Comscore Tracker

Euro 2012 : Round 3 recap, 8 Lolos 8 Gugur

Dari 16 tim yang masuk ke babak kualifikasi, hanya 8 tim saja yang akan maju dari grupnya ke quarter final. Tim mana saja yang berhasil meloloskan diri dari grupnya masing-masing? Temukan jawabanya di dalam

Euro 2012 : Round 3 recap, 8 Lolos 8 Gugur

Setelah ke 16 tim bersaing di Round 1 dan kerap tambah menambah poin di Round 2, Round 3 ini merupakan ajang penentuan untuk kualifikasi. Dari 16 tim yang masuk ke babak kualifikasi, hanya 8 tim saja yang akan maju dari grupnya ke quarter final. Tim mana saja yang berhasil meloloskan diri dari grupnya masing-masing?

Rep Ceko 1 - 0 Polandia

Euro 2012 : Round 3 recap, 8 Lolos 8 Gugur

"kekalahan bukan akhir dari segalanya" mungkin adalah motto dari Ceko. Kekalahan besar dari Rusia tidak membuat mereka turun, melainkan malah termotivasi untuk menjadi pemimpin Grup A. Gol dari Petr Jiráček di menit ke-72 membawa Ceko menang dan memastikan kursi pertama Grup A. Sayang sekali tuan rumah Euro kembali tidak beruntung. Pada akhirnya Polandia berada di tempat terbawah dengan 2 poin.

Yunani 1 - 0 Rusia

Euro 2012 : Round 3 recap, 8 Lolos 8 Gugur

Akhir tragis untuk Rusia yang sebelumnya dijagokan dalam Grup A, posisi mereka tergeser oleh Yunani. Gol tunggal yang dihasilkan oleh Giorgos Karagounis ('45 + 2) pada akhir babak pertama membawa Yunani menang atas Rusia. Kemenangan tersebut membawa Yunani lolos dari Grup A dan menuju ke babak quarter final dengan 4 poin. Rusia yang juga memiliki 4 poin tidak terloloskan karena kalah head to head dengan Yunani.

Rep Ceko (6 poin) dan Yunani (4 poin) lolos dari Grup A dan menuju ke babak quarter final. Rusia (4 poin) dan Polandia (2 poin) tersingkir dari Grup A

Portugal 2 - 1 Belanda

Euro 2012 : Round 3 recap, 8 Lolos 8 Gugur

Belanda mengawali pertandingan dengan baik lewat gol Rafel Van Der Vaart di menit ke-11. Tetapi pertandingan berbalik arah berkat 2 gol yang ditorehkan Cristiano Ronaldo ('28, '74). Pemain yang dijuluki CR7 tersebut berhasil membuktikan gelar kapten di tangannya dengan mengoyak gawang Belanda. Kemenangan Portugal ini meyakinkan mereka lolos dari Grup B di bawah Jerman. Sangat disayangkan untuk Belanda, tim yang kerap diprediksikan akan lolos dari Grup B malah mengakhiri Euro tahun ini dengan 0 poin.

Jerman 2 - 1 Denmark

Euro 2012 : Round 3 recap, 8 Lolos 8 Gugur

Jerman semakin tidak diragukan untuk menjadi tim paling ditakuti pada turnamen ini. Ditambah 10 pertandingan uji coba lalu dan 3 dari babak kualifikasi, Jerman menang 13 kali alias tidak terkalahkan. Kemenangan dari Denmark di partai akhir Grup B dengan gol dari Lukas Podolski ('19) dan Lars Bender ('80) membuat Jerman mempunyai 9 poin dan meraih posisi di quarter final dengan poin terbanyak. Denmark berada di posisi ke 3 dengan 3 poin.

Jerman (9 poin) dan Portugal (6 poin) lolos dari Grup B dan menuju ke babak quarter final. Denmark (3 poin) dan Belanda (0 poin) tersingkir darfi Grup B

Spanyol 1 - 0 Kroasia

Euro 2012 : Round 3 recap, 8 Lolos 8 Gugur

Pertandingan antara kedua pihak berjalan cukup intens, baik Spanyol dan Kroasia keduanya memburu kemenangan. Namun pada akhirnya, keputusan Del Bosque untuk menurunkan Jesus Navas membawa kemenangan untuk kubu merah. 2 menit sebelum pertandingan berakhir, Navas membuahkan gol dari umpan matang Iniesta. Gol tersebut otomatis membawa La Furia Roja ke puncak grup dan membuat Kroasia tereliminasi dari kompetisi. Spanyol memimpin Grup C dengan 7 poin, sedangkan Kroasia berada di posisi ke 3 dengan 4 poin.

Irlandia 0 - 2 Italia

Euro 2012 : Round 3 recap, 8 Lolos 8 Gugur

Italia dan Kroasia saling berselisih untuk memperebutkan peringkat kedua Grup C. Namun pada akhirnya, Italia lah yang lolos ke babak quarter final setelah menang atas Irlandia dengan selisih 2 gol. Kelolosan Italia juga berkat kekalahan Kroasia atas Spanyol di partai sebelah. Berkat gol dari Antonio Cassano ('35) dan Mario Balotelli ('90), Italia menoreh 5 poin di Grup C dan dapat lolos di bawah Spanyol dalam Grup C.

Spanyol (7 poin) dan Italia (5 poin) lolos dari Grup C dan menuju ke babak quarter final. Kroasia (4 poin) dan Irlandia (0 poin) tersingkir dari Grup C.

Swedia 2 - 0 Perancis

Euro 2012 : Round 3 recap, 8 Lolos 8 Gugur

Sebuah hasil yang mengejutkan dari pertandingan ini, Perancis yang awalnya berada di tahta paling atas Grup D malah dihajar oleh Swedia. Zlatan Ibrahimovic ('54) dan Sebastian Larsson ('90+1) menjadi pengakhir rekor tak terkalahkan Perancis. Meski begitu, keberuntungan didapat oleh tim yang dibawahi Laurent Blanc tersebut. Meski Perancis kalah, tim bersquad Nasri, Benzema, dan Ribery tersebut terselamatkan karena Inggris dapat mengatasi Ukraina. Perancis meskipun tahtanya tergeser oleh Inggris masih bisa melaju ke babak quarter final dengan 4 poin. Kemenangan yang diperoleh Swedia tidak berefek besar karena mereka masih berada di posisi ke 4 dalam Grup D.

Ukraina 0 - 1 Inggris

Euro 2012 : Round 3 recap, 8 Lolos 8 Gugur

Performa Inggris dengan bantuan Wayne Rooney yang dalam dua laga sebelumnya diskors cukup berefek besar. Gol yang diperoleh Wayne Rooney di awal babak kedua menaikan posisi Inggris dalam Grup D. Kemenangan The Three Lions atas Ukraina tersebut membuat tim yang dipimpin oleh Shevchenko itu keluar dari Euro tahun ini. Mungkin memang bukan tahun untuk tuan rumah kali ini, Ukraina dan Polandia harus mengakhiri harapannya pada kompetisi ini.

Inggris (7 poin) dan Perancis (4 poin) lolos dari Grup D dan menuju ke babak quarter final. Ukraina (3 poin) dan Swedia (3 poin) tersingkir dari Grup D.

Article Terkait

Latest Story

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek