Jago Nyanyi! Ini Virtual Youtuber yang Berprofesi Penyanyi

Punya lagu original dan cover J-pop sampai Billie Eilish!

Jago Nyanyi! Ini Virtual Youtuber yang Berprofesi Penyanyi

Virtual Youtuber kini butuh berbagai gimmick untuk bisa tampil terdepan. Ada yang jago menjadi MC, jago main game, jago akting, dan juga jago nyanyi. Banyak Vtuber yang bisa bernyanyi, namun tidak banyak yang menjadikan musik darah dan daging mereka.

Berikut ini adalah beberapa Vtuber yang berkarir sebagai penyanyi; baik secara solo maupun dalam grup.

1. AZKi

Channel: https://www.youtube.com/channel/UC0TXe_LYZ4scaW2XMyi5_kw

Genre: J-Pop

Arguably jadi salah satu Vtuber penyanyi terpopuler saat ini, AZKi merupakan Vtuber hololive yang fokus ke konten musik dan lagu. Ia memiliki beberapa lagu cover anime dan Vocaloid seperti "Just Be Friends," "Orange," "Sweet Devil," dan lain-lain. Selain cover, AZKi juga punya beberapa lagu original dan bahkan punya album solo berjudul without U.

2. Kaf

Channel: https://www.youtube.com/channel/UCQ1U65-CQdIoZ2_NA4Z4F7A

Genre: J-Pop

Percaya atau gak, Kaf ini merupakan salah satu idolanya AZKi! Ia merilis beberapa lagu cover dan juga orisinal. Produktivitasnya Kaf cukup tinggi loh. Ia pun sudah pernah merilis album Kansoku serta album remix karya produser musik Vocaloid.

3. Rim

Channel: https://www.youtube.com/channel/UCfBkUgaJ6eqYA9_TX2cmq9A

Genre: Pop

Rim merupakan rekan satu label dari Kaf. Ia juga punya lagu original dan cover, namun uniknya lagu cover-nya didominasi lagu-lagu barat. Beberapa musisi yang ia cover adalah Ed Sheeran, Alicia Keys, Zedd, Sia, Charlie Puth, hingga Billie Eilish!

4. KMNZ

Channel: https://www.youtube.com/channel/UCwuS0uY-Z2Gr_5OV2oFybFA (LITA), https://www.youtube.com/channel/UCRMpIxnySp7Fy5SbZ8dBv2w (LIZ)

Genre: Hip-hop

LITA dan LIZ merupakan anggota grup KMNZ. Meskipun keduanya punya karakter suara berbeda, mereka sangat piawai nge-rap. Selain membawakan cover lagu J-Pop, Vocaloid dan anime, mereka juga punya cover musik hip-hop Jepang dari Scha Dara Parr, tofubeats, EGO WRAPPIN', RIP SLYME, Chinza DOPENESS, dan masih banyak lagi. Di bulan November 2019 mereka merilis album solo original KMNVERSE.

Baca Juga: Di CSF 2019 Jakarta, KMNZ Pastikan Album Perdana Rilis November!

5. Emma Hazy Minami

Channel: https://www.youtube.com/channel/UCK6iAvM8b__ft-ABdDCvQng

Genre: Pop, R&B, Soul

Nah, kalau yang satu ini cocok banget buat pecinta city pop. Emma Hazy Minami yang sudah pernah merilis dua single original ini sekarang lebih sibuk meng-cover beberapa lagu pop Jepang jadul dan masa kini. Sebut saja Tatsuro Yamashita, Mariya Takeuchi, KIRINJI, MISIA, dan lain-lain. Malahan, album pertama Emma merupakan album cover city pop!

6. YuNi

Channel: https://www.youtube.com/channel/UCHTnX0CSX_KObo5I9WuZ64g

Genre: J-Pop

Seperti Kaf dan AZKi, YuNi juga merilis lagu original serta cover lagu anime dan Vocaloid. Ia telah merilis dua album, Clear berisi lagu original dan Color berisi lagu cover. Untuk lagu-lagu original YuNi, ia diproduseri musisi kawakan seperti YUC'e, band la la larks, hingga livetune!

7. Takamine Iori

Channel: https://www.youtube.com/channel/UCksCLL04bRIe61wnzZ7vXRg

Genre: Jazz

You like jazz? Satu lagi Vtuber penyanyi dengan genre unik, yaitu Takamine Iori. Lagu-lagu yang ia nyanyikan didominasi nomor-nomor jazz klasik plus cover jazz unik dari Aikatsu dan Jamiroquai. Ia juga telah merilis beberapa album jazz original seperti Daydream Jazz, Polestar, dan nil.

8. HoneyStrap

Channel: https://www.youtube.com/channel/UCgqQ5iuvUyPRHp3rBLuOtCw

Genre: J-Pop

Selain KMNZ ada lagi nih grup Vtuber penyanyi. HoneyStrap beranggotakan Suou Patra, Sougetsu Eli, Shimamura Charlotte, Saionji Mary, dan Sekishiro Mico. Di antara kelima anggota HoneyStrap yang sama-sama punya marga berawalan S ini, Eli adalah yang paling populer. Sayangnya ia sudah pensiun sejak bulan Mei 2019 lalu.

9. Domyoji Cocoa

Channel: https://www.youtube.com/channel/UCCebk1_w5oiMUTRxdNJq0sA

Genre: J-Pop

Vtuber terakhir di daftar ini juga sangat populer namun sayangnya sudah pensiun. Domyoji Cocoa merupakan Vtuber yang menjadi semacam spinoff dari grup Vtuber Game Club Project. Cocoa belum pernah merilis lagu original, namun sangat aktif merilis cover lagu anime dan Vocaloid. Ia pensiun di bulan Desember 2019 untuk menjalani karir baru di luar dunia Vtuber.

Itu dia beberapa Vtuber yang berkarir sebagai penyanyi. Siapa Vtuber yang jadi favoritmu? Adakah yang kami lewatkan? Beri tahu di komentar ya!

Baca Juga: Audisi Ketiga NIJISANJI ID Resmi Dibuka!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU