5 Jagoan Penjelajah Waktu yang Suka Mengacaukan Timeline

Siapa saja ya kira-kira para pengacau aliran waktu ini??

5 Jagoan Penjelajah Waktu  yang Suka Mengacaukan Timeline

5 Jagoan Penjelajah Waktu  yang Suka Mengacaukan Timeline

Penjelajah waktu memang bisa ke berbagai masa, namun terkadang ulah mereka bikin alur waktu berantakan!

Sering kali sebuah cerita di film, buku, manga, atau anime memiliki tema penjelajah waktu. Pergi ke masa depan, ke masa lalu, hingga mengubah alur waktu bisa menjadi variasi cerita yang menarik Namun sering kali para penjelajah waktu ini bertingkah semaunya hingga yang terjadi adalah alur waktu menjadi kacau.

Memang tidak semua penjelajah waktu suka mengacaukan alur waktu, misalnya Doctor Who yang punya etika dalam menjelajah waktu -namun terkadang juga bikin kacau, sih. Tentunya kemampuan luar biasa ini harus diiringi dengan tanggung jawab yang besar. Namun terkadang mereka tidak sengaja mengacaukan alur waktu atau terpaksa melakukannya demi kebaikan lain.

Berikut adalah jagoan penjelajah waktu yang suka mengacaukan alur waktu.

[page_break no="1" title="Maxine Caulfield (Life Is Strange)"]

5 Jagoan Penjelajah Waktu  yang Suka Mengacaukan Timeline

Max adalah gadis remaja yang bersekolah di Arcadia. Ia menemukan dirinya memiliki kekuatan untuk mengendalikan waktu, bahkan kekuatan ini terkait dengan hobinya dalam fotografi.

Sayangnya ternyata menjelajah waktu ala Max Caulfield justru membuat dunia menunjukkan fenomena aneh - dari salju yang tiba-tiba turun, ikan paus terdampar di pantai, hingga gerhana matahari yang mendadak. Ada konsekuensi dari kekuatannya ini, dan pada akhirnya ia harus memilih: antara akhir dari dunia, atau akhir dari hidup temannya.

[page_break no="2" title="Crono (Chrono Trigger)"]

5 Jagoan Penjelajah Waktu  yang Suka Mengacaukan Timeline

Crono dan kawan-kawan adalah kelompok penjelajah waktu. Gak nanggung-nanggung, mereka menjelajah waktu dari 65000 BC hingga akhir dunia. Mereka melakukan ini untuk berbagai hal: dari menyelamatkan Putri hingga melawan Lavos yang mengancam dunia dengan kehancuran.

Namun tiap aksi mereka memiliki konsekuensi. Bahkan di game Chrono Trigger konon terdapat 12 ending yang berbeda. Tentunya mereka melakukan ini demi kebaikan, namun di sisi lain tindakan Crono dan kawan-kawan justru mengacaukan alur waktu.

Siapa lagi ya kira-kira jagoan lainnya? Simak di halaman 2!

[page_break no="3" title="Future Trunks (Dragon Ball)"]

5 Jagoan Penjelajah Waktu  yang Suka Mengacaukan Timeline

Di masa Future Trunks, Bumi dalam ujung tanduk menuju kehancuran karena ulah para android. Sebagai harapan terakhir, Bulma membuat mesin waktu agar Trunks kembali ke masa lalu bertemu Son Goku agar mencari jalan keluar mengalahkan para Android.

Pada akhirnya, di masa Future Trunks tidak terjadi perubahan: Goku dan kawan-kawan tetap tewas akibat ulah Android, bahkan ini memancing Cell kembali ke masa Goku agar ia mencapai wujud sempurna. Kekacauan waktu berlanjut ke Black Goku Saga dimana Future Zamasu menemukan masa dimana Dewa-Dewa telah tiada.

Gara-gara ini alur waktu di dunia Dragon Ball menjadi banyak versi. Namun tentunya ini berpotensi mengembangkan cerita Dragon Ball -walaupun jadinya terasa kompleks.

[page_break no="4" title="Wolverine (Marvel Comics)"]

5 Jagoan Penjelajah Waktu  yang Suka Mengacaukan Timeline

Mungkin banyak fans tahu bahwa Wolverine pernah ke masa lalu dalam event Days of Future Past. Untuk mencegah masa depan mutant yang suram, ia kembali ke dalam kesadarannya di masa lalu untuk menghentikan program pemusnahan mutant oleh pemerintah.

Namun selain Days of Future Past, Wolverine juga ke masa lalu karena Ultron menghancurkan dunia. Dalam event Age of Ultron (komik), Wolverine bersama Sue Richards (Invinsible Woman) kembali ke masa lalu dan Wolverine membunuh Hank Pym, sang pencipta Ultron, agar Ultron tidak pernah ada. Namun ternyata ini adalah keputusan yang fatal.

Ketika kembali, ternyata dunia justru diporak-porandakan Morgan Le Fay. Ini adalah konsekuensi karena hero semacam Hank Pym, Ant-Man, Wasp, dan Vision menjadi tak pernah ada. Wolverine pun kembali ke masa lalu dan mencari jalan lain untuk mencegah terjadinya Age of Ultron.

Tidak hanya Wolverine, X-Men pun suka menjelajah waktu -dan mengacaukannya. Hal ini membuat beban pada dimensi dan waktu hingga mengalami inkursi. Hal ini menjadi dasar dari event Secret Wars.

[page_break no="5" title="Doraemon (Doraemon)"]

5 Jagoan Penjelajah Waktu  yang Suka Mengacaukan Timeline

Semua orang akan setuju bahwa penjelajah waktu yang suka merusak alur waktu adalah... Doraemon! (dan Nobita, lebih tepatnya). Ada yang ingat apa alasan Doraemon pergi ke masa Nobita? Ya, ia ingin mengubah nasib dari Nobita! Dari yang menikah dengan adiknya Jaian, yaitu Jaiko, Doraemon ingin mengubah nasib Nobita agar bisa menikah dengan Shizuka.

Walaupun cerita anak-anak, tentunya ulah Doraemon dan Nobita ini semestinya memiliki konsekuensi yang harus dipertanggungjawabkan. Entah masa depan seperti apa yang terbentuk gara-gara Doraemon menolong Nobita.

Ada lagi jagoan penjelajah waktu yang lain? Share yuk di kolom komentar!

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari

Artikel terkait

Latest