Menjadi Saksi EPIC-nya Skyrim

Apa yang membuat SKYRIM menjadi begitu EPIC? Gameplay-nya, temanya, atau mungkin theme song-nya? Simak kompilasi video di artikel ini dan jadilah saksi lahirnya Dragonborn, ikon baru pop-culture.

Menjadi Saksi EPIC-nya Skyrim

Kemarin saya membahas tentang meme dan joke seputar Skyrim yang dipost di situs 9gag. Hal ini cukup mencengangkan, karena (bagi saya) Skyrim adalah game yang terlalu heavy untuk dianggap mainstream.

Bayangkan, ini RPG dengan lore kelas berat, macam Warcraft, Dragon Age, dan Dungeon and Dragons yang identik dengan nerds. Ini bukan game casual Kinect atau Wii, atau menjual fanservice macam game Jepang kebanyakan, atau punya fanbase mainstream ala Final Fantasy dan Kingdom Hearts. Ini adalah The Elder's Scroll!

Saya harus angkat topi kepada Todd Howard dan tim Bethesda. Toh, mereka dulu yang mendandani seri Fallout yang sebelumnya hanya disukai oleh segelintir orang, menjadi salah satu game yang paling banyak dimainkan dua tahun lalu. Kali ini mereka meraih penghargaan baru. Mereka berhasil membawa game heavy macam Skyrim ke level pop-culture, yang tidak mustahil nantinya bisa dijajarkan dengan nama besar Star Wars atau Lord of the Rings.

Sorcery apa yang dilakukan oleh Todd Howard cs untuk melejitkan nama Skyrim?

Apakah dengan trailer live action semacam ini:

Yang pasti, trailer epic semacam ini melahirkan begitu banyak hal. Beberapa di antaranya adalah fan-made trailer.

Berikut adalah trailer animasi buatan fan untuk Skyrim:

Menurut saya, animasi di atas sangat cocok untuk menjadi opening game flash Skyrim.

Tidak hanya itu, simak dua trailer fan-made lainnya:

Trailer ini dibuat bahkan sebelum Skyrim dirilis (salah satunya ketika Bethesda baru memberikan trailer berupa gambar ukiran dan logo Skyrim tahun lalu). Tapi mereka sudah membuatkan lagu untuk game ini. Fantastis!!

Satu hal yang menarik, Skyrim seolah-olah diangkat sebagai rajanya RPG. Hal ini diakui oleh fans-fans genre RPG. Simak saja trailer yang mereka buat untuk Skyrim:

Warcraft Skyrim - Wrath of the Dragonborn:

Dragon Age - Skyrim Age

Bagi yang suka retro 8-bit. Ada juga lho fan-made trailer-nya:

Lalu bagaimana reaksi fans terhadap trailer Skyrim ini?

Yang paling keren tentu saja membuat video semacam ini:

Simak beberapa reaksi menghebohkan mereka :D

Bahkan Hitler juga lho :D

Menurut saya, salah satu hal yang membuat Skyrim EPIC (dengan huruf kapital) adalah theme song-nya. Ketika pertama kali mendengar "barbarian choir" menyanyikan Song of Dragonborn di opening Skyrim, saya langsung merinding. Feel-nya sama seperti ketika saya pertama kali mendengar theme song Halo di Xbox generasi pertama.

Todd Howard sebelumnya mengatakan bahwa dia sudah ingin membuat theme song dengan menggunakan barbarian choir sejak Morrowind. Namun karena dirasa feel yang paling pas untuk memunculkan theme song seperti ini adalah Skyrim (dan itu artinya meloncati Oblivion), maka baru sekarang ide brilian itu direalisasikan.

Kalau kamu belum pernah mendengar theme song-nya secara lengkap, simak video berikut. Pssst, ada subtitle-nya juga (untuk kamu yang ingin mencoba menghafalkan liriknya).

Terasa powerful sekali, kan?

Beberapa artis YouTube mencoba membawakan theme song Skyrim ini. Salah satu yang paling bagus menurut saya adalah Dragonborn Comes oleh Malulah.

Untuk men-download MP3-nya, silakan kunjungi: http://soundcloud.com/malukah/the-dragonborn-comes-skyrim

Ada lagi yang tidak kalah kerennya. Kali ini dengan piano dan biola. Medley oleh Lara.

Untuk MP3-nya silakan kunjungi: http://www.mediafire.com/?01lb3d9u7wofa71

Kalau suka yang agak metal, Sbeast membawakan theme song Skyrim dengan Ibanez GRG 170 DX dan Guitar Rig 5.Ir. Simak!

Wow, Sbeast... your two handed skill has increased to 1 :D

Sebagai penutup, saya akan tampilkan kumpulan video FUS RO DAH yang sangat legendaris itu.

Nggak tahu FUS RO DAH?

Simak dulu videonya, deh. You'll get it!

Oh ya, saya masih punya hutang menjelaskan tentang Arrow to the Knee ya?

Oke, besok... same time, same channel. Only on Duniaku.net.

Artikel terkait

Latest