Komikus Asterix Albert Uderzo Meninggal Dunia

Ciptakan komik Asterix sejak tahun 1959

Komikus Asterix Albert Uderzo Meninggal Dunia

Apakah kamu mengenal tokoh-tokoh komik seperti Asterix, Obelix, atau Panoramix? Ya, mereka adalah tokoh serial komik Asterix yang menceritakan petualangan ksatria Gallia Asterix yang cekatan dan Obelix yang gembul, melawan invasi Kerajaan Romawi pimpinan Julius Caesar. Asterix merupakan serial komik klasik asli Prancis yang semangatnya masih terus hidup hingga hari ini.

Belum lama ini, Albert Uderzo yang merupakan salah satu pencipta asli seri Asterix dilaporkan telah meninggal dunia karena sakit.

1. Asterix lahir dari momen eureka

Asterix diciptakan oleh penulis René Goscinny dan ilustrator Albert Uderzo di tahun 1959. Keduanya tengah memikirkan ide untuk komik terbaru mereka saat keduanya diminta untuk membuat komik anak-anak bertema kebudayaan Prancis.

Keduanya kemudian meriset tema apa saja yang belum pernah diangkat ke dalam komik. Goscinny dan Uderzo akhirnya mendapatkan momen eureka mereka saat menjelajahi sejarah Gallia kuno. Dari situlah karakter Asterix dan Obelix lahir.

Baca Juga: Asterix: The Secret of the Magic Potion, Petualangan Asterix dan Ramuan Ajaib

2. Uderzo pegang kendali penuh Asterix

Pada tahun 1977, Goscinny meninggal saat pemeriksaan jantung. Karenanya, Uderzo pun turut mengambil alih tugas penciptaan cerita. Sejak saat itu, Asterix menjadi salah satu franchise komik tersukses dari Prancis dengan penjualan mencapai 370 juta kopi. Berbagai serial kartun, game, hingga film dibuat dengan berbagai kesuksesan lainnya.

Pada tahun 2009, Uderzo memutuskan pensiun menggambar Asterix dan menjual hak penerbitannya ke penerbit Hachette. Setelah melalui proses sengketa rumit dengan anaknya Sylvie, komik Asterix terbaru terbit di tahun 2013 karya penulis Jean-Yves Ferri dan ilustrator Didier Conrad. Ia sempat kembali menggambar Asterix di tahun 2015 untuk memberi penghormatan pada korban insiden Charlie Hebdo.

3. Meninggal bukan karena virus corona

Komikus Asterix Albert Uderzo Meninggal Dunianationalgeographic.com

Tanggal 24 Maret lalu, Albert Uderzo dilaporkan meninggal dunia di usia 92 tahun. 

"Albert Uderzo meninggal dalam tidur di rumahnya di Neuilly," ungkap menantu Uderzo, Bernard de Choisy, "akibat serangan jantung yang tidak berkaitan dengan virus corona."

Kami turut berduka cita atas wafatnya Albert Uderzo yang telah membantu menciptakan tokoh legendaris dalam sejarah perkomikan Prancis. Semoga kejayaan Asterix dan Obelix bisa terus lestari di masa yang akan datang.

Baca Juga: Rakyat Prancis Marah, Assassin's Creed Unity Dianggap Memutar Balikkan Sejarah!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU