Comscore Tracker

13 Kekkei Genkai, Jutsu Eksklusif Terunik dalam Naruto!

Kekkei Genkai adalah jutsu yang unik dan eksklusif dimiliki oleh shinobi tertentu. Kekkei Genkai manakah yang menurutmu paling unik?

kekkei genkai - thumbs

Kekkei Genkai adalah jutsu yang unik dan eksklusif dimiliki oleh shinobi tertentu. Kekkei Genkai manakah yang menurutmu paling unik?

Kekkei Genkai jika diartikan secara kasar bisa berarti jutsu, teknik, atau kemampuan yang terbatas pada garis keturunan tertentu. Sesuai namanya, jutsu ini hanya diturunkan secara keturunan kepada anggota dari klan-klan tertentu. Kemampuan Kekkei Genkai yang menggunakan mata disebut dojutsu. Biasanya Kekkei Genkei diturunkan pada bagian tubuh tertentu (mata atau tulang), akan tetapi ada juga Kekkei Genkei yang merupakan percampuran antara dua tipe elemen chakra.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/04/23/akan-seperti-apakah-jutsu-milik-boruto-nantinya/" title="7 Jutsu Yang Bakal Diwarisi Boruto dari Naruto?"]

Meskipun disebut sebagai jutsu yang diturunkan dalam keluarga, tetapi ada beberapa pengecualian. Seperti misalnya elemen kayu milik Hashirama Senju yang hanya bisa dia gunakan sendiri ataupun orang yang memodifikasi dirinya dengan DNA hashirama. Beberapa Kekkai Genkai juga dapat diberikan kepada orang lain, seperti Sharingan milik Obito yang diberikan kepada Kakashi. Selain itu, meskipun disebut eksklusif kepada anggota dari klan tertentu, tetapi ada juga Kekkai Genkai yang dapat diajarkan kepada orang lain seperti misalnya elemen magnet yang menyebar dikalangan ninja Sunagakure dan Kumogakure.

Kekkei Genkai sendiri adalah jutsu yang unik dan jumlahnya ada banyak. Dari sekian banyaknya Kekkei Genkai tersebut, yang manakah yang merupakan terunik? Berikut ini adalah 13 Kekkei Genkai terunik dalam serial Naruto. Oh, dan perlu diingat, bahwa nomor disini tidak menentukan urutan dari keunikan Kekkei Genkai tersebut.


[page_break no="1" title="Elemen Uap"]


kekkei genkai - Uap

Merupakan campuran antara chakra elemen api dan air yang menciptakan material berupa gas. Gas ini memiliki wujud dan kegunaan yang berbeda-beda tergantung dari penggunanya. Mei Terumi (Mizukage ke-5) menggunakan teknik ini untuk mengeluarkan gas yang bersifat korosif, sementara Kokuo (Bijuu ekor 5) dan Jinchuuriki-nya menggunakan elemen ini untuk mengeluarkan uap untuk meningkatkan kecepatan dan kekuatan fisik penggunanya atau untuk membakar dan melelehkan lingkungan sekitarnya menggunakan temperatur tinggi dari uap tersebut.


[page_break no="2" title="Byakugan"]


kekkei genkai - Byakugan

Byakugan adalah salah satu dari tiga dojutsu –kemampuan kekkei genkai mata. Kemampuan mata ini dimiliki oleh klan Hyuga dan Otsutsuki. Awalnya, Byakugan dapat digunakan untuk melihat sejauh 50 meter. Akan tetapi, melalui latihan jarak pandang dari Byakugan bisa mencapai lebih jauh daripada itu –contohnya saja Hinata Hyuga yang bisa melihat sampai sejauh 10 kilometer.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2014/12/13/8-alasan-kenapa-naruto-lebih-cocok-berpasangan-dengan-hinata-daripada-sakura/" title="10 Alasan Kenapa Naruto Lebih Cocok Berpasangan Dengan Hinata Daripada Sakura!"]

Kemampuan terbaik Byakugan tentu saja dapat digunakan untuk melihat chakra shinobi lain, termasuk aliran dan sistem sirkulasi dalam tubuh shinobi hingga mendetil. Oleh karena itu, Byakugan dapat digunakan untuk melancarkan teknik andalan Klan Hyuuga lainnya: Juuken, dan dapat digunakan untuk mendeteksi apakah seseorang sedang dalam pengaruh genjutsu atau tidak. Byakugan juga dapat digunakan untuk melihat sekelilingnya hingga mendekati 360 derajat, dan memiliki titik buta di bagian leher penggunanya, mengikuti gerakan super cepat, dan melihat obyek-obyek kecil. Benar-benar berguna untuk mencontek ketika sedang ujian.


[page_break no="3" title="Elemen Ledakan"]


kekkei genkai - ledakan deidara

Kombinasikan chakra elemen tanah dan elemen petir, maka kamu akan mendapatkan elemen ledakan. Dengan menggunakan elemen ini, penggunanya dapat menciptakan ledakan pada obyek yang mereka sentuh. Pengguna paling terkenal dari elemen ini adalah Deidara dari Iwagakure. Selain Deidara, beberapa shinobi dari Iwagakure juga diceritakan dapat menggunakan elemen ini.


[page_break no="4" title="Elemen Es"]


13 Kekkei Genkai, Jutsu Eksklusif Terunik dalam Naruto!

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/04/29/25-karakter-naruto-yang-punya-preferensi-seksual-tidak-jelas/" title="25 Karakter Naruto Yang Punya Preferensi Seksual Tidak Jelas"]

Elemen Es merupakan kombinasi dari elemen angin dan elemen air dan eksklusif digunakan oleh anggota klan Yuki. Seperti namanya, penggunanya dapat menciptakan es menggunakan elemen ini. Saat menciptakan es, maka area disekitar pengguna akan menjadi cukup dingin sampai-sampai dapat menurunkan salju. Salah satu pengguna dari elemen ini adalah Haku. Es yang dikeluarkan, terutama oleh Haku, sangatlah kuat sampai-sampai tidak bisa dilelehkan dengan mudah dengan serangan berelemen api. Jika kamu menguasai elemen es, kamu mungkin tidak lagi membutuhkan kulkas.


[page_break no="5" title="Penyerapan Energi Alam Klan Juugo"]


kekkei genkai - juugo

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/04/30/5-lokasi-di-naruto-yang-mirip-dengan-lokasi-di-dunia-nyata/" title="5 Lokasi di Naruto Yang Mirip dengan Lokasi di Dunia Nyata!"]

Anggota dari klan Juugo (yang detil namanya tidak disebutkan sama sekali dalam manga maupun anime) memiliki enzim unik yang dapat menyebabkan mereka untuk menyerap dan menggunakan energi alam tanpa harus berlatih senjutsu. Akan tetapi, karena kebanyakan penyerapan energi ini bersifat pasif, tanpa kendali penuh dari mereka, anggota klan Jugo rentan terhadap kegilaan –seperti yang sering terjadi terhadap Juugo. Pengguna dari teknik ini juga dapat mengubah bentuk tubuh mereka dengan fungsi yang berbeda-beda dari setiap pengguna.


[page_break no="6" title="Elemen Magnet"]


13 Kekkei Genkai, Jutsu Eksklusif Terunik dalam Naruto!

Perpaduan antara elemen angin dan tanah akan menciptakan elemen magnet. Dengan menggunakan elemen ini, penggunanya dapat menciptakan kekuatan magnet yang memiliki kegunaan berbeda-beda –salah satunya untuk mengendalikan pasir. Beberapa shinobi dari Sunagakure dan juga Kumogakure dikenal memiliki kekkei genkai ini, tetapi mungkin yang paling terkenal adalah Kazekage ke-3, Gara dan juga ayahnya, Rasa.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/05/03/20-kage-terkuat-dalam-serial-naruto/" title="20 Kage Terkuat dalam Serial Naruto!"]

Shukaku (Bijuu ekor 1) dan Jinchuuriki-nya dapat menggunakan elemen ini untuk mengendalikan pasir dan juga menyegel musuh. Kazekage ke-3 mempelajari konsep dari elemen magnet milik Shukaku dan Jinchuuriki-nya untuk mengendalikan pasir. Bedanya, dia menggunakan pasir besi yang terbukti lebih berbahaya daripada pasir biasa. Berbeda lagi dengan Rasa, jika Kazekage ke-3 menggunakan pasir besi, maka dia menggunakan pasir emas. Pasir ini biasa digunakan untuk mengendalikan Shukaku ketika mengamuk.

Yang membuat penasaran, bagaimana jadinya ya jika elemen ini digunakan untuk melawan Crocodile (One Piece) atau Sandman (Spider-Man)?


[page_break no="7" title="Sharingan"]


13 Kekkei Genkai, Jutsu Eksklusif Terunik dalam Naruto!

Kekkei Genkai paling populer dalam serial Naruto, Sharingan. Secara umum, Sharingan dimiliki oleh anggota klan Uchiha. Akan tetapi, ada juga beberapa ninja yang bukan anggota klan Uchiha yang memiliki Sharingan –misalnya Kakashi dan Danzo.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/05/04/bisakah-kakashi-meniru-teknik-lain-tanpa-menggunakan-sharingan/" title="5 Alasan Kakashi Bisa Meniru Teknik Lain Tanpa Menggunakan Sharingan!"]

Sharingan adalah salah satu dojutsu yang paling diceritakan secara mendetil selama serial Naruto. Bola mata, hampir sama seperti Byakugan, memiliki kemampuan untuk melihat aliran chakra dalam tubuh seseorang, mendeteksi apakah orang tersebut terkena genjutsu atau tidak, dan melihat menembus obyek –meskipun tidak seakurat Byakugan. Selain itu, Sharingan juga bisa melihat gerakan sekecil apapun yang dilakukan musuh sehingga penggunanya dapat memprediksikan gerakan berikutnya. Kemampuan lainnya dari Sharingan adalah mampu meniru jutsu atau teknik musuh –tetapi terbatas selain kekkai genkai lainnya, dan juga membaca pikiran –serta dalam beberapa kasus dapat mengendalikan pikiran seperti yang dilakukan oleh Shisui Uchiha.

Mungkin kemampuan paling menakutkan dari Sharingan adalah mampu menciptakan genjutsu yang kuat. Genjutsu tersebut antara lain: Tsukiyomi, Izanagi dan Izanami.


[page_break no="8" title="Rinnegan"]


kekkei genkai - rinnegan

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/04/25/25-jutsu-terkuat-dalam-serial-naruto/" title="25 Jutsu Terkuat dalam Serial Naruto!"]

Selama cerita Naruto berlangsung, Rinnegan digunakan oleh Hagoromo Otsutsuki, Nagato, Madara Uchiha, Obito Uchiha, dan Sasuke Uchiha. Pengguna Rinnegan akan mendapatkan ‘akses’ untuk menggunakan berbagai macam jutsu yang disebut Six Path Technique. Penggunanya dapat menarik dan mendorong musuh tanpa menyentuhnya, menggunakan berbagai senjata dan armor, membaca pikiran, memanggil berbagai makhluk untuk bertarung bersama hingga menyerap chakra. Rinnegan bahkan dapat mengontrol kehidupan dan kematian.

Rinnegan, sama seperti Sharingan dan Byakugan, juga memiliki pandangan yang luas dan mendetil: dapat melihat sistem chakra dalam tubuh. Akan tetapi, berbeda dengan Sharingan dan Byakugan, Rinnegan tidak dapat melihat menembus benda-benda.


[page_break no="9" title="Kekkei Genkai Sakon dan Ukon"]


kekkei genkai - sakon ukon

Kekkei Genkai yang satu ini tidak memiliki nama ofisial dan sepanjang seri Naruto hanya dapat digunakan oleh Sakon dan Ukon, lalu kemudian Kabuto Yakushi (setelah mendapatkan DNA Sakon dan Ukon). Teknik yang satu ini membuat penggunanya dapat menguraikan dan menyusun tubuhnya hingga level molekuler. Dengan kata lain, pengguna dapat bergabung dan memisahkan tubuhnya dari orang lain.


[page_break no="10" title=" Shikotsumyaku"]


kekkei genkai - Kimimaro

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/05/03/begini-lho-kalau-hokage-ke-4-digambar-menggunakan-style-mangaka-lain/" title="Begini Lho Kalau Hokage ke-4 Digambar Menggunakan Style Mangaka Lain!"]

Kekkei Genkai ini memberikan penggunanya kemampuan untuk memanipulasi pertumbuhan tulang-tulang dalam tubuh mereka sesuka hati. Tulang-tulang tersebut dapat digunakan untuk menyerang dan juga bertahan. Tulang-tulang ini tidak hanya sebatas tulang-tulang ada yang di dalam tubuh manusia normal lho! Penggunanya bisa menciptakan tulang dengan jumlah yang banyak. Selain itu, penggunanya juga dapat menumbuhkan atau mengecilkan ukuran tulang di tubuh mereka. Salah satu pengguna Shikotsumyaku adalah Kimimaro.


[page_break no="11" title="Elemen Badai"]


kekkei genkai - badai

Meskipun namanya elemen badai, akan tetapi kekkei genkai yang satu ini mengendalikan badai. Jutsu ini lebih seperti mengendalikan listrik dalam jumlah yang banyak dan mengalir layaknya air. Jutsu ini mengkombinasikan elemen petir dan elemen air dan kebanyakan digunakan oleh ninja dari Kumogakure, terutama Darui.


[page_break no="12" title="Tenseigan"]


13 Kekkei Genkai, Jutsu Eksklusif Terunik dalam Naruto!

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/04/23/manga-naruto-gaiden-sebenarnya-ibu-sarada-itu-siapa-sih/" title="Manga Naruto Gaiden: Sebenarnya Ibu Sarada Itu Siapa Sih?"]

Tenseigan pertama kali dimiliki oleh Homura Otsutsuki, nenek moyang klan Otsutsuki dan Hyuga. Oleh karena itu, kombinasi dari klan Otsutsuki dan Hyuga dapat mengubah Byakugan menjadi Tenseigan. Dalam movie The Last, Toneri Otsutsuki mengambil Byakugan milik Hanabi untuk membangkitkan Tenseigan. Tenseigan memiliki kemampuan yang secara keseluruhan mirip dengan Rinnegan plus Tenseigan Chakra Mode yang meningkatkan kekuatan dan kecepatan penggunanya.


[page_break no="13" title="Elemen Kayu"]


kekkei genkai - kayu

Kekkei Genkai yang mengombinasikan elemen tanah dan elemen air untuk menciptakan kayu dan tumbuh-tumbuhan. Meskipun Kekkei Genkai, akan tetapi penggunaan elemen kayu hanya dapat digunakan oleh Hashirama senju dan juga mereka yang memiliki DNA-nya.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/04/20/15-karakter-terkuat-dalam-naruto/" title="15 Karakter Terkuat dalam Naruto!"]

Kayu dan tumbuh-tumbuhan dapat dikeluarkan dimana saja, mulai dari permukaan batu hingga tubuh penggunanya. Elemen ini terbukti sulit sekali untuk dikendalikan karena dibutuhkan jumlah chakra yang cukup besar dalam penggunaannya. Hanya Hashirama Senju yang benar-benar dapat menggunakan elemen ini secara sempurna. Mereka yang memiliki DNA Hashirama  memang bisa menggunakan elemen kayu, tetapi levelnya jauh sekali dibawah Hashirama.

Itulah tadi 13 Kekkei Genkai, jutsu eksklusif terunik dalam Naruto.  Apakah kekkei genkai favoritmu masuk dalam daftar kekkei genkai favorit ini?

Sumber: NarutoWiki

Article Terkait

Latest Story

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek