Blaugrana is The Champion !

MVP = Messi Villa Pedro did a marvelous job, read more inside !

Blaugrana is The Champion !

Untuk kesekian kalinya Barcelona memenangi gelar juara UEFA Champions league. Gelar ini diperoleh tadi pagi ketika tim tangguh merah biru ini menghadapi setan merah Manchester United dengan hasil akhir 3-1.

Susunan pemain Pep dan Fergie adalah berikut :

Barcelona: Victor Valdes, Dani Alves, Gerrard Pique, Javier Mascherano, Eric Abidal, Sergio Busquets, Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Pedro Rodriguez , Lionel Messi, David Villa

Man United: Edwin van der Sar, Fabio da Silva, Rio Ferdinand, Nemanja Vidic, Patrice Evra, Antonio Valencia, Michael Carrick, Ryan Giggs, Park-Ji Sung, Wayne Rooney, Javier Hernandez

Pada 15 menit pertama, para blaugrana-ers mungkin akan merasa khawatir seperti saya karena tak adanya kapten Puyol di lapangan, dan juga ancaman duo striker Chicharito dan Rooney. Permainan di waktu awal babak ini bisa dibilang sangat ketat, kedua tim bertahan sangat keras. Memasuki menit ke 15 ini, bisa dibilang para pasukan kedua tim sudah siap untuk menerobos pertahanan lawan. Dari menit ini pula, para penggawa Barcelona mulai sibuk menyerang pertahanan Red Devils yang bisa dilihat dari beberapa peluang yang diciptakan.

Akhirnya Pedro membawa Barcelona unggul di menit ke 27 dari umpan cantik Xavi yang melihat pemain bernomor punggung 17 ini kosong dan langsung menembak menuju sisi kiri gawang Van Der Sar. Fans Red Devils mulai termenung pada waktu ini, takut akan kejadian 2 tahun lalu terulang. Namun tidak lama dari sini, untuk lebih presisi 7 menit, kombinasi Giggs dan Rooney mengangkat wajah para fans dengan mencetak goal dari umpan cross Giggs. Kedudukan menjadi 1-1 dan diakhiri dengan peluit half time.

Memasuki babak kedua Barcelona tampil lebih agresif dengan menciptakan berbagai peluang, bek sayap Daniel Alves mulai berani meninggalkan daerahnya dan membantu Messi dkk. Sayang sekali Alves tidak bisa mengoyak gawang jagaan kiper belanda itu. Namun cobaan dari Alves ini bisa membuat pertahanan Van Der Sar sedikit terkena damage sehingga pada menit ke 53 tendangan di luar kotak penalti Messi berhasil membuahkan skor. Kemudian selanjutnya kombinasi Mildfielder – Forward dari Xavi, Iniesta, Messi membuat Ferdinand dan Vidic tertekan. Menit 69, umpan Busquets yang diterima Villa dieksekusi dengan tendangan cungkit melengkung yang membuat Van Der Sar tak mampu meraih sisi pucuk kanan atas gawangnya, goal ini instanly disambut oleh Messi yang  berdiri di depannya. Goal Villa ini membuat beberapa pemain dan fans MU bungkam sekaligus melongo, tentunya Van Der Sar yang tidak bisa melakukan apa apa kecuali melindungi gawangnya dari selebrasi goal kembali.

Manchester United melakukan beberapa tekanan di menit menit akhir yang patut diberi jempol akan tekadnya untuk membalikan kedudukan. Saat yang ditunggu-tunggu, kurang 2 menit hingga menit ke 90 captain Blaugrana, Carles Puyol memasuki lapangan menggantikan pemain yang bermain cukup apik Alves di menit ke 88. Puyol langsung merengut posisi captain yang digantikan oleh Xavi di awal pertandingan. Peluit yang mengakhiri pertandingan 93 menit dan papan skor yang menunjukan kedudukan 3-1 disambut oleh sorakan fans di stadion dan selebrasi para pemain. Pertandingan ini sedikit mengingatkan kita akan final 2 tahun lalu untuk memperebutkan piala yang sama. Messi yang dulu mencetak goal Van Der Sar tahun ini melakukannya juga, goal satunya diciptakan oleh Samuel Eto’o yang pada saat ini digantikan oleh Villa dan Pedro. Skor yang diperoleh juga sama, selisih 2 goal.

Selain unggul goal, Barcelona juga unggul dalam banyak aspek di pertandingan ini. Penguasaan bola Barcelona mencapai sekitar 68%, bukan angka yang kecil melihat lawan adalah lawan yang tangguh. United melakukan 4 tembakan , satu diantaranya tepat sasaran dan membuahkan goal, sedangkan untuk barcelona 22 tembakan dan 12 diantaranya dilangsungkan Van Der Sar. Tidak ada kartu merah yang dikeluarkan di pertandingan ini, kedua tim melakukan fair play. Namun beberapa kartu kunign tercipta, 2 di kubu Barcelona ditujukan Daniel Alves dan Victor Valdes sedangkan di kubu United untuk Michael Carrick dan Antonio Valencia.

3 goals dari Barcelona yang sudah ak deskripsikan di atas diperoleh oleh plesetan MVP = Messi.Villa.Pedro. 3 forward inti Barcelona ini patut diacungi jempol akan permainan apik mereka. Piala Champions ini adalah piala keempat tim FC Barcelona sepanjang sejarah.

Transfer dari  Villa, Mascherano, dan Busquets inilah yang bisa membawa Barcelona ke tahta juara. "Para fans Liverpool sedikit sedih saat aku pergi, jadi (kesuksesan jadi juara) ini juga untuk mereka!" seru Mascherano di BBC.Tak hanya itu saja, Mascherano juga berkata "Kami sangat senang. Kami mengalahkan sebuah tim yang luar biasa, tapi kami bahagia karena kami bermain sebagaimana yang kami ketahui. Untuk setiap pemain sepakbola, bisa menjuarai Liga Champions amatlah menyenangkan,"

Kemenangan besar ini juga didapat dari kerja keras seorang striker emas tiada duanya, Lionel Messi. Permainan Messi di banyak laga termasuk satu ini sangat apik, ketika ia mendribble bola sudah pasti lawannya harus sangat siap untuk mengahadangnya. Ada satu saat di final ini ketika Messi memegang bola dan melewati satu, dua, tiga lawannya. Tak salah ia menjadi Man of The Match dair laga ini, Messi juga adalah pencetak goal terbanyak di liga champion, 12 goal telah diciptakannya. Ini merupakan gelar ketiga berturut turut pemain bernomor punggung 10 ini. "Kami juga tak mampu menangani Messi.. tapi banyak tim dalam beberapa musim terakhir juga bisa mengatakan demikian." Ujar Fergie untuk Messi.

Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic yang bertugas untuk menjaga gawang Van Der Sar juga berkata di akhir pertandingan, "Mereka tidak memainkan seorang penyerang (murni) karena (David) Villa dan Pedro menusuk dari sayap jadi mudah ada salah pengertian di pertahanan. Mereka memainkan sepakbola bagus dan layak menang” tegas Vidic. Ferdinand juga mengucap beberapa kata, "Hanya waktu yang akan membuktikan apa mereka tim terhebat, tapi mereka sudah pasti hebat. Kami datang ke sini untuk menang dan percaya bisa melakukannya. Tapi pada akhirnya tim terbaik yang menang,"

Sir Alex Ferguson juga mengakui bahwa Blaugrana adalah lawan terkuat setan merah. Ia berkata “"Barcelona adalah tim terbaik yang pernah kami hadapi, tak ada satu pun tim yang pernah membuat kami bersembunyi seperti itu.Tantangan bagi kami sekarang adalah untuk menjadi lebih baik lagi. Musim depan, semoga kami bisa berkembang lebih baik."

Pelatih Emas Barcelona, Pep Guardiola mengatakan "Kemenangan ini tidak mudah. Kami harus mengucapkan selamat kepada Manchester United atas pertandingan hebat yang mereka mainkan. Kami senang karena kami sadar betapa sulitnya memenangi Liga Champions," Ini adalah gelar ke 10 pelatih berumur 40 ini dalam 3 tahun.

Congratulations Barcelona !!

*images credit to fcbarcelona.cat

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU