Peneliti : Pemain World of Warcraft Lebih Baik Daripada Lulusan Harvard
Channel "Big Think" mempublikasikan John Seely Brown sebagai narasumber yang mengatakan, lebih baik memilih pemain game World of Warcraft daripada lulusan MBA Harvard untuk perusahaan. Apa alasan peneliti ini mengatakan hal seperti itu? Simak juga video Big Think di dalam artikel.
Follow Duniaku untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News
Channel "Big Think, sebuah forum ilmu pengetahuan yang menampilkan ide-ide, pelajaran, dan saran dari para ahli terkemuka dari seluruh dunia. Pada tanggal 2 Januari 2013 mempublikasikan video dengan John Seely Brown sebagai narasumber yang mengatakan bahwa pemain game World of Warcraft adalah karyawan yang ideal untuk bisnis. Dalam video ini ia menjelaskan mengapa bermain game tersebut membuat pemain game World of Warcfart lebih layak dipilih ketimbang lulusan dengan gelar MBA Harvard.
"I would rather hire a high-level World of Warcraft player than a MBA from Harvard."
Mengapa bisa demikian, menurutnya bermain game tak selamanya berdampak buruk. Pria ini bisa membuktikan korelasi antara bermain game dengan dampak positif yang ditimbulkan di dunia nyata. Misalnya para gamer yang hobi memainkan game besutan Blizzard ini dianggap bisa mengasah kemampuan para gamer ketika berinteraksi, maupun menyusun strategi dan ini bisa berdampak pada semua pemain game MMORPG.
"Game World of Warcraft yang mungkin memiliki jumlah pemain sebanyak 12 juta orang, dan dalam bermain sangat penting dalam menjalankan game dalam tingkat individu maupun tim. Karena untuk memahami game multiplayer seperti World of Warcraft, tentunya tidak hanya berpikir sebagai sebuah permainan, tetapi lihat juga bagaimana kehidupan sosial dalam game tersebut (Guild-red)," kata Brown di dalam video tersebut.
Baginya, faktor pengembangan diri dalam World of Warcraft yang tidak diajari di universitas manapun, seperti rasa penasaran dan hasrat yang besar untuk menjadi yang terbaik di antara para Guild dan itu bisa menciptakan karakter yang dibutuhkan bagi perusahaan karena pemain sudah terbiasa melakukan hal-hal tersebut di dalam Guild.
Berbicara tentang John Seely Brown yang merupakan seorang peneliti dengan minat penelitiannya meliputi manajemen inovasi radikal, digital culture, komputasi otonom dan pembelajaran organisasi. Peneliti satu ini sudah lama malang melintang di dunia digital, tetapi pemaparan Brown masih menjadi kontroversi.
Jika Citizen perhatikan, sebagian ada yang percaya bermain game berdampak baik terhadap kehidupan nyata dan ada juga yang mengatakan pemain adalah anti sosial.
Video pemaparan oleh John Seely Brown bisa kamu lihat di target="_blank">link ini.
Bagaimana menurut Citizen?
sumber : Youtube