah satu tokoh paling kaya di Bumi (antara dia atau Mr. Satan yang lebih kaya, tidak ada yang tahu). Berkat kekayaannya tersebut, dia pun mampu membayar Android 18 dan juga Kamesennin untuk berpartisipasi dalam Tournament of Power.

Coba kalau tidak ada Bulma yang kaya raya, pastinya Tim Universe 7 bakalan kekurangan anggota dan kesulitan untuk mengikuti Tournament of Power. Memang, yang menyebabkan kemenangan Tournament of Power adalah Goku, Frieza, dan Android 17. Tetapi hasilanya tentu akan sangat berbeda jika tim Universe 7 kekurangan orang. Mereka bisa saja kalah, dan Universe 7 dihapus.

Kemungkinan terburuk bahkan seluruh Universe bakalan dihancurkan oleh Zeno jika petarung yang menang meminta hal yang sangat egois pada Super Shenron di akhir Tournament. Bagi kamu yang belum tahu, Grand Priest menjelaskan bahwa Zeno akan menghancurkan seluruh Universe jika keinginan yang diminta oleh pemenang sangat egois.

Bukan Karena Goku, Bumi Takkan Bertahan Tanpa Adanya Bulma!

Mungkin ini adalah bukti paling otentik kenapa Bumi memerlukan Bulma. Dalam Dragon Ball Super, diceritakan bahwa masa depan masih bertahan semenjak Cell Saga. Akan tetapi, semenjak kemunculan Zamasu, Bumi menjadi kacau balau. Trunks yang mempertahankan Bumi pun mulai kelelahan secara fisik dan mental tanpa keberadaan Ibunya tersebut. Ya, sang Ibu tewas ketika Zamasu menyerang.

Bahkan setelah dibantu Goku dkk, Trunks di masa depan tetap tak bisa mengalahkan Zamasu. Akhirnya dunia di masa depan pun dihancurkan seluruhnya oleh Zeno setelah melihat Zamasu. Kalau ibu Trunks masih hidup saat itu, siapa tahu dia akan memiliki strategi lain dan masih ada kemungkinan kalau seluruh Universe di masa depan tidak dihancurkan.

Itulah tadi beberapa alasan kenapa Bumi takkan bertahan lama tanpa adanya Bulma. Meskipun tidak berada di garis depan ketika mempertahankan Bumi, dan lebih bisa dibilang sebagai tipe pendukung (support) tetapi keberadaan perempuan berambut biru ini sangatlah penting.

Adakah hal lain yang terlewatkan yang menurutmu membuat keberadaan Bulma sangat penting? Jangan sungkan untuk share dan diskusikan hal ini dengan teman-temanmu di kolom komentar ya!

Artikel terkait

Latest